MENGENAL MEDIA PEMBELAJARAN
Istilah media pembelajaran (media pendidikan)
sering dipahami secara beragam oleh banyak ilmuan. Keragaman pemahaman tersebut
tersirat dari penyebutan media yang kadang-kadang disamakan dengan teknologi,
alat peraga, dan sumber belajar. Keragaman ini pula mengundang keinginan kita untuk
menelaah lebih jauh hakikat kajian media pembelajaran termasuk istilah umum yang
belakangan ini menunjukkan perkembangan begitu mendunia. Katakanlah
perkembangan media sosial, cetak, dan elektronik. Bahkan banyak yang
memosisikan media sebagai induk dari kajian teknologi pembelajaran.
Bagi ilmuan teknologi pendidikan, menyamakan
media pembelajaran dan teknologi pendidikan jelas merupakan pandangan yang
keliru, apalagi jika menempatkan media sebagai induk bagi teknologi pendidikan.
Kekeliruan pandangan tersebut mengundang dua pakar media pembelajaran terkemuka
bernama Richard E Clark dan Gavriel Salomon untuk menegaskan kembali posisi
media terhadap bidang teknologi pendidikan (pembelajaran), di mana dikatakan
bahwa “media are part of instructional technology” (Clark dan Salomon,
2012: 37). Penegasan ini menunjukkan bahwa tidak perlu ada keraguan bahwa media
merupakan bagian dari teknologi pembelajaran. Pandangan ini juga mempertajam
konvensi umum bahwa teknologi pembelajaran merupakan bidang kajian tersendiri
berupa jurusan atau program studi dan media pembelajaran adalah salah satu mata
kuliah yang mendukung disiplin teknologi pembelajaran.
Materi Lengkap UNDUH DI SINI

1 Komentar:
Media pembelajaran merupakan bagian kecil dari kajian teknologi pembelajaran
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda