Kamis, 11 Agustus 2016

MENGENAL MEDIA PEMBELAJARAN



Istilah media pembelajaran (media pendidikan) sering dipahami secara beragam oleh banyak ilmuan. Keragaman pemahaman tersebut tersirat dari penyebutan media yang kadang-kadang disamakan dengan teknologi, alat peraga, dan sumber belajar. Keragaman ini pula mengundang keinginan kita untuk menelaah lebih jauh hakikat kajian media pembelajaran termasuk istilah umum yang belakangan ini menunjukkan perkembangan begitu mendunia. Katakanlah perkembangan media sosial, cetak, dan elektronik. Bahkan banyak yang memosisikan media sebagai induk dari kajian teknologi pembelajaran.

Bagi ilmuan teknologi pendidikan, menyamakan media pembelajaran dan teknologi pendidikan jelas merupakan pandangan yang keliru, apalagi jika menempatkan media sebagai induk bagi teknologi pendidikan. Kekeliruan pandangan tersebut mengundang dua pakar media pembelajaran terkemuka bernama Richard E Clark dan Gavriel Salomon untuk menegaskan kembali posisi media terhadap bidang teknologi pendidikan (pembelajaran), di mana dikatakan bahwa “media are part of instructional technology” (Clark dan Salomon, 2012: 37). Penegasan ini menunjukkan bahwa tidak perlu ada keraguan bahwa media merupakan bagian dari teknologi pembelajaran. Pandangan ini juga mempertajam konvensi umum bahwa teknologi pembelajaran merupakan bidang kajian tersendiri berupa jurusan atau program studi dan media pembelajaran adalah salah satu mata kuliah yang mendukung disiplin teknologi pembelajaran.  

Materi Lengkap UNDUH DI SINI 

1 Komentar:

Pada 20 September 2016 pukul 10.44 , Blogger Teknologi Pendidikan Bahasa Arab mengatakan...

Media pembelajaran merupakan bagian kecil dari kajian teknologi pembelajaran

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda