KONTRAK PERKULIAHAN S1 2017
KONTRAK PERKULIAHAN
A. INFORMASI UMUM
Nama Mata Kuliah : Teknologi Pembelajaran
Kode Mata Kuliah : -
Dosen Pembimbing : Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum.M.A.
Program/Semester : S1/ IV
Hari/Jam Pertemuan :
Tempat Pertemuan :
B. DESKRIPSI
MATA KULIAH
Mata kuliah Teknologi
pembelajaran adalah komponen kajian pada program Strata 1 (S1) Fakultas tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin makassar. Mata Kuliah
ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dalam mengintegrasikan teknologi
dan media dalam pembelajaran dengan memperhatikan keuntungan relatif (relative
advantage), kompatibilitas, kompleksitas, triabilitas, dan observabilitas yang
memungkinkan teknologi berterima dalam pelaksanaan pembelajaran.
C. TUJUAN MATA KULIAH
Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami
gambaran umum tentang teori dan praktek etis dalam menfasilitasi belajar dan
memperbaiki kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola
proses-proses dan sumber-sumber teknologi yang sesuai dengan pandangan hidup,
kepercayaan, dan keyakinan, serta adat dan istiadat yang berlaku. Secara khusus, mata kuliah ini bertujuan agar
mahasiswa mampu: Menjelaskan definisi teknologi
pembelajaran, sejarah perkembangan dan kecenderungan pemanfaatan dalam
pembelajaran.
- Mendeskripsikan dan menguraikan teori dan kawasan disiplin teknologi pembelajaran.
- Menyeleksi jenis teknologi yang sesuai baik yang diperoleh melalui online maupun yang didapat secara manual untuk diintegrasikan dalam pembelajaran.
- Mengembangkan teknologi cetak, audio, visual, video, dan teknologi interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran.
- Mengintegrasikan teknologi yang sesuai sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien.
- Mengembangkan model teknologi yang dapat menunjang proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam baik yang diarahkan pada sekolah-sekolah agama (madrasah) maupun sekolah-sekolah umum lainnya.
D. EVALUASI
1.
Partisipasi Umum/ Kehadiran 20%
2.
Kerja Kolaborasi 25%
3.
Mid-term
25%
4.
Projek Akhir (final Project) 30%.
DESKRIPSI AKTIVITAS PERKULIAHAN
AKTIVITAS
|
DESKRIPSI
|
SKOR
|
Kehadiran
|
Kehadiran dalam setiap kali pertemuan dan kerja
kolaborasi dapat memberi dampak pada membangun kerja sama yang baik yang
saling menguntungkan. Anda diminta untuk memberikan kontribusi konstruktif
terhadap perkem-bangan kemampuan mahasiswa yang lain khususnya pada setiap
kali pertemuan di dalam ruang kelas.
|
20
|
Kerja
Kolaborasi
|
Kerja kolaborasi dalam hal ini adalah bentuk kerjasama
yang dibangun berdasarkan gambaran tugas yang jelas, saling memberi masukan,
dan bahkan dalam bentuk mengajar teman sejawat yang bermuara pada saling
keter-gantungan positif, terdapat pembagian tugas yang masing-masing dan
secara bersama-sama diselesaikan. Misalnya, dalam membahas “Definisi teknologi pembelajaran, sejarah
perkembangan dan kecenderungan pemanfaatan dalam pembelajaran,” salah
seorang maha-siswa bertugas mengkaji dan merumus-kan definisi teknologi
pembelajaran, yang satu lagi fokus pada sejarah perkem-bangan teknologi
pembelajaran, dan yang satunya lagi
mengupas kecenderungan pemanfaatan dalam pembelajaran. Muaranya adalah
terbentuk kondisi kerja yang saling membutuhkan antara peserta dalam
kelompok.
|
25
|
Mid-term
|
Ujian mid-semester diarahkan untuk mengukur kemampuan peserta didik
dengan menggunakan level pertama dan kedua dari empat tingkat evaluasi
Kirkpatrick (reaksi dan pemahaman) makasiswa tentang teori dan praktek
etis dalam menfasilitasi belajar dan memper-baiki kinerja dengan menciptakan,
menggunakan, dan mengelola proses-proses dan sumber-sumber teknologi yang
sesuai.
|
25
|
Projek Akhir
(Final
Project)
|
Menghasilkan produk teknologi pembe-lajaran yang dirancang sesuai karakteristik
peserta didik adalah bagian integral yang dihasilkan dalam perkuliahan ini. Untuk
menghasilkan produk yang tepat guna dan berdaya guna maka digunakan model ASSURE
yang dikembangkan oleh Smaldino dkk dengan modifikasi Benny Pribadi dengan level
tiga dan empat Kirkpatrick (prilaku dan hasil) untuk menilai
produk yang dihasilkan.
|
30
|
E. TOPIK-TOPIK INTI
Topik-topik inti pembahasan selama satu semester dapat dilihat di bawah ini.
Topik-topik inti pembahasan selama satu semester dapat dilihat di bawah ini.
- Memahami Media Pembelajaran: Berbagai pandangan, konsep, dan beberapa istilah, karakteristik dan ragam media.
- Memahami Teknologi Pembelajaran: Definisi, sejarah perkembangan dan perbedaan Istilah teknologi pembelajaran dan teknologi pendoidikan.
- Perspektif Belajar dan Strategi Pembelajaran.
- Model - model Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran.
- Mendesain Bahan Cetak untuk Pembelajaran.
- Mendesain media visual untuk Pembelajaran.
- Pengembangan teknologi Audio untuk Pembelajaran.
- Pengembangan teknologi Video untuk Pembelajaran.
- Pengembangan teknologi multimedia untuk Pembelajaran.
- Produksi Televisi untuk Pembelajaran
- Pemanfaatan Internet dan Website untuk pembelajaran.
- Pengelolaan sumber-sumber belajar online dan digital.
- Integrasi Pendidikan Jarak Jauh dalam pembelajaran.
- Isu-isu dan Kecenderungan dalam Teknologi Pembelajaran.
F. DAFTAR PUSTAKA
Anglin, Gary J. Instructional
Technology: Past, Present, and Future. California: Libraries Unlimited.
2011.
Duffy, Judy L, McDonald, Jean B., and Mizell, Al.P. Teaching an Learning with Technology. San Fransisco: Pearson
Education.
Januszewski,
Alan & Molenda, Michael. Educational
Technology: A Definition with Commentary. New York:Taylor & Prancis
Group. 2008.
Kirkpatrick,
Donald L. dan Kirkpatrick, James D. Implementing the Four-Levels: A Practical Guide for Effective
Evaluation of Training Programs. San Francisco, California: Berrett-Koehler
Publishers, Inc. 2007.
Miarso,
Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi
Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2007.
Newby dkk. Instructional Technology for Teaching and Learning. New
JerseyPrentice-Hall, Inc. 2000.
Pribadi A., Benny. Model ASSURE. Jakarta: Dian Rakyat. 2012.
Pribadi A., Benny. Media
& Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat. 2017.
Romano, Frank J. Print Media Distribution in A Digital Age. New York:
Printing Industry Center. 2002
Reiser, Robert A. Dan Dempsey. Trends and Issues in Instructional Design
and Technology. New York: Pearson. 2012.
Roblyer, Margaret D and Doering,
Aaron H. Integrating Educational
Technology into Teaching. Boston: Pearson. 2010.
Seels,
Barbara B. dan Richey, Rita C. Instructional Technology: The Definition and
Domains of the Field. Bloomington: Association for Educational
Communications and Technology.1996.
Smaldino, Sharon E., Lowther, Deborah L., and Russell, James D. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk
Belajar-Versi Terjemahan. Jakarta: Prenada Media Group. 2011.

0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda