BAHAN DISKUSI KELAS C
VIDEO MENINGKATKAN BELAJAR DENGAN GAMBAR
BERGERAK
Video merupakan gambar-gambar dalam frame yang diproyeksikan
melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar itu
hidup. Video juga dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran yang dapat dilihat
dan didengar (audio visual) untuk
menyampaikan pesan-pesan/materi pembelajaran.
Menurut Cheppy Riyana (2007) media video pembelajaran
adalah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan
pembelajaran baik yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi
pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran. Video
dapat digunakan di seluruh lingkungan baik dalam sistem pengajaran kelompok, maupun perorangan.
Atribut yang mendasari video adalah kemampuan
merekayasa waktu, merekayasa tempat, animasi, serta memahami konveksi video.
Format
video digital ditampilkan melalui intensitas warna dan
cahaya pada titik-titik yang tepat karena sinyal digital bisa disalin,
disimpan, dan dipancarkan lebih akurat. Gambaran dari sinyal video digital
yaitu dalam bentuk angka-angka 1 dan 0. Dengan video digital yang disimpan di
DVD ataupun di komputer, anda bisa menyunting konten dan memudahkan untuk
merekayasa urutan gambar, karena kualitas dari gambar video tidak akan
berkurang selama penyuntingan dan penyalinan, berbeda dengan kualitas kaset
video analog yang bisa menurun.
Format
video analog di bentuk dalam kaset video yaitu sistem
penyimpanannya menggunakan pita yang telah terekam sebuah data oleh perekam. Kaset
video dilindungi oleh hak cipta dalam proses perekamannya.
Keuntungan,
ada
beberapa keungungan dalam menerapkan metode ini yaitu Bergerak,proses,
pengamatan yang bebas risiko, dramatisasi, pembelajaran keterampilan,
peembelajaran afektif, pemahaman budaya, membentuk kebersamaan.
Keterbatasan
dalam
menerapkan video dengan gambar bergerak yaitu kecepatan yang tetap, orang-orang
yang berbicara, fenomena yang diam, salah penafsiran, pengajaran abstrak non
visual.
Memilih
video, mengevaluasi video beberapa
sekolah atau organisasi memiliki standard an sangat terperinci. penilaian yang
baik dan cukup singkat tetapi sangat lengkap untuk membantu memilih materi yang
bermanfaat. video bersponsor banyak
video yang bersponsor untuk berbagai alasan. Namun, perlu berhati – hati dalam
menggunakan program bersponsor untuk tujuan pengajaran. ketika dipilih secara
tepat banyak materi bersponsor yang bias menjadi pelengkap yang bermanfaat bagi
pengajaran diruang kelas.
Memproduksi
Video dapat meningkatkan minat belajar siswa.produksi video
oleh siswa mendorong kesadaran siswa, pengembangan kreativitas, potensi
keterlibatan dan jembatan ke kehidupan di luar kelas. Perekaman (recording) menggunakan
kamera yang dilengkapi dengan microfon yang dipasang di depan kamera, lavaliere atau mik leher termasuk pilihan yang baik untuk merekam
pembicaraan. Penyuntingan adalah
sarana yang dengannya video bisa dipisah-pisahkan dan disatukan kembali
menggunakan sebuah computer dan peranti lunak. dengan menggunakan kamera
digital dan menggunakan kabel khusus transfer video langsung dapat terhubung ke
perekam kamera baik analog atau digital.
pertanyaan
1.
Bagaimana pendapat anda terhadap pembelajaran dengan menggunakan video?
2.
Apakah dengan penggunaan video atau gambar bergerak inti dari suatu pelajaran dapat lebih muda
dipahami ? Jelaskan.

31 Komentar:
Kelompok 2
Pretycilia
Erliati
Nur Afiah
Mursyidah
Suciarti
Irma Yanti
1. Menurut saya, menggunakan video sebagai media pembelajaran dapat membuat siswa lebih aktif dalam berfikir. Dalam artian, siswa dapat bebas berfikir secara luas berdasarkan video yang diamati. Dalam hal ini konten yang tercantum dalam video tersebut adalah suatu bentuk perekayasa terhadap materi yang akan disampaikan.
2. Iya, karena konten dari video merupakan gambar yang bergerak yang disertakan dengan audio sehingga informasi yang disampaikan dapat lebih sederhana dibanding dengan menyajikan dalam bentuk audio saja ataupun teks saja.
Nama : Irmayanti
Nim : 173145301058
kelompok : 3
1. Penggunaan video sebagai bahan bantu mengajar memberikan satu pengalaman baru kepada sebilangan pelajar. Media video dan televisi dapat membawa pelajar ke mana-mana saja, terutama sekali jika tempat atau peristiwa yang ditayangkan itu terlalu jauh untuk dilawati, atau berbahaya.
Dengan penayangan video, pelajar dapat merasa seolah-olah mereka berada atau turut serta dalam suasana yang digambarkan. Sebagai contoh, proses penjalanan elektrik dapat ditunjukkan kepada pelajar melalui video. Kiranya dapat membantu pelajar membayangkan cara kerja stesen janakuasa elektrik di samping memberi pengalaman kepada para pelajar secara visual.
2.Pengaruh media vidio akan lebih cepat masuk ke dalam diri manusia daripada media yang lainnya. Karena penayanggannya berupa cahaya titik fokus, sehingga dapat mempengaruhi fikiran dan emosi manusia. Dalam kegiatan belajar mengajar, fokus dan mempengaruhi emosi dan psikologi anak didik sangat diperlukan. Karena dengan hal tersebut peserta didik akan lebih mudah memehami pelajarannya. Tentunya media vidio yang disampaikan kepada anak didik harus bersangkutan dengan tujuan pemebelajaran.
Saya wa andi dari kelompok 1 ingin menanggapi pernyataan anda pada no 1, bahwa Media video dan televisi dapat membawa pelajar ke mana-mana saja, terutama sekali jika tempat atau peristiwa yang ditayangkan itu terlalu jauh untuk dilawati, atau berbahaya., jadi jelaskan maksud dari pernyataan anda ini?
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Saya wa andi dari kelompok 1 ingin bertanya kepada kelompok 2
Bagaimana anda memilih video Yang tepat agar media pembelajaran tersebut dapat membuat siswa lebih aktif dalam berpikir?
Kelompok 3
Andi nurhazima wm
Saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari kelompok 5..
1. Menurut saya dengan menggunakan media video sebagai sarana pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa.produksi video oleh siswa mendorong kesadaran siswa, pengembangan kreativitas, potensi keterlibatan dan jembatan ke kehidupan di luar kelas karena dengan melihat dan mengamati siswa mampu mengembangkan imajinasinya sendiri dan dapat dengan mudah dipahami karena dilihat dan didengar langsung oleh siswa..
2. Menurut saya..iya, karena dengan penyajian video sebagai media pembelajaran bukan hanya dengan melihat teks ataupun mendengar suaranya saja namun kita juga dapat melihat langsung inti dari maksud video yang ditayangkan, jadi siswa dapat lebih fokus dan mwnikmati pembelajaran karena dijadikan dalam satu paket jadi siswa dapat menangkap informasi dengan cepat dab mudah dimengerti...
Andi nurhazima wm
Kelompok 3
Sy akan mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh saudara Wa andi.
Mgkn yg dimaksud dari saudara irma yaitu dengan melihat video ataupun televisi, segala informasi dari penjuru dunia dapat qt dapat dengan hanya mengikuti pemberitaan yang ditayangkan..misalnya kejadian tsunami di aceh..kita tidak berada ditempat kejadian namu ln karena dengan media video yang diabadikan oleh salah satu penduduk di aceh maka kita juga dapat melihatnya karena ditayangkan ditelevisi dan dimuat dalam berita dunia.. Jadi kita pun sebgai pelajar dapat merasakan kesedihan dan kengerian yang terjadi walaupun tidak berada ditempat kejadian..mungkin seperti itu terima kasih
Andi nurhazima wm
Kelompok 3
Saya akan mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh saudara wa andi.
Menurut saya dengan menggunakan media video kita sebagai pemateri harus lebih kreatif dan inovatif dalam menyajikan video kepada siswa,agar siswa dapat lebih fokus dalam mengamati video yang ditayangkan..dengan memilih video yg lebih berpotensi memberikan informasi2 yang belom pernah siswa dapati diluar, dengan menayangkan video acak agar siswa lbh fokus ketika menjawab prtanyaan yang akan diajukan nnt terkait dari video yang diacak tadi, dll..menurut saya ini akan mengundang fokus siswa untuk lebih aktif dalam berfikir..terima kasih
Saya andi nurhazima wm
Kelompk 3
Saya ingin bertanya kepada kelompk 2 terkait dari jawaban no.2
Yang ingin saya tanyakan, bagaimana jika video yang ditayangkan tidak menggunakan audio dan teks, apakah siswa juga dapat mngerti informasi yang disampaikan???
Nama : Irmayanti
Nim : 173145301058
kelompok 3
saya ingin bertanya kepada kelompok 2 terkait jawaban no.1 apakah anada tidak menggunakan atau menyertakan metode ceramah pada metode pembeljaran yang menampilkan video ini ?
Saya mursyidah
Kelompok 2
Saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari saudari Andi nurhazima,,
Menurut saya jika video yang di tayangkan tanpa audio mahasiswa tidak mudah menerima atau kurang mengerti dengan informasi yang di sampaikan, karena kalau hanya gambar yang bergerak saja tanpa audio mahasiswa kurang mengerti apa yang di maksud dari video tersebut.
Terima kasih.
Saya erliati dari kelompok 2 ingin mencoba menaggapi pertanyaan dari nur hazima yg di ajukan untuk kelompok kami.
Bagaimana jika video yg ditayangkan tidak menggunakan audio dan teks, apakah siswa juga dapat mengerti informasi yang di sampaikan?
Menurut saya kembali lagi dari tipe blajar siswa itu sendiri,jika dia tipe visual pasti mampu memahami apa yang di sampaikan dalam video tersebut meski tanpa audio dan teks
Saya erliati dari kelompok 2 ingin mencoba menaggapi pertanyaan dari nur hazima yg di ajukan untuk kelompok kami.
Bagaimana jika video yg ditayangkan tidak menggunakan audio dan teks, apakah siswa juga dapat mengerti informasi yang di sampaikan?
Menurut saya kembali lagi dari tipe blajar siswa itu sendiri,jika dia tipe visual pasti mampu memahami apa yang di sampaikan dalam video tersebut meski tanpa audio dan teks
Kelompok 1
Nikyta ulfana sari fachry
Wa andi
Nurfadillah
Marlina
Dewi sartika
1. Menurut kami pembelajaran menggunakan video lebih mudah untuk dicerna oleh para pelajar, karena selain menggunakan gambar yang bergerak, juga disertai dengan suara dan teks, jadi para pengajar tidak perlu lagi khawatir dengan learning style para pelajarnya, selain itu video juga mampu digunakan sebagai sarana untuk mendiseminasikan informasi dan pengetahuan yang diperlukan oleh para penggunanya
2. Ya, karena dengan video memudahkan para pengajar (guru/dosen) untuk menyampaikan suatu pesan atau inti dari suatu pelajaran yang sedang dibawakan karena video mengandung gambar yang bergerak, suara, dan teks yang dapat mempertegas inti dari suatu pelajaran tersebut
Saya nikyta dari kelompok 1 akan mencoba menjawab pertanyaan dari saudari irmayanti, metode ceramah bisa digunakan dan bisa juga tidak digunakan dalam penyertaan pembelajaran menggunakan video, tergantung video seperti apa yang kita tampilkan, misalnya ketika kita menampilkan video dengan teks atau suara yang menjelaskan secara rinci materi yang tersebut, kita tidak perlu lagi menggunakan metode ceramah, kita hanya perlu menunggu feed back dari para pelajar tersebut
Sy dr kelompok 2 atas nama Nur Afiah
Ingin bertanya pada saudari Andi Nur Hazima
Anda td mengatakan menggunakan media video sebagai sarana pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa, nah pertanyaan saya bagaimana jika ada siswa yg tidak berminat dengan pembelajaran menggunakan video?? Kan minat belajar siswa itu berbeda2..
Terima kasih
Untuk saudari Irmayanti, menggunakan metode ceramah pada saat menampilkan video itu dapat digunakan tetapi sesuai dengan keperluan pengajar.
Saya dari kelompok 2
Berdasarkan jawaban nomor 2, saya mendapatkan istilah bahwa video itu dapat mempengaruhi pikiran dan emosi manusia. Mengapa anda begitu yakin dengan hal tersebut ?
Saya komala dewi muslimin dri kelompok 7
Apa sja kelemahan dari media pembelajaran yang menggunakan video?
Kelompok 7
Nuning Andrianti
Natasha Novianty
Komala Dewi
Merry Andani
Ruth Rina Uken
1. Menurut kami pembelajaran dengan menggunakan vidio akan lebih cepat masuk ke dalam diri manusia dari pada media yang lainnya, karena penayanggannya dapat mempengaruhi fikiran dan emosi manusia dalam kegiatan belajar mengajar, fokus dan mempengaruhi emosi dan psikologi anak didik sangat diperlukan. Karena dengan hal tersebut peserta didik akan lebih mudah memehami pelajarannya. Tentunya media vidio yang disampaikan kepada anak didik harus bersangkutan dengan tujuan pemebelajaran.
2.Ya, dengan penggunaan video atau gambar bergerak inti dari suatu pelajaran dapat lebih muda dipahami, karena penyampaian materi melalui media vidio dalam pembelajaran bukan hanya sekedar menyampaikan materi sesuai dengan kurikulum. Akan tetapi ada hal lain yang perlu diperhatikan yang dapat mempengaruhi minat peserta didik dalam belajar. Hal tersebut berupa pengalaman atau situasi lingkungan sekitar, kemudian dibawakan ke dalam materi pelajaran yang disampaikan melalui vidio. Selain itu juga dalam pelajaran peraktek peserta didik akan lebih mudah melakukan apa yang dilihatnya dalam vidio daripada materi yang disampaikan melalui buku atau gambar. Kegiatan seperti ini akan memudahkan peserta didik dan guru dalam proses belajar mengajar.
Terima kasih
Kelompok 7
Nuning Andrianti
Natasha Novianty
Komala Dewi
Merry Andani
Ruth Rina Uken
1. Menurut kami pembelajaran dengan menggunakan vidio akan lebih cepat masuk ke dalam diri manusia dari pada media yang lainnya, karena penayanggannya dapat mempengaruhi fikiran dan emosi manusia dalam kegiatan belajar mengajar, fokus dan mempengaruhi emosi dan psikologi anak didik sangat diperlukan. Karena dengan hal tersebut peserta didik akan lebih mudah memehami pelajarannya. Tentunya media vidio yang disampaikan kepada anak didik harus bersangkutan dengan tujuan pemebelajaran.
2.Ya, dengan penggunaan video atau gambar bergerak inti dari suatu pelajaran dapat lebih muda dipahami, karena penyampaian materi melalui media vidio dalam pembelajaran bukan hanya sekedar menyampaikan materi sesuai dengan kurikulum. Akan tetapi ada hal lain yang perlu diperhatikan yang dapat mempengaruhi minat peserta didik dalam belajar. Hal tersebut berupa pengalaman atau situasi lingkungan sekitar, kemudian dibawakan ke dalam materi pelajaran yang disampaikan melalui vidio. Selain itu juga dalam pelajaran peraktek peserta didik akan lebih mudah melakukan apa yang dilihatnya dalam vidio daripada materi yang disampaikan melalui buku atau gambar. Kegiatan seperti ini akan memudahkan peserta didik dan guru dalam proses belajar mengajar.
Terima kasih
Tisya nur fauziah S
Kel.6
1. Menurut saya pembelajaran yang menggunakan video itu dapat membantu siswa dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan serta siswa juga mampu membangkitkan motivasi dan memberikan pengalaman yang nyata
2. Ya, krna penggunaan video dalam proses pembelajaran tidak hanya memiliki gambar yg bergerak namun memiliki suara, warna, dapat mengulang adegan/peristiwa secara akurat serta menampilkan unsur visual secara realistik sehingga dalam proses pembelajaran siswa tdk mudah bosan
Tisya nur fauziah S
Kel.6
1. Menurut saya pembelajaran yang menggunakan video itu dapat membantu siswa dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan serta siswa juga mampu membangkitkan motivasi dan memberikan pengalaman yang nyata
2. Ya, krna penggunaan video dalam proses pembelajaran tidak hanya memiliki gambar yg bergerak namun memiliki suara, warna, dapat mengulang adegan/peristiwa secara akurat serta menampilkan unsur visual secara realistik sehingga dalam proses pembelajaran siswa tdk mudah bosan
Marlina
Kelompok 1
Saya akan mencoba menjwab pertnyaan dari komala dewi ,,,kelemahan media pembelajaran yang menggunakan video yaitu memerlukan tenaga listrik kemudian memerlukan peralatan khusus dalam penyajiannya untuk menampilkan gambar dari sebuah video dibutuhkan alat pendukung lainnya...terima kasih
Marlina
Kelompok 1
Saya akan mencoba menjwab pertnyaan dari komala dewi ,,,kelemahan media pembelajaran yang menggunakan video yaitu memerlukan tenaga listrik kemudian memerlukan peralatan khusus dalam penyajiannya untuk menampilkan gambar dari sebuah video dibutuhkan alat pendukung lainnya...terima kasih
Hariyati dari kel.6
Saya ingin menjawab pertanyaan dari Andi Nurhazima WM,
Jika video yang ditanyangkan tidak menggunakan audio dan teks, terdapat beberapa siswa yang bisa memahami informasi dari video tersebut tetapi terdapat juga siswa yang kurang memahami informasi dari video yang ditayangkan. Jadi jika video yang ditanyangkan tidak menggunakan audio dan teks sebaiknya pengajar meberikan penjelasan sesuai dengan video yang ditayangkan agar siswa yang diajar dapat memahami informasi yang disampaikan.
Hariyati kel.6
Saya ingin menjawab pertanyaan dari Nurafiah, jika ada siswa yang tidak berminat dengan pembelajaran menggunakan video karena minat belajar siswa berbeda-beda, jadi pengajar bisa menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, media pembelajaran disini merupakan alat, metode dan tehnik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara pengajar dan pembelajar dalam proses pembelajaran di kelas, misalnya metode (ceramah, diskusi dll), menggunakan modul pelajaran, perekayasa, material cetakan, dll.
Hariyati kel.6
Saya ingin menjawab pertanyaan dari Pretycilia untuk Irmayanti. Mengapa anda begitu yakin bahwa Video dapat mempengaruhi pikiran dan emosi manusia? Karena dengan melihat video manusia bisa memperoleh informasi sehingga membuat manusia berpikir dan mempengaruhi perasaan manusia. Misalnya menanyangkan video kala 2 persalinan pada mahasiswa d3 kebidanan, mahasiswa disini bisa mendapat informasi tentang kala 2 persalinan mulai dari pembukaan lengkap sampai lahirnya bayi, video ini juga membuat mahasiswa berpikir dan mempengaruhi emosi mahasiswa ada yang takut, sedih, merasa nyeri dan senang ketika bayi nya sudah lahir.
Hariyati kel.6
Saya ingin menjawab pertanyaan dari Komala Dewi untuk kel.1, keterbatasan media pembelajaran video yaitu 1.kecepatan yang tetap, meskipun video bisa dihentikan untuk diskusi, ini tidal selalu dilakukan dalam pennyangan untuk kelompok, beberapa pemirsa mungkin tertinggal dan yang lainnya tidak sabar menunggu bagian selanjutnya.
2. Fenomena yang diam, mungkin video tidak cocok bagi topik dimana kajian terperinci mengenai sebuah visual tunggal dilibatkan (misalnya, peta, digram pengkabelan, diagram organisasi).
3. Salah penafsiran
4. Pengajaran abstrak dan nonvisual, video itu buruk dalam menyajikan informasi abstrak dan nonvisua. Filosofi dan teks matematika tidak cocok diajarkan dengan video kecuali konsep yang dibahas membutuhkan ilustrasi menggunakan dokumentasi video bersejarah.
Saya Natasha Novianty dari kelompom 7,
Yang saya ingin tanyakan apakah ada kekurangan dari pembelajaran menggunakan video?
Saya Natasha dari kelompok 7. Apakah ada dampak negatif dari penggunaan video secara berlebihan?
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda