BAHAN DISKUSI KELAS KERJASAMA STAIN AL-FATAH JAYAPURA
DISKUSI I
TEKNOLOGI
PEMBELAJARAN
Definisi,
Sejarah Perkembangan, dan Kawasan
Teknologi
pembelajaran adalah suatu disiplin ilmu yang bertujuan untuk memecahkan masalah
belajar atau memfasilitasi pembelajaran, dan sekaligus meningkatkan kinerja
dengan penggunaan pendekatan sistemik. Teknologi pembelajaran mengupayakan
perancangan, pengembangan, dan pemanfaatan aneka sumber belajar dalam rangka
memudahkan atau memfasilitasi seseorang untuk belajar dimanapun, kapanpun, dan
darimanapun dengan cara dan sumber belajar yang sesuai dengan kondisi dan
kebutuhan.
Dua
bidang utama kajian teknologi pembelajaran, yakni: (1) soft technology, maksudnya
kajian tentang teori belajar dan perilaku manusia lainnya, dan (2) hard
technology, maksudnya kajian terapan yang diaplikasikan untuk memecahkan
masalah pembelajaran. Namun, fokus teknologi pembelajaran bukan pada proses
psikologis bagaimana peserta didik belajar, melainkan pada proses bagaimana teknologi
perangkat lunak dan keras digunakan mengkomunikasikan pengetahuan, keterampilan,
atau sikap kepada peserta didik sehingga peserta didik mengalami perubahan perilaku.
Rumusan
definisi teknologi pembelajaran mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.
Definisi tahun 1994 dianggap telah memiliki kepastian ruang lingkup kawasannya,
yakni lima kawasan, yaitu desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan
penilaian baik proses-proses maupun sumber-sumber belajar. Namun ke depan
jumlah kawasan beserta kategorinya akan semakin berkembang, sejalan dengan perkembangan
dalam bidang teknologi dan pendidikan, serta disiplin ilmu lainnya yang
relevan. Setiap kawasan tidak berjalan sendiri-sendiri, tetapi memiliki
hubungan yang sinergis. Teknologi pembelajaran tidak hanya bergerak di
persekolahan tapi juga dalam semua aktivitas manusia (seperti keluarga,
perusahaan, organisasi masyarakat, dll) sejauh berkaitan dengan upaya
memecahkan masalah belajar dan peningkatan kinerja. Maka teknologi diartikan secara
luas, bukan hanya teknologi fisik (hardtech),
tetapi juga teknologi lunak (softtech).
MAKALAH LENGKAP DI SINI
Pertanyaan:
1. Rumuskan definisi teknologi
pembelajaran yang Anda pahami!
2. Menurut Anda, bidang kajian teknologi
pembelajaran apa yang diutamakan, soft technology atau hard
technology? Mengapa?

9 Komentar:
belum ada yang komentar ya
Asalamu alaiku wr.wb
Asslamu alakum wr.wb.
Konsep tentang teknologi pembelajaran
Perlu di ketahui :
* Apa yg dimaksug teknologi
* Apa yg dimaksud teknologi pembelajaran.
Di bawah ini akan dikomentari sebagai berikut:
1. Teknologi (konsep teknologi) di dapati berbagai divenisi yg di kemukakan para ahli. Namun pada umumnya teknologi dianggap menjadi bagian dari kehidupan sehari hari. Kita terbiasa dan cenderung menganggap teknologi sebagai peralatan dan berkaitan dengan mesin,komputer,dan juga serba elektronik.
Sebagaimana konsèp yg dikemukakan oleh QURAISH SHIHAB: yakni
1. Teknologi adalah perpanjangan fungsi organ manusia. Mengapa karena teknologi diciptakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan. Contoh temuan perkakas "pisau" sigunakan sebagai perpanjangan tangan manusia untuk memotong. "Palu" dibutuhkan agar tangan dapat memaku.
2. Perluasan atau penciptaan organ baru manusia. Fungsi ini adalah teknologi diciptakan untuk perluasan atau penciptaan organ baru manusia, karena manusia tidak memiliki organ tubuh yg dapat melaksanakan tugas tersebut. Disinilah peran teknologi mengambil alih pekerjaan manusia. Contoh temuan pesawat terbang manusia dapat menyeberangi daerah yg terhalang oleh laut.
PEMBELAJARAN
konsep tentang TEKNOLOGI PÈMEBELAJARAN
Perlu diketahui apa devenisinya:
Misalnya; AECT (The commission on instruksional tecnology) adlah ;
1. Sebagai media yg lahir dari hasil revolusi komunikasi yg dpt digunakan untuk mempelajari misalnya buku teks,dan papan tulis.
2. Sebagai cara perancangan yg sistimik dlam penyampaikan dan mengevaluasi proses belajar mengajar secara total dalam pola tujuan pembelajaran khusus,berdasarka pola penelitian belajar dan komunikasi manusia dan juga kombinasi antara sumber belajar manusia dan bukan manusia yg membawa pada pembelajaran lebih aktif.
Teknologi pembelajaran adalah "sebuah usaha atau tanpa mesin, yag tersedia atau yg di manfaatkan , untuk menipulasi lingkungan individu sehingga dpat diharpkan terjadi perubahan perilaku atau hasil belajar yg lain.(knezevich & Eye, Dlam Anglin 2001)
Nama diantara yg penting:?
1. Sohf technology
2. Hard technologi
Jawaban: Hard technologi ...mengapa karena merupakan kajian tarapan yg mampu atau bisa menyelesaikan persoalan khusuanya proses pembelajaran. Yang menurut hemat penulis selama ini cenderung menggunakan Sohf technologi yang terkait teoritis dan kurang memberikan solusi solusi perbaikan khususnya persoalan pembalajaran dalam artian luas.
Syaiful Muhyidin, NIM:80100316083
1. Rumuskan definisi teknologi pembelajaran yang Anda pahami!
Jawaban;
Menurut bahasa Istilah teknologi berasal dari bahasa Yunani, technologia yang menurut Webster dictionary berarti systematic treatment atau penanganan sesuatu yang secara sistematis, sedangkan techne sebagai dasar kata teknologi berarti art, skill, science atau keahlian, keterampilan, ilmu.
Dalam istilah bahasa Inggris disebut dengan “instructional technology” atau “Education technology”. Pembelajaran semacam ini yang diutamakan ialah media komunikasi yang berkembang secara pesat sekali yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan. Alat-alat teknologi ini lazim disebut “hardware” antara lain berupa TV, radio, video, tape, computer, dan lain-lain. Selain dari itu pembelajaran juga menggunakan teknologi yang disebut dengan “software” antara lain menganalisis dan mendesain urutan atau langkah-langkah belajar berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dengan metode penyajian yang serasi dan penilaian keberhasilannya
Secara istilah teknologi merupakan suatu rangkaian sarana, proses, dan ide, sebagai sarana atau aktifitas yang dengannya manusia berusaha mengubah atau menangani lingkungannya sehingga dengannya manusia mendapatkan suatu hasil yang dituju dengan yang lebih baik daripada sebelum menggunakan teknologi.
Definisi pembelajaran berdasarkan beberapa definisi dari tahun ke tahun sampai yang terkini.
1. (Kenneth Silber, 1970)
Teknologi Pembelajaran adalah pengembangan (riset, desain, produksi, evaluasi, dukungan, pasokan, pemanfaatan) komponen sistem pembelajaran (pesan, orang, bahan, peralatan, teknik, dan lingkungan) serta pengelolaan usaha pengembangan (organisasi dan personil) secara sistematis dengan tujuan untuk memecahkan masalah belajar.
2. (Mac kenzie dan Eraut, 1971)
Teknologi pembelajaran merupakan sistematik mengenai cara bagaimana tujuan pendidikan dapat tercapai.
3. Comission on Instructional Technology, 1970:
Teknologi pembelajaran bertujuan membuat agar suatu pembelajaran lebih efektif. bagaimana hal itu dilakukan? dengan cara mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi secara sistematis berdasarkan teori komunikasi dan belajartentunya, serta memanfaatkan segala sumber baik yang bersifat manusia maupun non-manusia. dengan demikian, sejak tahun 1970an, sudah ada pandangan bahwa manusia (dalam hal ini pendidik) bukanlah satu-satunya sumber belajar.
4. AECT (1972)
Teknologi pembelajaran adalah satu bidang/disiplin dalam memfasilitasi belajar manusia melalui identifikasi, pengembangan, pengeorgnasiasian dan pemanfaatan secara sistematis seluruh sumber belajar dan melalui pengelolaan proses kesemuanya itu.
5. AECT (1977)
Teknologi pembelajaran adalah proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana dan organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia.
6. AECT (1994)
Dalam AECT (1994) ini menegaskan adanya lima domain (kawasan) teknologi pembelajaran, yaitu kawasan desain, kawasan pengembangan, kawasan pemanfaatan, kawasan pengelolaan, dan kawasan penilaian baik untuk proses maupun sumber belajar.
7. Tom Cutchall (1999)
Definisi menurut Cutchal ini sama seperti definisi AECT 1994 namun lebih menekankan bahwa teknologi pembelajaran merupakan penelitian dan aplikasi ilmu prilaku dan teori belajar dengan menggunakan pendekatan sistem untuk melakukan analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi dan pengelolaan penggunaan teknologi untuk membantu memecahkan masalah belajar dan kinerja dengan pemanfaatan teknologi (soft-technology maupun hard-technology) untuk membantu memecahkan masalah belajar dan kinerja manusia.
8. AECT (2004)
AECT (2004) adalah definisi terbaru yang menyatakan bahwa pembelajaran adalah studi dan praktek etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan/memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat.
Berdasarkan definisi-definisi diatas dapat disimpulkan bahwa:
Teknologi pembelajaran adalah suatu disiplin/bidang (field of study)
yang bertujuan utama adalah (1) untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran; dan (2) untuk meningkatkan kinerja yang menggunakan pendekatan sistemik (pendekatan yag holistik/komprehensif, bukan pendekatan yang bersifat parsial) dan kawasan teknologi pembelajaran dapat meliputi kegiatan yang berkaitan dengan analisis, desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, implementasi dan evaluasi baik proses-proses maupun sumber-sumber belajar.
2. Menurut Anda, bidang kajian teknologi pembelajaran apa yang diutamakan, soft technology atau hard technology? Mengapa?
Menurut saya lebih diutamakan hard technology, sebab Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan, dan kenyamanan hidup manusia. Adapun hard technology adalah kajian fisik dan praktek untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai yang dapat disentuh oleh fisik manusia.
Selain hard technology memiliki banyak manfaat diantanya;
• Dengan hard technology menjadikan pembelajaran lebih efisien dari segi tempat dan waktu dalam berdiskusi dan menggali pengetahuan lebih mendalam.
• Dengan hard technology menjadikan waktu dan biaya pembelajaran lebih efisien sehingga mempermudah mencari informasi yang ingin diketahui serta menambah wawasan dan pengetahuan.
PAK SAIFUL. BAGAIMANA DENGAN KAWAN-KAWAN LAIN? APA BISA DIINFORMASIKAN
UNTUK BERGABUNG DALAM DISKUSI?
Sebelumnya mohon maaf bapak, kami sudah informasikan kepada teman-teman, mohon maaf teman-teman belum bisa gabung,karena kesibukan ngajar dan kegiatan, apalagi signal di jayapura sering hilang-hilang, insyaa'Alah kami sampaikan kembali. terimakasih banyak sebelumnya.
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda