Jumat, 22 September 2017

KONTRAK PERKULIAHAN S1 2017

 KONTRAK PERKULIAHAN

A.   INFORMASI UMUM

Nama Mata Kuliah                       : Teknologi Pembelajaran
Kode Mata Kuliah                        :  -
Dosen Pembimbing                     : Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum.M.A.
Program/Semester                      : S1/ IV
Hari/Jam Pertemuan                   :
Tempat Pertemuan                      :

B.   DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah Teknologi pembelajaran adalah komponen kajian pada program Strata 1 (S1) Fakultas tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin makassar. Mata Kuliah ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dalam mengintegrasikan teknologi dan media dalam pembelajaran dengan memperhatikan keuntungan relatif (relative advantage), kompatibilitas, kompleksitas, triabilitas, dan observabilitas yang memungkinkan teknologi berterima dalam pelaksanaan pembelajaran.    

C.   TUJUAN MATA KULIAH

Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami gambaran umum tentang teori dan praktek etis dalam menfasilitasi belajar dan memperbaiki kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses-proses dan sumber-sumber teknologi yang sesuai dengan pandangan hidup, kepercayaan, dan keyakinan, serta adat dan istiadat yang berlaku.  Secara khusus, mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu:  Menjelaskan definisi teknologi pembelajaran, sejarah perkembangan dan kecenderungan pemanfaatan dalam pembelajaran.
  1. Mendeskripsikan dan menguraikan teori dan kawasan disiplin teknologi pembelajaran.  
  2. Menyeleksi jenis teknologi yang sesuai baik yang diperoleh melalui online maupun yang didapat secara manual untuk diintegrasikan dalam pembelajaran. 
  3. Mengembangkan teknologi cetak, audio, visual, video, dan teknologi interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran. 
  4. Mengintegrasikan teknologi yang sesuai sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien.
  5. Mengembangkan model teknologi yang dapat menunjang proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam baik yang diarahkan pada sekolah-sekolah agama (madrasah) maupun sekolah-sekolah umum lainnya.


D.   EVALUASI

1.    Partisipasi Umum/ Kehadiran             20%   
2.    Kerja Kolaborasi                                 25%
3.    Mid-term                                            25%
4.    Projek Akhir (final Project)                 30%.


DESKRIPSI AKTIVITAS PERKULIAHAN

AKTIVITAS

DESKRIPSI
SKOR



Kehadiran
Kehadiran dalam setiap kali pertemuan dan kerja kolaborasi dapat memberi dampak pada membangun kerja sama yang baik yang saling menguntungkan. Anda diminta untuk memberikan kontribusi konstruktif terhadap perkem-bangan kemampuan mahasiswa yang lain khususnya pada setiap kali pertemuan di dalam ruang kelas.




20









Kerja Kolaborasi
Kerja kolaborasi dalam hal ini adalah bentuk kerjasama yang dibangun berdasarkan gambaran tugas yang jelas, saling memberi masukan, dan bahkan dalam bentuk mengajar teman sejawat yang bermuara pada saling keter-gantungan positif, terdapat pembagian tugas yang masing-masing dan secara bersama-sama diselesaikan. Misalnya, dalam membahas “Definisi teknologi pembelajaran, sejarah perkembangan dan kecenderungan pemanfaatan dalam pembelajaran,” salah seorang maha-siswa bertugas mengkaji dan merumus-kan definisi teknologi pembelajaran, yang satu lagi fokus pada sejarah perkem-bangan teknologi pembelajaran, dan yang satunya lagi  mengupas kecenderungan pemanfaatan dalam pembelajaran. Muaranya adalah terbentuk kondisi kerja yang saling membutuhkan antara peserta dalam kelompok.









25





Mid-term
Ujian mid-semester diarahkan  untuk mengukur kemampuan peserta didik dengan menggunakan level pertama dan kedua dari empat tingkat evaluasi Kirkpatrick (reaksi dan pemahaman) makasiswa tentang teori dan praktek etis dalam menfasilitasi belajar dan memper-baiki kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses-proses dan sumber-sumber teknologi yang sesuai.  





25



Projek Akhir
(Final Project)
Menghasilkan produk teknologi  pembe-lajaran yang dirancang sesuai karakteristik peserta didik adalah bagian integral yang dihasilkan dalam perkuliahan ini. Untuk menghasilkan produk yang tepat guna dan berdaya guna maka digunakan model ASSURE yang dikembangkan oleh Smaldino dkk dengan modifikasi Benny Pribadi dengan level tiga dan empat Kirkpatrick (prilaku dan hasil) untuk menilai produk yang dihasilkan.



30


 

E.  TOPIK-TOPIK INTI

Topik-topik inti pembahasan selama satu semester dapat dilihat di bawah ini. 


  1. Memahami Media Pembelajaran: Berbagai pandangan, konsep, dan beberapa istilah, karakteristik dan ragam media.
  2. Memahami Teknologi Pembelajaran: Definisi, sejarah perkembangan dan perbedaan Istilah teknologi pembelajaran dan teknologi pendoidikan. 
  3. Perspektif Belajar dan Strategi Pembelajaran.
  4. Model - model Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran.  
  5. Mendesain Bahan Cetak untuk Pembelajaran.
  6. Mendesain media visual untuk Pembelajaran.
  7. Pengembangan teknologi Audio untuk Pembelajaran.
  8. Pengembangan teknologi Video untuk Pembelajaran.
  9. Pengembangan teknologi multimedia untuk Pembelajaran.
  10. Produksi Televisi untuk Pembelajaran
  11. Pemanfaatan Internet dan Website untuk pembelajaran.
  12. Pengelolaan sumber-sumber belajar online dan digital.
  13. Integrasi Pendidikan Jarak Jauh dalam pembelajaran.
  14.  Isu-isu dan Kecenderungan dalam Teknologi Pembelajaran.  

 F. DAFTAR PUSTAKA


Anglin, Gary J. Instructional Technology: Past, Present, and Future. California: Libraries Unlimited. 2011.

Duffy, Judy L, McDonald, Jean B., and Mizell, Al.P. Teaching an Learning with Technology. San Fransisco: Pearson Education.

Januszewski, Alan & Molenda, Michael. Educational Technology: A Definition with Commentary. New York:Taylor & Prancis Group. 2008.

Kirkpatrick, Donald L. dan Kirkpatrick, James D. Implementing the Four-Levels: A Practical Guide for Effective Evaluation of Training Programs. San Francisco, California: Berrett-Koehler Publishers, Inc. 2007.

Miarso, Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2007.

Newby dkk. Instructional Technology for Teaching and Learning. New JerseyPrentice-Hall, Inc. 2000.

Pribadi A., Benny. Model ASSURE. Jakarta: Dian Rakyat. 2012.

Pribadi A., Benny. Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat. 2017.

Romano, Frank J. Print Media Distribution in A Digital Age.  New York:  Printing Industry Center. 2002

Reiser, Robert A. Dan Dempsey. Trends and Issues in Instructional Design and Technology. New York: Pearson. 2012.

Roblyer, Margaret D and Doering, Aaron H. Integrating Educational Technology into Teaching. Boston: Pearson. 2010.

Seels, Barbara B.  dan Richey, Rita C. Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Bloomington: Association for Educational Communications and Technology.1996. 

Smaldino, Sharon E., Lowther, Deborah L., and Russell, James D. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar-Versi Terjemahan. Jakarta: Prenada Media Group. 2011.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda