BAHAN DISKUSI KELAS KERJASAMA KOLAKA
DISKUSI 1
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Definisi AECT 1994, Teknologi Pembelajaran adalah; Teori dan praktik
dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian proses dan
sumber untuk belajar. Komponen definisinya adalah: teori dan praktik; desain,
pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian; proses dan sumber; untuk
keperluan belajar. Selanjutnya definisi AECT
2004, teknologi pendidikan adalah studi dan praktik etis untuk memfasilitasi belajar dan
memperbaiki kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses dan
sumber teknologi yang sesuai.
Sejarah desain pembelajaran dan teknologi perlu diketahui seseorang
untuk menjadi seorang yang ahli dalam bidang desain pembelajaran dan teknologi.
Karena untuk menjadi ahli dalam bidang tertentu harus mampu memiliki
pengetahuan tentang sejarah dalam bidang bersangkutan. Bidang desain
instruksional dan teknologi meliputi analisis masalah belajar dan kinerja,
serta desain, pengembangan, implementasi, evaluasi dan pengelolaan proses
pembelajaran dan sumber daya yang dimaksudkan dapat meningkatkan pembelajaran
dan kinerja dalam berbagai pengaturan, lembaga pendidikan khususnya dan tempat
kerja. Profesional di bidang desain instruksional dan teknologi sering
menggunakan prosedur desain instruksional yang sistematis dan menggunakan
berbagai media pembelajaran untuk mencapai tujuan yang ditentukan. Selain itu,
dalam beberapa tahun terakhir, mereka telah meningkatkan perhatian untuk solusi
non-instruksional untuk beberapa masalah belajar dan kinerja.
Penelitian dan teori yang terkait dengan masing-masing daerah tersebut
juga merupakan bagian penting dari dalam bidang desain instruksional dan
teknologi. Selama bertahun-tahun, dua praktek-penggunaan sistematis prosedur
desain instruksional dan penggunaan media untuk tujuan-instruksional telah
membentuk inti dari bidang desain instruksional dan teknologi. Dari perspektif
sejarah, sebagian besar praktik yang berkaitan dengan media pembelajaran telah
terjadi perkembangan yang berhubungan dengan desain instruksional. Oleh karena
itu sejarah dari masing-masing dua set praktek akan dijelaskan secara terpisah.
Hal ini juga harus dicatat bahwa meskipun banyak peristiwa penting dalam
sejarah bidang desain instruksional dan teknologi telah terjadi di
negara-negara lain, penekanan dalam buku yang menjadi sumber utama bahasan ini
pada peristiwa yang telah terjadi di Amerika Serikat.
Pertanyaan:
- Apa yang menjadi perbedaan mendasar antara definsi teknologi pendidikan 1994 dan 2008?
- Salah satu kawasan disiplin teknologi pendidikan menurut definisi 1994 adalah pengembangan. Dapatkah Anda jelaskan sub kawasan tersebut?

12 Komentar:
Jawaban No 2. Sub Kawasana Pengembangan. 1. Teknologi Cetak 2. Teknologi Visual 3.Teknologi Audio 4. Teknologi Vidio 5. Teknologi Multi Medi ( Terpadu).
Jawaban No. 1. Perbedaan Mendasar tahun 1994, teknologi pembelajaran dirumuskan berlandaskan lima bidang garapan dari Teknologi Pembelajaran Desain, Pengembangan, Pemanfaatan, Pengelolaan dan Penilaian sedangkan tahun 2008 telah lebih spesifik karena menekankan pada studi & etika praktek
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ujian teknologi pendidikan prepestk teknologi pendidikan
judul malaka Teknologi Pendididkan Judul Perkemnangan teknologi media cetak program pascasarjana UIN Alauddin Makassar sul sel oleh Drs.Nursyalim ,MA
Ada Beberapa media cetak yang sering digunakan guru dan dosen dalam Proses Belajar mengajar di lemnaga pendidikan baik tingkat SD,SMP,SMA,dan Perguruan Tinggi dan dilembaga pendidikan Nonpormal yang ada di indonesia
Dapat di akses dengan baik
Kenapa dihapus ustaz.
Belum sempat dikomentari.
Coba lagi
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ustaz. Tolong dirinci media cetak yang dimaksud.
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda