Sabtu, 05 Mei 2018

Teknologi Pembelajaran: Pengertian, Sejarah dan Perbedaan Istilah


Oleh : Firman
Pada kuliah pada hari sabtu tgl 31 Maret 2018,. Pada saat itu yang bertindak sebagai pemakalah Rahmiati dengan dosen pemandu Dr. Muhammad Yaumi MA.,M.Hum. yang membahas materi perkuliahan tentang pengertian, sejarah dan istilah teknologi pembelajaran. Pemakalah menguraikan materi tersebut secara lugas dan terstruktur sehingga mudah dipahami, walaupun dalam term-term tertentu membutuhkan penjelasan kembali. Sesi dialog saya diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, pertanyaan sangat sederhana dan mendasar. Pertanyaannya pertama tentang perbedaan teknologi pembelajaran dan media pembelajaran. Kedua apakah mutlak bahwa setiap ilmu pengetahuan memerlukan teknologi pembelajaran dan teknologi pendidikan.
Pemakalah menguraikan sesuai dengan yang saya tanyakan pertama diulas kembali teknologi pembelajaran bahwa secara etimologi, kata teknologi berasal dari bahasa Yunani techne yang berarti seni, kerajinan dan keterampilan dan logia berarti kata, studi, atau tumbuh ilmu pengetahuan. Secara terminologis berarti  pengetahuan tentang sesuatu. Sedangkan kata pembelajaran seperti yang dikemukakan oleh Reigeluth,(2009: 6) bahwa pembelajaran adalah sesuatu yang dilakukan dengan sengaja. Sehingga yang dimaksud teknologi pembelajaran adalah sebagai suatu kawasan ilmu dan sebagai studi dan praktik etis. Memang terjadi pandangan di kalangan guru dan termasuk dosen bahwa teknologi pembelajaran adalah media, berupa gambar, grafik, LCD, serta beberapa alat peraga lainnya.
Selanjutnya Media Pembelajaran berasal dari kata medius yang berarti “tengah, perantara, pengantar” sehingga bisa berarti media adalah pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Secara garis besar media adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun agar siswa mampu memperoleh ilmu pengetahuan keterampilan dan sikap. Dalam AECT (Association of Education and Communication Technology) memberikan batasan tentang media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Oleh karena itu, pemakalah selanjutnya menyimpulkan bahwa antara Teknologi pembelajaran dan media pembelajaran adalah berbeda berdasarkan pengertian tersebut di atas.
Pertanyaan kedua apakah semua ilmu pengetahuan diperlukan teknologi, dengan tegas dikatakan bahwa setiap ilmu pengetahuan memerlukan teknologi pembelajaran karena dalam teknologi pembelajaran merupakan sebuah konsep.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda