BAHAN DISKUSI KELAS A D4 STIKES MEGA REZKI MAKASSAR
Petunjuk:
- Bacalah ringkasan bahan pembelajaran berikut ini secara komprehensif!
- Setiap kelompok memberi jawaban atas pertanyaan berikut, kemudian memposting pada kolom komentar
- Kemudian setiap mahasiswa menanggapi posting dari kelompok lain minimal dua kali.
- Bagi mahasiswa yang memberikan posting lebih dari dua kali, akan diberikan tambahan skor.
- Semua mahasiswa dapat membaca referensi lain untuk menambah wawasan tanpa plagiat, atau mengambil sebagaian atau seluruhnya pendapat orang yang tidak disertai namanya.
Konsep Dasar Teknologi Pembelajaran
Istilah teknologi dalam kajian teknologi pembelajaran cenderung direduksi dan disederhanakan karena teknologi hanya dimaknai secara dangkal, sebatas peralatan fisik saja. Akibatnya, ketika seseorang yang mengambil jurusan teknologi pembelajaran atau teknologi pendidikan hanya dipandang sebagai sarjana yang bersifat teknis, yang fokus kemampuannya hanya dalam batas ruang lingkup peralatan fisik, media, dan teknologi.
Kesalapahaman tentang kajian teknologi pendidikan tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi juga di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Kanada. Beberapa profesor di Ohio State University di Amerika Serikat pernah mengajukan pertanyaan kepada penulis ketika mengambil program Sandwich-Like pada tahun 2010-2011 seperti berikut ini: “Mengapa mengembangkan pembelajaran berbasis kecerdasan jamak (multiple Intelligence Based Learning), padahal Anda mengambil program studi Teknologi Pendidikan?” Dapat dipahami bahwa pertanyaan tersebut menggambarkan bahwa teknologi pembelajaran yang mereka pahami hanyalah sebatas komputer, internet, DVD dan CD- ROM, peralatan mobile, digital audio, dan semacammya, tetapi tidak sampai pada tataran belajar dan pembelajaran, serta aspek pengembangan sebagai salah satu kawasan bidang teknologi pembelajaran. Pandangan tersebut nampaknya tidak salah jika yang dimaksudkan bahwa teknologi komputer tersebut adalah bagian dari kajian teknologi pendidikan. Tetapi jika teknologi pendidikan hanyalah dimaknai sebatas teknologi komputer, pandangan tersebut adalah keliru.
Kata teknologi (technology) berasal dari bahasa Yunani techne yang berarti seni, kerajinan, atau keterampilan dan logia yang berarti kata, studi, atau tubuh ilmu pengetahuan. Secara terminologis, teknologi merupakan pengetahuan tentang membuat sesuatu. Jadi, Technology is the application of knowledge for a practical purpose (Spector, 2012: 5). Maksudnya, teknologi adalah aplikasi pengetahuan untuk suatu tujuan praktis.
Pada perkembangan awal, teknologi pembelajaran dipandang sebagai media yang lahir dari revolusi komunikasi yang dapat digunakan untuk tujuan pembelajaran di samping guru, buku teks,dan papan tulis. Dalam perkembangannya, teknologi pembelajaran dipandang sebagai suatu bidang untuk memfasilitasi belajar manusia melalui proses identifikasi sistematis, pengembangan, organisasi, dan pemanfaatan berbagai sumber belajar dan melalui pengelolaan proses-proses tersebut. Kemudian, teknologi pembelajaran dipandang sebagai suatu proses yang mengandung arti bahwa seluruh komponen yang terlibat harus dikelola dalam suatu sistem untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Selanjutnya, teknologi pembelajaran dipandang sebagai kawasan disiplin yang mencakup desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi proses dan sumber untuk belajar. Saat ini, teknologi pembelajaran diarahkan pada upaya memfasilitasi belajar dan memperbaiki kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang sesuai.
Penggunaan istilah teknologi pembelajaran dipahami secara berbeda. Teknologi pembelajaran digunakan dengan dua alasan utama, yaitu (1) kata pembelajaran lebih sesuai dengan fungsi teknologi dan (2) kata pembelajaran mencakup pengertian pendidikan bukan hanya yang diselenggarakan mulai dari TK sampai pendidikan menengah melainkan juga pada tingkat perguruan tinggi dan dalam situasi pelatihan. Sedangkan pengagum Istilah teknologi pendidikan berpendapat bahwa teknologi pendidikan merujuk pada aneka ragam lingkungan belajar, termasuk belajar di rumah, di sekolah, di masyarakat dan tempat kerja. Adapun yang memandang sama berpendapat bahwa kedua istilah tersebut tidak perlu diperdebatkan karena keduanya sama-sama memiliki akar sejarah yang panjang dalam penggunaannya. Istilah teknologi pendidikan kebanyakan digunakan di Inggris dan Kanada, sedangkan istilah teknologi pembelajaran lebih banyak digunakan di Amerika Serikat.
Pertanyaan:
1. Bagaimana peran teknologi pembelajaran ditinjau dari sejarah perkembangannya?

123 Komentar:
Teknologi adalah aplikasi pengetahuan untuk suatu tujuan praktis. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa teknologi pembelajaran memiliki Peran yg sangat penting dalam proses pembelajaran dimana Teknologi pembelajaran merupakan usaha untuk memperbaiki metode mengajar dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah dengan membuktikan keberhasilan dalam bidang pendidikan. selain itu Teknologi pendidikan dapat ditafsirkan sebagai media yang lahir dari perkembangan alat komunikasi yang digunakan untuk tujuan pendidikan.
Good Point Maryam. Tapi tolong tinjau dari segi sejarah definisi teknologi pendidikan/pembelajaran. Untuk membaca lebih lanjut, silahkan buka buku teks kita "TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DAN MEDIA UNTUK BELAJAR" Oleh Smaldino dkk.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Makasih bapak, saya akan perbaiki jawaban saya mengenai teknologi pembelajaran.
Teknologi pendidikan berkembang searah dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teori dalam bidang pendidikan, temuan teknologi baru, serta kondisi saat kini. Perkembangan teknologi pendidikan telah berlangsung dari waktu yang lama, banyak pendapat dan kejadian sejarah yang mendasari awal perkembangan teknologi pendidikan, terutama yang berkaitan dengan perkembangan Instruksional. Teknologi pendidikan sebagai teori dan praktik secara faktual telah menjadi bagian integral dari upaya pengembangan sumber daya manusia khususnya system pendidikan dan pelatihan.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Kelompok 1
Nama : 1. Hikmah Handayani
2. Thalia Yuni Pratiwi
3. Dwi Fatmi Jamsen
4. Yulia Marwa
Teknologi pembelajaran jika ditinjau dari sejarah, sebelumnya kita lihat bahwa teknolgi pendidikan merupakan bidang yang memfasilitasi, merancang,menerapkan dan mengevaluasi seluruh proses kegiatan belajar mengajar sesuai dengan kompetensi masng-masing. Tujuan utama teknologi pembelajaran adalah untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran; dan untuk meningkatkan kinerja .Dapat disimpukan bahwa dari awal perkembangan sebuah teknologi hingga sekarang kita dapat melihat bahwa tegnologi sangat berperan penting bukan hanya pada sisi Pendidikan dan Kesehatan, tapi juga dari sisi Kesenian, kewirausahaan, komunikasi dan lainnya. Dalam bidang pembelajaran, twknologi berperan sebagai media Untk memfasilitasi setiap pembelajaran
Prinsip-prinsip ilmiah seperti apa yang di maksud?
Kelompok 5 :
candra dwi lestari
Devianti
nurhapsa japaruddin
nur jannah leo syam
Sebelum mengetahui peran dari teknologi pembelajaran kita perlu mengetahui apa itu teknologi. Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Secara umum, teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun tak benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai. Dalam penggunaan ini, teknologi merujuk pada alat dan mesin yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah di dunia nyata. Sedangkan Teknologi pembelajaran adalah perangkat yang berfungsi untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran yang dijalankan pembelajar, sehingga sang pemelajar mampu belajar untuk menguasai bahan belajar. Dalam ungkapan yang lebih sederhana, teknologi pembelajaran adalah setiap teknologi yang digunakan pembelajaran dalam proses pembelajaran. Bentuk teknologi pembelajaran dapat berupa :
Teks (karakter alfa-numerik ditampilkan dalam buku, poster, papan tulis, layar komputer),Audio (mencakup dapat didengar oleh seseorang seperti suara, musik, suara mekanik),Visual (diagram di poster, gambar pada papan tulis, foto, gambar dalam sebuah buku, kartun),Media gerak (media yang menampilkan gerak termasuk rekaman video dan animasi),
Peranan teknologi pembelajaran sebagi suatu bidang dan profesi, yang tentunya perlu didukung oeh landasan teori dan praktek yang kokoh juga berusaha menyempurnakan wilayah atau kawasn bidang kegiatan dari teknologi pembelajaran.
Bahwa seiring dengan pesatnya perkembangan media pembelajaran, baik software,maupun hardware, akan membawa perubahan bergesernya perenan guru sebagai penyempai pesan. Guru/dosen tidak lagi berperan sebagai satu-satunya sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran. Siswa dapat memperoleh informasi dari berbagai media dan sumber belajar, baik itu dari majalah, modul, siaran radio pembelajaran, televise pembelajaran, media computer atau yang sering kita kenal dengan pembelajaran berbaris kumputer dan internet.
Sekarang ini atau di masa yang akan dtg, peran guru/dosen tidak hanya sebagai pengajar, tapi ia harus mulai berperan sebagai sebagai pengelola belajar yang memfasilitasi kegiatan belajar mahasiswa melalui pemanfaatan dan optimalisasi berbagai sumber belajar, bahkan bukan tidak mungkin di masa yang akan dtg peran media sebagai sumber informasi utama dalam kegiatan pembelajaran (pola pembelajaran bermedia), seperti halnya penerapan pembelajaran berbaris computer di sini peran dosen hanya sebagai fasilitator belajar saja
Saya dari kelompok 4
1. Miranda r
2. St munawarah
3. Yusmita
4. Riswanti
5. Nur afika
Teknologi pendidikan sebagai peralatan untuk mendukung kontruksi pengetahuan dimana Untuk mewakili gagasan pelajar pemahaman dan kepercayaan selain itu Untuk organisir produksi, multi media sebagai dasar pengetahuan pelajar.
Teknologi pendidikan juga sebagai sarana informasi untuk menyelidiki pengetahuan yang mendukung pelajar dimana Untuk mengakses informasi yang diperlukan dan Untuk perbandingan persektif, kepercayaan dan pandangan dunia. Adapun peran Teknologi pendidikan sebagai media social untuk mendukung pelajaran dengan berbicara untuk berkolaborasi dengan orang lain, sebagai mitra intelektual untuk mendukung pelajar, Teknologi pendidikan juga dapat meningkatkan efektifitas dan efisien proses belajar mengajar, sertaTeknologi pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan dan dapat mempermudah mencapai tujuan pendidikan.
Tujuan utama teknologi pembeljran adalah untuk memecahkan masalah beljr atau memfasilitasi pembeljran. Trus bgmn cara anda bsa memecahkan msalah beljr atau memfasilitasi pemblajaran di daerah daerah yang proses memperoleh informasinya masih tebatas?
Kelompok 7
1. Maryam bonali
2. Sariana
3. Nurjannah S
Peranan teknologi pembelajaran
Menurut Sharon E. Smaldino dan James D. Russel (2008), teknologi berasal dari Yunani,Teckne berarti kerajinan dan logia berarti keterampilan. Teknologi adalah istilah yang berhubungan dengan penggunaan dan pengetahuan tentang alat dan keterampilan.
Dalam Buku Instructional Technology and Media for Learning (Sharon E. Smaldino dan James D. Russel, 6) Media merupakan bentuk jamak dari medium yang artinya sarana komunikasi. istilah ini mengacu pada sesuatu yang membawa informasi antara sumber dan penerima. Enam kategoridasarmediaadalahteks, audio, visual, video, manipulatif(objek), danorang-orang (teknisi). Tujuanmediaadalah untukmemfasilitasikomunikasidanbelajar. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa media adalah sarana penyalur pesan agar dapat dirangsang oleh otak, perasaan dan kemauan kita.
Media: Knirk dan Gustafson (2005) menjelaskan bahwa Pembelajaran merupakan setiap kegiatan yang dirancang oleh guru utuk membantu seseorang mempelajari suatau kemampuan dan atau nilai yang baru dalam suatu proses yang sistematis melalui tahap rancangan, pelaksanaan dan evaluasi dalam konteks belajar mengajar. Dari pengetian pembelajaran bahwa dapat disimpulkan mengenai Pembelajaran, bahwa Pembelajaran adalah proses intraksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses prolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiaat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan kepada peserta didik. Dengan kata lain Pembelajaran adalah proses untuk membantu pserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Teknolog idan media mempunyai peranan dalam belajar. Ketikainstruksiyang terpusat adalah guru, teknologi dan media digunakan untuk mendukungpenyajianinstruksi. Disisilain, ketikainstruksiyang terpusat adalah siswa, mereka merupakan pengguna utama teknologidanmedia. Penggunaan umum teknologi dan media adalah untuk dukungan tambahan selama instruksi berpusat pada guru. Misalnya, guru dapat menggunakan papan tulis elektronik untuk menampilkan variasi dari grafik batang. Gurujuga dapatmenggunakandiagramuntuk menunjukkan bagaimanaartidarisebuahperubahankalimat. Bahanajaryang dirancang dengan baikdapatmeningkatkankegiatan belajar seorang siswa. Karakteristik peserta didik juga harus dimengerti untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Pemilihan strategi yang tepat, teknologi, media, dan pembelajaran akan benar-benar mampu meningkatkan pembelajaran. Dengan begitu, siswa akan mampu memberikan umpan balik.Salah satu peran paling penting dari teknologi dan media adalah untuk melayani perubahan lingkungan pembelajaran. Unit-unitmenyediakanlingkunganyang fokusdimanapembelajaran berlangsung. Temayang baikharusmenangkapdan mempertahankan perhatiansiswa, memberikanpengalamanpemecahan masalah, dukungan kegiatankedisiplinan, danmencakupberbagaiteknologidan media.
Menurut Sharon E. Smaldino dan James D. Russel (Instructional Technology and Media Pembelajaran, 9) terdapat enam kategori dasar Media yang digunakan dalam belajar, yaitu:.Teks. Audio..Visual. .Video. Manipulatip. Orang (Teknisi)
Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui media tertentu ke penerima pesan. Pesan, sumber pesan, media dan penerima pesan merupakan komponen-komponen proses komunikasi. disimpulkan bahwa teknologi pembelajaran memiliki Peran yg sangat penting dalam proses pembelajaran dimana Teknologi pembelajaran merupakan usaha untuk memperbaiki metode mengajar dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah dengan membuktikan keberhasilan dalam bidang pendidikan. selain itu Teknologi pendidikan dapat ditafsirkan sebagai media yang lahir dari perkembangan alat komunikasi yang digunakan untuk tujuan pendidikan
Kelompok 3
- Nurilma
- sarialam
- siti arabia
- Nurmasita
- husnul khatimah
Teknologi pembelajaran adalah kajian dan praktik yang dapat membantu proses ajar mengajar.
Dewasa ini, teknologi pembelajaran mengalami perkembangan yg pesat seiring dengan adanya penemuan" dalam bidang teknologi.
Dulu, proses ajar mengajar di sekolah hanya mengandalkan informasi dari media buku atau berupa hardfile. Tapi sekarang tdak hanya di sekolah, kita bisa belajar dan mendapatkan informasi dari berbagai media.
" tugas yg sekarang diberikan oleh bapak " merupakan bukti dari perkembangan teknologi pendidikan.
Saya dari kelompok 4
1. Nurul Afika
2. Riswanti
3. Miranda R.
4.Sitti Munawarah
5. Yusmita
Menurut saya, dari perkembangan sejarah Teknologi Pembelajaran di atas maka dapat disimpulkan bahwa teknolgi pembelajaran berperan penting dalam suatu ilmu pendidikan, karena dalam suatu pembelajaran tidak harus menggunakan buku teks/papan tulis tetapi bsa juga menggunakan media elektronik seperti komputer ataupun vidio-visual,dll. Sehingga memudahkan kita untuk saling berinteraksi selain berada di lingkungan belajar, tetapi juga bisa saling berinteraksi baik di rumah maupun di masyarakat. Dan teknologi pembelajaran ini memberikan pengetahuan tentang teknologi baik dalam pendidikan formal ataupun non formal.
Makasih saudari lhyy marwa,sy akan menjawab atas pertanyaan saudari mengenai prinsip-prinsip ilmiah. Prinsip-prinsip ilmiah merupakan suatu pernyataan atau tulisan yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isisnya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya/ keilmiahannya.
Tolong anda jelaskan bgmana yang dimaksud dengan perbandingan persektif dalam teknologi pendidikan?
Terimakasih
tambahan kelompo 5 :
dalam Tahapan perkembangan teknologi pendidikan ini yang ditinjau dari perjalanan sejarah yang telah mengalami empat fase atau tahap perubahan atau perkembangan yaitu :
Perkembangan pertama yaitu dalam masyarakat tumbuh suatu profesi baru dalam dunia pendidikan yang disebut guru yang diberi tanggung jawab untuk melaksanakan pendidikan mewakili orang tua. Dan guru inilah yang pada mulanya menerapkan teknologi pendidikan dari perangkat softwarenya yang pada masa ini masih tradisional dan sederhana. Dari peranan guru ini sehingga peranan pendidikan bergeser dari pendidikan rumah menjadi pendidikan sekolah secara formal.
Perkembangan atau fase kedua dimulai dengan dipergunakannya bahasa tulisan di samping bahasa lisan dalam penyajian pendidikan. Pada perkembangan ini teknologi pendidikan mulai menggunakan perangkat hardwarenya meskipun masih sangat sederhana seperti alat tulis.
Perkembangan yang ketiga terjadi dengan ditemukanya teknik percetakan yang memungkinkan diperbanyaknya bahan-bahan bacaan dalam bentuk buku-buku teks sebagai materi pendidikan, dan saat inilah teknologi pendidikan mulai dipergunakan dari segi software beserta hardwarenya semakin konkrit dan teratur.
Perkembangan yang keempat terjadi dengan ditemukannya teknologi berikut produknya yang menghasilkan alat-alat mekanis, optis maupun elektronis sehingga teknologi pendidikan sudah memakai perangkat software dan hardware secara sempurna dan modern yang sesuai dengan kemampuan pendidik sehingga proses pendidikan semakin maju pesat seiring dengan perkembangan zaman. Tahapan perkembangan ini tidak memilh dari segi teknologi pendidikan software atau dari perangkat yang lain tetapi sudah memadukannya dengan sangat baik
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
saya hikma handayani dari kelompok 1. saya ingin bertanya maksud dari pernyataan teknologi dapat didefinisikan sebagai ENTITAS, brnda maupun tak benda.
Bisa anda jelaskan bagaimana itu perkembngan Instruksional? Terima kasih
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
seiring dengan pesatnya perkembangan media pembelajaran, baik software,maupun hardware, akan membawa perubahan bergesernya perenan guru sebagai penyempai pesan.
Pertanyaan saya, apa yg sebaiknya dilakukan oleh guru/ pengajar untuk menghindari dampak negatif dari perkembangan teknologi pendidikan?
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Sanggahan kelompk 5 : maryam thata
Bisa anda sebutkan contoh dari metode apa saja yg berkaitan dalam sistematika bahasa ?
makasih untuk jawabanya
kelompok 2
ika irkandi
hartina haris
waode harni raedi
nur anisah
nur hadijah mustari
teknologi pendidikan jika dilihat dari segi sejarah definisi teknolgi pendidikan, dapat disimpulkan bahwa semakin berkembangnya teknologi didunia pendidikan, terutama yang mendudkung proses pembelajaran yang semakin memberdayakan proses belajar mengajar menjadi lebih kreatif dan kompetitif, dan teknologi juga adalah cara yang paling membantu dalam mendesain , melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan yang spesifik dan membuat pelajaran lebih efektif.
Tambahan Dari kelompok 6
1.Yuliani Rumalutu
2.Dian Anggreani Kadir
3.Kartini lintang M
4.Meische cristhena langce
Ada beberapa pengertian tentang teknologi pendidikan. Diantaranya adalah: Teknologi pendidikan adalah Suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non-manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif. Dengan demikian, sejak tahun 1970an, sudah ada pandangan bahwa manusia (dalam hal ini guru ) bukanlah satu-satunya sumber belajar.
Menurut Tom Cutchall (1999)teknologi pendidikan merupakan penelitian dan aplikasi ilmu perilaku dan teori belajar dengan menggunakan pendekatan sistem untuk melakukan analisis , desain, pengembangan, implementasi, evaluasi dan pengelolaan penggunaan teknologi untuk membantu memecahkan masalah belajar dan kinerja. Tujuan utamanya adalah pemanfaatan teknologi untuk membantu memecahkan masalah belajar dan kinerja manusia
Sejarah desain pembelajaran dan teknologi perlu diketahui seseorang untuk menjadi seorang yang ahli dalam bidang desain pembelajaran dan teknologi. Karena untuk menjadi ahli dalam bidang tertentu harus mampu memiliki pengetahuan tentang sejarah dalam bidang bersangkutan.
Bidang desain instruksional dan teknologi meliputi analisis masalah belajar dan kinerja, serta desain, pengembangan, implementasi, evaluasi dan pengelolaan proses pembelajaran dan sumber daya yang dimaksudkan dapat meningkatkan pembelajaran dan kinerja dalam berbagai pengaturan, lembaga pendidikan khususnya dan tempat kerja. Profesional di bidang desain instruksional dan teknologi sering menggunakan prosedur desain instruksional yang sistematis dan menggunakan berbagai media pembelajaran untuk mencapai tujuan yang ditentukan. Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir, mereka telah meningkatkan perhatian untuk solusi non-instruksional untuk beberapa masalah belajar dan kinerja. Penelitian dan teori yang terkait dengan masing-masing daerah tersebut juga merupakan bagian penting dari dalam bidang desain instruksional dan teknologi.
Selama bertahun-tahun, dua praktek-penggunaan sistematis prosedur desain instruksional dan penggunaan media untuk tujuan-instruksional telah membentuk inti dari bidang desain instruksional dan teknologi . Dari perspektif sejarah, sebagian besar praktek yang berkaitan dengan media pembelajaran telah terjadi perkembangan yang berhubungan dengan desain instruksional. Oleh karena itu sejarah dari masing-masing dua set praktek akan dijelaskan secara terpisah. Hal ini juga harus dicatat bahwa meskipun banyak peristiwa penting dalam sejarah bidang desain instruksional dan teknologi telah terjadi di negara-negara lain, penekanan dalam buku yang menjadi sumber utama bahasan ini pada peristiwa yang telah terjadi di Amerika Serikat.
dalam pemecahan masalah belajar pada daerah yang informasinya terbatas di karenakan terbatasnya jaringan misalnya. maka media pembelajaran bisa di sampaikan melalui media cetak, media video (televisi), yang mampu menjangkau wilayah geografis yang relatif luas. dan media radio yang di gunakan untuk menyampaikan materi ajar yang bersifat auditif dan konkrit.
saya dari kelompok 2, bisa dijelaskan bagaimana teknologi dalam pendidikan yang formal dan non formal? kalaw bisa beserta contohnya
Terimakasih atas sanggahannya saudari devianti. sistematika penulisan yang bersantun bahasa merupakan suatu metode penggunaan bahasa baku yg tercermin dari pilihan kata/istilah, dan kalimat2 yg efektif dgn struktur yg baku.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
maksudnya itu perbandigan persektif adalah sudut pandang manusia dalam memilih opini,kepercayaan jadi dalam pembelajaran tehnologi pendidikan dapat di aplikasikan ide-ide dan prinsip-prinsip teoritik untuk memecahkan masalah-masalah konkret dalam bidang pendidikan dan pembelajaran.bidang tersebut meliputi tehnik-tehnik yang digunakan ,aktivitas yang di kerjakan,informasi dan sumber yang digunakan ,dan klien yang dilayani oleh para pelaksana dalam bidang tersebut
terimakasih
sependapat
saya atas nama riswanti perwakilan kelompok 4 menangapi pertanyaan saudari maryam
maksudnya itu perbandigan persektif adalah sudut pandang manusia dalam memilih opini,kepercayaan jadi dalam pembelajaran tehnologi pendidikan dapat di aplikasikan ide-ide dan prinsip-prinsip teoritik untuk memecahkan masalah-masalah konkret dalam bidang pendidikan dan pembelajaran.bidang tersebut meliputi tehnik-tehnik yang digunakan ,aktivitas yang di kerjakan,informasi dan sumber yang digunakan ,dan klien yang dilayani oleh para pelaksana dalam bidang tersebut
terimakasih
Sy maryam bonali perwakilan dr kel 7, tolong anda jelaskan makaud dari pernyataan "berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non-manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif"?
Terima Kasih untuk pertanyaannya, saya akan berusaha untuk menjawab pertanyaannya sesuai dengan yang anda inginkan..
seperti yang sudah saya jelaskan bahwa Teknlogi pendidikan berperan untuk memfasilitasi bahkan membantu dalam pemecahan masalah dalam pembelajaran. Baiklah seperti yang kita ketahui bahwa indonesia merupakan negara berkembang baik dalam perekonomian, pendidikan, kesehatan, kewirusahaan, dan yang lainnya. Perkembangan Teknologi di Indonesia termasuk sangat cepat,tapi pada daerah terpencil aksesnya susah dikarenakan kondisi jalan, transpot, dan lainnya. sebagai calon pendidik cara saya untuk memfasilitasi pembellajaran yang ada di daerah terpencil adalah melalui media percetakan dalam hal Buku.. kenapa? karena bagi saya buku merupakan hasil tuangan informasi yang dituang dan dicetak menggunakan teknolgi dan dapat digunakan sebagai media fasilitas pembelajaran jika faslitas pembelajaran via internet, atau kompter tidak terseda terima kasih
saya Yulia marwa perwailan dari kelompok 1
saya akan mengjukan pertanyaaan. pertanyaan saya bagaimana cara anda membentuk media pembelajaran yang kreatif dan kompetitif?
makasi saudari nurilma saya akan menjawab pertanyaan anda yaitu : dalam Pihak-pihak pengajar baik orang tua maupun guru, memberikan pengajaran-pengajaran etika dalam ber-TIK agar TIK dapat dipergunakan secara optimal tanpa menghilangkan etika.khususnya untuk anak di bawah umur yang masih harus dalam pengawasan ketika sedang melakukan pembelajaran dengan TIK,
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Sy Maryam Bonali perwakilan dr kel 7 ingin menambahkan jawban dr saudari fatmy.
Disini Bentuk teknologi pembelajaran dapat berupa :
Teks (karakter alfa-numerik ditampilkan dalam buku, poster, papan tulis, layar komputer),Audio (mencakup dapat didengar oleh seseorang seperti suara, musik, suara mekanik),Visual (diagram di poster, gambar pada papan tulis, foto, gambar dalam sebuah buku, kartun),Media gerak (media yang menampilkan gerak termasuk rekaman video dan animasi),
Nurilma
Kelompok 3
"Profesional di bidang desain instruksional dan teknologi sering menggunakan prosedur desain instruksional yang sistematis dan menggunakan berbagai media pembelajaran untuk mencapai tujuan yang ditentukan"
Pertanyaan saya yaitu: jelaskan prosedur" desain instruksional yang sistematis dan apa saja media" yg digunakan untuk mencapai tujuan?
Terima kasih
Makasih jawabnya
saya Yulia Marwa perwakilan Kelompok 1 saya ingin bertanya :
bagaimana Pendapat Anda dengan perkembangan Teknologi pendidikan di indonesia? apakah termasuk Berkembang Luas atau mungkin tidak sepenuhnya teknologi pendidikan ini berkembang secara luas??
dan bagaimana pendapat anda dengan masyarakat daerah terpencil yang masih menggunakan media cetak dalam proses belajar ?
Terima kasih Hartina haris
Terima kasih atas tanggapannya!
makasi saudari hikma handayani jawabanya yaitu :
di tinjau dari segi wujudnya ada 2 yaitu :
1. Perbuatan mendidik (biasanya disebut software)contohnya seperti mencakup nasihat teladan, larangan, perintah, pujian, teguaran, ancaman , dan hukuman.
2. Benda – benda sebagai alat bantu (biasanya disebut hardware) contohnya seperti papan tulis, meja, kursi, kapur tulis dll.
Yulia marwa kelompk 1
suatu pembelajaran tidak harus menggunakan buku teks/papan tulis tetapi bsa juga menggunakan media elektronik seperti komputer ataupun vidio-visual,dll. Sehingga memudahkan kita untuk saling berinteraksi selain berada di lingkungan belajar, tetapi juga bisa saling berinteraksi baik di rumah maupun di masyarakat...
pertanyaan Saya :
bagaimana dengan siswa yang tidak mampu??
apakah teknologi pendidikan dikatakan penting jika seluruh siswa meiliki komputer?
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Terima, saya akan menjawab pertanyaan dari saudari sari alam.jawabannya yaitu:
perkembngan Instruksional disini merupakan singkatan dari prosedur pengembangan sistem instruksional. Jadi Prosedur pengembangan sistem instruksional merupakan salah satu pendekatan dalam merancang sistem pembelajaran khususnya satuan pembelajaran oleh guru atau tenaga pendidik. Prosedur pengembangan sistem instruksional mulai populer seiring pemberlakuan kurikulum 1957. Sistem prosedur pengembangan sistem instruksional mengarah pada tercapainya tujuan khusus, dapat diukur, dan dirumuskan dalam bentuk prilaku peserta didik.Harapan diterapkannya prosedur pengembangan sistem instruksional guru atau tenaga pendidik dapat mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efesien.Prosedur pengembangan sistem instruksional digunakan sebagai karangka berpikir dalam menyususun sebuah rencana pembelajaran atau perumusan tujuan pembelajaran. Kritik terhadap penerapan prosedur pengembangan sistem instruksional dikalangan para pengajar atau guru yaitu prosedur ini membawa konsekuensi terhadap beban kerja guru dan juga kepala sekolah bertambah di bidang administrasian dokumen seperti penyusunan satuan pembelajaran yang detil, termasuk penyusunan alat evaluasi yang harus dapat mengukur tujuan pembelajaran.
Terima kasih nurilma saya akan menjawab bgmn cara menghindari dampak negatif dari teknologi pendidikan
1. Mempertimbangkan pemakaian Teknologi dalam pendidikan, khususnya untuk anak di bawah umur yang masih harus dalam pengawasan ketika sedang melakukan pembelajaran dengan teknologi. Analisis untung ruginya pemakaian.
2.Tidak menjadikan Teknologi komputer sebagai media atau sarana satu-satunya dalam pembelajaran, misalnya kita tidak hanya mendownload e-book, tetapi masih tetap membeli buku-buku cetak, tidak hanya berkunjung ke digital library, namun juga masih berkunjung ke perpustakaan.
c. Pihak-pihak pengajar baik orang tua maupun guru, memberikan pengajaran-pengajaran etika dalam berteknologi agar Teknologi komputer maupun internet dapat dipergunakan secara optimal tanpa menghilangkan etika.
4. Perlu ada kesadaran peran dan kerjasama antara seluruh pengguna lanyanan Teknologi. Terima kasih
Saya akan menjawab pertanyaan yulia marwa
Ada 5 strategi yg harus di lakukan
1. Strategi pertama adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa (student-centered learning). Guru menurut strategi ini berperan sebagai fasilitator yang menolong para siswa untuk melakukan refleksi diri, diskusi kelompok, bermain peran, melakukan presentasi secara dramatikal, dan berbagai aktifitas kelompok lainnya.
2.Strategi kedua adalah penggunaan berbagai peralatan bantu dalam pengajaran (multi-teaching aids assisstance). Guru-guru yang kreatif dan banyak akal menggunakan berbagai peralatan dalam mengajar, seperti penghancur kertas, kotak mainan, palu, naskah tulisan para siswa, power-point, komputer, dan peralatan multimedia untuk menggairahkan para siswa.
3.Strategi ketiga adalah strategi manajemen kelas (class management strategies). Strategi ini mencakup pembuatan iklim interaksi antara guru dan siswa yang bersahabat dan memperlakukan siswa dengan menghormati berbagai kebutuhan dan individualitasnya.
4. Stragi keempat untuk meningkatkan kreatifitas para siswa adalah dengan menghubungkan isi pengajaran dengan konteks kehidupan nyata.
5. Strategi kelima adalah menggunakan pertanyaan terbuka dan mendorong para siswa untuk berfikir kreatif (open questions and encouragement of creative thinking). Pertanyaan-pertanyaan terbuka akan menggerakkan para siswa untuk berfikir kreatif.
kompetitif memberikan tugas individu kepada siswa gunanya agar siswa dapat mandiri dalam bekerja sendiri dalam mencapai kesuksesan.
Maaf sya perwakilan kelompok 2
Sya ingin bertanya kepada kelompok 7
Coba anda jelaskan kenapa teknologi itu disebut suatu kerajinan dalam suatu logika keterampilan ??
saya dari kelompok 4 atas nama riswanti akan
menangapi jawaban hartina haris
saya aka jelaskan pengertian pendidikan formanl dan non formal
pendidikan formal merupakan pendidikan yang di selenggarakan di sekokah-sekolah pada umumnya.jalur pendidikan ini menpunyai jenjang pendidikan yang jelas mulai dari pendidikan dasar,pendidikan menegah sampai pendidikan tinggi.contohnya pendidikan dasar sd,smp,pendidikan meegah sma,smk dan pendidikan tinggi diploma,sarjana,magiater,doktor.
pendidikan non formal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat di laksanakan secara terstruktur dan berjengjang contohnya : program paket A,setara Sd program paket B setara smp,program paket C setara sma,
terimakasih
Sy Maryam Bonali perwakilan dr kel 7: sy akan membantu jawaban atas pertanyaan dr saudari ika irkandi.
Dampak negatif di bidang pendidikan misalnya rasa malas. teknologi membuat mahasiswa/siswa kurang produktif dan malas, sebuah keyakinan bahwa mesin pencari selalu ada, dan hal itu membuat rasa tidak sabar, dan hanya melakukan copy paste informasi untuk menyelesaikan tugas dengan cepat.
Cara mengatasi hal tersebut yaitu tidak menjadikan teknologi sbg sarana satu2nya dalam pembelajaran misalnya kita dapat berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku2
Terima kasih Hartina haris
Makasih jawabnya
Maaf saya menanggapi pernyataan dari saudari Maryam bahwa prisip prinsip ilmiah adalah suatu pernyataan yang didasari hasil penelitian di bidang tertentu. Jadi coba anda jelaskan di bidang kesehatan untuk menunjang hasil penelitian yang akurat ?
Terimakasih atas jawabannya
Saya akan menjawab pertanyaan dari sdri hikma handayani.
maksud dari pernyataan teknologisebagai entitas itu maksudnya kita dapat mengetahui informasi melalui org. Artinya kita dapat mengetahui informasi melalui komunikasi. Terimakasih
Saudari yulia marwa
Terima kasih atas pertanyaannya,
- indonesia merupakan salah satu negara yang mangalami perkembangan teknologi termasuk teknologi pendidikan.
- teknologi pendidikan sudah mengalami perkembangan, akan tetapi tdak berkembang secara luas atau menyeluruh.
- walaupun masyarakat masih menggunakan media cetak sebagai media pembelajaran, tapi itu sudah menjadi bukti bahwa masyarakat tersebut sudah tersentuh dengan yg namanya teknologi. Karena media cetak merupakan hasil dari perkembangan teknologi.
Terima kasi
ass, saya SARIANA perwakilan dari kelompok 7 ingin mengajukan pertanyaan, apakah dengan kemajuan teknologi dapat meningkatkan prestasi belajar bagi mahasiswa? jika ya apa alasannya dan jika tidak apa alasannya. Terimah kasih
terima kasih atas jawabanyya Saudari Ika dan Nurhadijah.. saya inging bertanya kembali. menurut pendapat anda strategi mana yng paling efektif untuk dilakukan dalam pembelajaran guna meningkatkan pengetahuan siswa/mahasiswa terima kasih
Saya devianti perwakilan klompok 5 saya ingin bertanya coba anda Jelaskan keterkaitan antara sumber belajar dengan teknologi pendidikan/pembelajaran!
Saya perwakilan dari kelompok 5:
apa yang anda lakukan jika melakukan pembelajaran melalui teknologi itu malah tidak dapat meningkatkan/mencapai tujuan pendidikannya. Terima Kasih
Terima kasih atas pertanyaan dr saudari nurhadijah mustari:
Teknologi disebut kerajinan merupakan Keterampilan logis /berpikir scr logika dalam mengerjakan sesuatu atau menerapkan suatu konsep/pengetahuan yang memerlukan perasaan, intuisi, pengalaman, bakat, dan pertimbangan (judgment), Keahlian dan pengalaman untuk memilih perlakuan terbaik dalam rangka mencapai suatu tujuan.
Terima kasih saudari Ilma
iyaa makasih atas jawabannya
saya perwakilan dari kelompok 6
pertanyaan saya yaitu: Tolong jelaskan Bagaimankah peranan teknologi pendidikan dalam pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran.
saya dari kelompok 4 atas nama riswanti akan
menangapi jawaban hartina haris
saya aka jelaskan pengertian pendidikan formanl dan non formal
pendidikan formal merupakan pendidikan yang di selenggarakan di sekokah-sekolah pada umumnya.jalur pendidikan ini menpunyai jenjang pendidikan yang jelas mulai dari pendidikan dasar,pendidikan menegah sampai pendidikan tinggi.contohnya pendidikan dasar sd,smp,pendidikan meegah sma,smk dan pendidikan tinggi diploma,sarjana,magiater,doktor.
pendidikan non formal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat di laksanakan secara terstruktur dan berjengjang contohnya : program paket A,setara Sd program paket B setara smp,program paket C setara sma,
terimakasih
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
terimah kasih atas pertanyaanya, saya akan menjawab sesuai dengan pemahaman saya, perlu diketahui terlebih dahulu tentang apa teknologi itu, teknologi secara bahasa asal katanya dari Techne merupakan bahasa yunani yang bermakna seni, kerajinan tangan, atau keahlian. Teknologi menurut bangsa yunani konu diakui sebagai suatu kegiatan khusus, dan sebagai pengetahuan. dimana teknologi itu terkait dengan sifat rasional dan ilmiah yang menunjukkan suatu keahlian baik itu seni atau kerajinan tangan yang dapat diterjemahkan sebagai tekhnik atau cara pelaksanaan dalam suatu kegiatan, sedangkan logika keterampilan itu dimana dalam melakukan atau menghasilkan suatu keterampilan sangat diperlukan menggunakan logika agar hasil dari kerajinan yang dibuat dapat dimanfaatkan dengan baik dan dalam menjalanjak suatu teknologi perlu menggunakan logika dan ketika menghasilkan sesuatu melalui proses teknologi maka dapat dikatakan suatu kerajinan, terimah kasih
Terimah kasih banyak
Saya setujuh dengan jawaban sodari maryam bonali
Terimakasih atas tanggapan dr saudari waode harni,
di bidang kesehatn Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat tentunya kita perlu melakukan pengkajian baik data subjektif maupun objektif dr klien. Serta hasil lab mengenai kondisi klien.
terima kasih untuk jawabannya
baik saya dari kelompok 1 akan menjawab pertyaan dari saudara devianti. pertama saya akan menjelaskan apa itu belajar Belajar itu merupakan proses dimana tingkah laku di timbulkan atau di ubah melalui latihan atau pengalaman sehingga dapat memecahkan suatu permasalahan. Akan tetapi segala daya yang dapat dipergunakan untuk kepentingan proses pengajaran baik secara langsung atau tidak langsung, diluar peserta didik(lingkungan) yang melengkapi diri mereka pada saat pengajatran disebut sebagi sumber belajar. Teknologi pendidikan adalah suatu disiplin ilmu yang menfokuskan diri dalam upaya memfasilitasi belajar pada manusia. Disini keterkaitan belajar dengan teknologi pembelajaran itu misalnya kita belajar melalui teknologi internet.
saya perwakilan klompok 5 ingin mengajukan pertanyaan yaitu : coba anda sebutkan dan jelaskan Prinsip prinsip dasar apakah yang dijadikan acuan teknologi pembelajaran?
saya hikma handayani perwakilan dari kelompok 1. saya ingin bertanya bagaimana sikap dan cara mengajar anda jika anda di tempatkan di SLB (sekolah Luar Biasa)yang daya tangkap anak-anak itu kurang soal teknologi itu sendiri? terima kasih.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Makasi untuk jawabanyannya maryam
Tambahan :
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang meliputi pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan lingkungan, baik secara tersendiri maupun terkombinasikan dapat memungkinkan terjadinya belajar dan yang pastinya ada keterkaitan antara sumber belajar dengan teknolgi pendidikan.. Manusia sebagai objek embutuhkan media untuk memperoeh informasi untuk belajar tentu saa lewat teknologi berupa Teks (karakter alfa-numerik ditampilkan dalam buku, poster, papan tulis, layar komputer),Audio (mencakup dapat didengar oleh seseorang seperti suara, musik, suara mekanik),Visual (diagram di poster, gambar pada papan tulis, foto, gambar dalam sebuah buku, kartun),Media gerak (media yang menampilkan gerak termasuk rekaman video dan animasi).. Terma kasih
Saudari sariana, terima kasih atas pertanyaannya.
IYA, kemajuan teknologi dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa karena kemajuan teknologi memudahkan mahasiswa dalam proses ajar mengajar, akan tetapi kemajuan teknologi bukan faktor utama peningkatan prestasi belajar mahasiswa.faktor" yg dapat meningkatkan prestasi belajar yg lain sperti kemampuan intelegensi, faktor minat, fisik & psikis, faktor keluarga, lingkungan, faktor guru dll.
Terima kasih
Saya atas nama Sariana perwakinal kelompok 7 akan menjawab pertanyaan dari saudari Candra, yang akan saya lakukan jika pembelajaran melalui teknologi itu tidak dapat meningkatkan tujuan pendidikan maka saya akan belajar dengan meningkatkan fasilitas belajar saya, saya tidak hanya mengandalkan teknologi dalam mengembangkan minat belajar namun saya juga belajar dengan memperbanyak membaca buku dengan beberapa pengarang, karena semakin sering kita membaca semakin bertambahnya pengetahuan kita. terimah kasih
Saya miranda perwakilan dari kelompok 4, ingin bertnya atas jwaban dri saudari sariana, jdi bagaimana penerapan teknologi dalam bidan pendidik?
saya perwakilan dari kelompok 2,
"disimpulkan bahwa teknologi pembelajaran memiliki Peran yg sangat penting dalam proses pembelajaran dimana Teknologi pembelajaran merupakan usaha untuk memperbaiki metode mengajar dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah dengan membuktikan keberhasilan dalam bidang pendidikan"
maaf saya kurang paham dengan kalimat ini "membuktikan keberhasilan dalam bidang pendidikan" bagaimana cara mengetahuinya?
terimah kasih atas jawabannya
Terima kasih atas jawabannya
Saya kartini lintang mawardani perwwkilanbdari kelompok 6 ingin mengajukan pertanyaan kepada sodari hartina haris : Bagaimanakah bentuk pembelajaran yg sfesifik dalam mengembangkan teknologi pendidikan
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
terimah kasih kepada saudari Miranda saya akan menjawab jadi penerapan teknologi dalam bidan pendidik salah satunya yaitu dengan mengembangkan kompetensi kurikulum sehingga dapat meningkatkan kualitas pengetahuan peserta didik kebidanan, karena perlu diketahui bahwa kurikulum merupakan fundamen yang sangat penting untuk menghasilkan mahasiswa yang berkualitas tinggi dimana kurikulum yang baik adalah kurikulum yang kandungannya memperhatikan kemampuan peserta didik serta mampu mendorong kemampuan mereka menjadi daya kreatif dan inovatif, contohnya untuk meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dalam merumuskan kurikulum diselenggerakan seminar, pelatihan dll dalam menyelenggarakan seminar kita menggunakan teknologi untuk memfasilitasi seminar tersebut.
Sy Maryam Bonali sy perwakilan kel 7, sy ingin membantu menjawab pertanyaan dr saudari hikma handayani:
Pembelajaran bagi anak yg sekolah di SLB itu mempunyai klasifikasi pendidikan dan mempunyai karakteristik masing2. Dan pemberian pendidikan terhadap anak yg berkebutuhan khusus memerlukan strategi dan metode yg efektif.dalam metode penyampain pendidikan dilakukan satu per satu krn didlm suatu kelas terdapat penyandang disabilitas yg berbeda.
Saya nur anisah perwakilan kelompok 2
akan menjawab pertanyaan yulia marwa
Menurut pendapat saya strategi yang paling efektif adalah
1 strategi power point , komputer dan peralatan multimedia untuk menggairhkan para siswa
2 strategi yang ke dua untuk meningkatkan kreatifitas para siswa dengan menghubungkan isi pengajaran dengan konteks yang di kehidupan nyata
3 strategi ke 3 menggunakan pertanyaan terbuka dan mendorong para siswa untuk berfikir kreatif
terima kasih untuk pertanyaan sdri devianti,
prinsip-prinsip dasar yang dijadikan sebagai acuan dari teknologi pendidikan ada 3 yaitu :
1. Pendekatan sistem
Prinsip pendekatan sistem berarti bahwa setiap usaha pemecahan masalah pendidikan yang dilandasi konsep teknologi pembelajaran hendaknya menerapkan prinsip pendekatan sistem. Artinya memandang segala sesuatu yang menyeluruh (komprehensif) dengan segala komponen yang saling terintegrasi. Pendekatan sistem telah dipergunakan dalam menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi proses pendidikan.
2. Berorientasi pada peserta didik
Prinsip berorientasi pada peserta didik berarti bahwa usaha-usaha pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan hendaknya memusatkan perhatiannya pada peserta didik.
3. Pemanfaatan sumber belajar semaksimal dan sebervariasi mungkin
Prinsip pemanfaatan sumber belajara semaksimal dan sebervariasi mungkin berarti bahwa peserta didik belajar karena berinteraksi dengan berbagai sumber belajar secara maksimal dan bervariasi. Penerapan prinsip ini peserta didik disediakan beraneka ragam sumber belajar baik cetak seperti buku teks, modul dan sejenisnya, maupun noncetak seperti program audio, video, atau bahan belajar online. Atau sumber belajar lain seperti dari lingkungannya yang sesuai untuk mencapai kompetensi tertentu.
Sy Maryam Bonali sy perwakilan kel 7, sy ingin membantu menjawab pertanyaan dr saudari hikma handayani:
Pembelajaran bagi anak yg sekolah di SLB itu mempunyai klasifikasi pendidikan dan mempunyai karakteristik masing2. Dan pemberian pendidikan terhadap anak yg berkebutuhan khusus memerlukan strategi dan metode yg efektif.dalam metode penyampain pendidikan dilakukan satu per satu krn didlm suatu kelas terdapat penyandang disabilitas yg berbeda.
Makasi atas jawaban.x
saya dwi fatmy jamsen perwakilan dari kelompok 1, dari pernyataan anda "Tujuan utama pemanfaatan teknologi untuk membantu memecahkan masalah belajar" yang saya tanyakan adalah bagaiamana peran teknologi pendidikan dan pembelajaran dalam memecahkan masalah dalam peningkatan mutu pendidikan?
Makasi atas jawaban.x
Terimakasih atas pertanyaan saudari hartina haris,
membuktikan keberhasilan suatu pendidikan dapat dilihat dr sejauh mana preatasi yg diperoleh, krn prestasi dapat menjadi bukti pengakuan keberhasilan model pembelajaran/kependidikan.dan dapat mengembangkan pembangunan pendidikan lanjut.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
saya riswanti kelompok 4
belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan yang spesifik dan membuat pelajaran lebih efektif.
pertanyaan saya
berikan gambaran atau contoh pembelajaran yang termasuk dalam kategori lebih efektif itu seperti apa??
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Saya siti arabia aldawiah islamiah perwakilan kelompok 3 mengajukan pertanyaan.
Mengapa anda menyimpulkan bahwa tekhnologi memiliki tujuan praktis dalam arti mudah, sedangkan peran dari tekhnologi pembelajaran sendiri memilki peran yang sangat penting.
Saya siti arabia aldawiah islamiah perwakilan kelompok 3 mengajukan pertanyaan.
Apa-apa saja yang anda nilai dalam proses pembelajaran sehingga dapat menyimpulkan bahwa dalam kelas tersebut sudah berhasil menerapkan proses belajar mengajar yang efektif?
Terimakasih saudari siti arabiah,
Sy mengambil kutipan dari (spector, 2012:5) bahwa teknologi memiliki tujuan praktis/mudah. Maksud dr kata2 tersebut teknologi mempermudah kita untuk mengakses informasi. Contohnya sekarang kita dapat berdiskusi kelompok tanpa tatap muka(f2f) scra langsung.
Terima kasih maryam atas jawabannya.
Sy Maryam bonali ingin membantu menjawab pertanyaan dr saudari siti arabia.
proses Pembelajaran dikatakan efektif apabila, proses belajar mengajar berlangsung dengan baik yg sesuai dengan tujuan belajar dan hasil belajar.
Sy Maryam bonali ingin membantu menjawab pertanyaan dr saudari siti arabia.
proses Pembelajaran dikatakan efektif apabila, proses belajar mengajar berlangsung dengan baik yg sesuai dengan tujuan belajar dan hasil belajar.
Saya siti arabia aldwiah islamiah dari kelompok 3.
Coba anda berikan contoh bidang deaain instruksional dan non instrujsional dalam tekhnologi pembelajaran dalam kelas?
Terima kasih saudari maryam atas jawabannya.
Tambahan kelompok 3.
Awal dari tekhnologi pembelajaran hanya dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat karna hanya dianggap bertujuan untuk memfasilitasi sebagian kecil dari proses belajar mengajar seperti buku teks dan papan tulis, akan tetapi seiring berkembangnya tekhnologi makq persepsi masyarakat sudah berubah karna pada zaman sekarang tekhnologi pembelajaran sangat dibutuhkan untuk mencari informasi dan menambah pengetahuan baru dengan mudah dan cepat, serta mempunyai peran yang bukan hanya dibutuhkan oleh pelajar saja
saya riswanti kelompok 4
belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan yang spesifik dan membuat pelajaran lebih efektif.
pertanyaan saya
berikan gambaran atau contoh pembelajaran yang termasuk dalam kategori lebih efektif itu seperti apa??
Terima kasih atas jawabannya.
Saya akan menjawab pertanyaan dari saudari dwi fatmi jadi untuk mengatasi permasalahan belajar perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi permasalahn tersebut, diantaranya dengan mengatasi masalah belajar siswa yang pada umumnya sulit mempelajari konsep yang abstrak, sulit membayangkan peristiwa yang telah lalu, sulit mengamati obyek yang terlalu kecil atau terlalu besar, sulit memperoleh pengalaman langsung, sulit memahami pelajaran yang diceramahkan, sulit memahami konsep yang rumit, terbatasnya waktu untuk belajar, Selain itu sikap pasif dan kurang minatnya peserta didik juga menjadi faktor rendahnya mutu pendidikan.
Berdasarkan hal tersebu maka peningkatan mutu pendidikan perlu diarahkan pada perluasan inovasi pembelajaran baik pada pedidikan fromal maupun non-formal dalam rangka mewujudkan proses yang efisien, menyenangkan dan mencerdaskan sesuai tingkat usia, kematangan, serta tingkat perkembangan peserta didik. Selain itu perlu memberikan bekal penguasaan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) pada guru agar mereka mampu melaksanakan pembelajaran yang menggunakan multimedia secara baik, karena media pendidikan yang merupakan aspek nyata dari toknologi pendidikan.
Saya akan menjawab pertanyaan dari saudari Nur Ilma jadi prosedur2 desain instruksional ada dua yaitu 1. Dengan pendekatan secara empiris: Proses ini dilaksanakan tanpa menggunakan dasar-dasar teori secara sistematis. Di sini paket atau bahan pengajaran disusun berdasar pengalaman si pengembang, siswa disuruh mempelajari lalu hasilnya diamati. Bila hasilnya tak sesuai dengan apa yang diharapkan, materi pengajaran tersebut direvisi dan pekerjaan penyusunan paket (materi) pengajaran diulang.
2. Dengan mengikuti atau membuat suatu model (paradigm approach). Menurut pendekatan ini, hasil belajar yang diharapkan, bisa diklasifikasikan sesuai dengan tipe-tipe tertentu. Untuk, tiap tipe tujuan khusus (objective) dapat dipilihkan cara-cara tertentu untuk mencapainya, kondisi tertentu untuk mengamati responsi siswa bisa diciptakan, dan perubahan-perubahan bilamana perlu bisa diadakan. Di dalam penyusunan disain instruksional, diadakan langkah-langkah secara sistematis, sehingga uji coba secara empiris terhadap suatu program dapat mendorong untuk adanya informasi mengenai efektifitas suatu program, yang sekaligus bisa untuk menguji model tersebut. Media yang digunakan adalah media audio
Sy Maryam Bonali ingin mengajukan pertanyaan.
Bagaimana peranan teknologi pendidikan dan pembelajaran dalam memecahkan masalah,khususnya dalam perluasan akses dan peningkatan mutu pendidikan ?
Sy Maryam bonali perwakiln dr kel 7, sy ingin mengajukan pertanyaan.
Prinsip2 belajar apakah yang relatife berlaku umum yang dijadikan dasar atau acuan dalam kegiatan belajar dan pembelajaran ?
Sy Maryam Bonali sy dr kel 7, sy ingin mengajukan pertanyaan.
Bagaimanakah pendapat anda tentang pembelajaran berbasis internet?
Saya akan menjawab pertanyaan dari saudari maryam.
Prinsip" belajar yg relatif berlaku umum yaitu, prinsip kesiapan, motivasi, persepsi, tujuan, perbedaan individual, transfer dan retensi, prinsip belajar kognitif dll.
Terima kasih
trima kasih untuk pertanyaan dari saudari maryam , saya akan menjawab pertanyaan anda, pendapat saya ttng pembelajaran berbasis internet sangat membantu guru dan siswa dalam mencari materi ajar dan petunjuk untuk belajar, selain itu, pmbelajaran yg berbasis internet ini sangat membantu mahasiswa dengan mudah mendapatkan informasi tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk membeli buku.
Nurhapsah Japaruddin
Pertanyaan sya kepada saudari maryam.
Menurut anda bagaimana penerapan teknologi pada daerah" tertinggal sehingga mudah untuk mengakses informasi?
Sedikit tambahan dari pertanyaan Nur ilma
Untuk menghindari dampak negatif seperti halnya kecanduan teknologi diperlukan kerja sama atau komunikasi guru dengan orang tua siswa didik sehingga anak lebih mudah dipantau saat menggunakan alat-alat teknologi serta batasan waktu bermain teknologi sehingga anak dapat mengatur waktunya.
Kita harus mempertimbangkan kebutuhan kita terhadap teknologi, mempertimbangkan baik-buruknya teknologi tersebut dan tetap menggunakan etika, juga tidak lupa jangan terlalu berlebihan agar kita tidak kecanduan dengan teknologi.Selain itu dengan teknologi yang sederhana asal dimanfaatkan dengan maksimal, maka teknologi itu akan menghasilkan kualitas yang optimal. Karena dengan tidak teknologi, maka kita akan ketinggalan banyak informasi yang up to date di internet.
Menurut saya, pembelajaran berbasis internet atau dikenal dengan E-Learning sangat efektif karena memudahkan guru mencari materi pembelajaran serta peserta didik mudah mencari informasi sehingga wawasannya berkembang, mutu pendidikannya juga meningkat, selain itu hemat biaya serta waktu dalam menimba ilmu contohnya kuliah jarak jauh atau kuliah online
good comments
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda