Teknologi Pembelajaran: Pengertian, Sejarah dan Perbedaan Istilah
Oleh : Firman
Pada
kuliah pada hari sabtu tgl 31 Maret 2018,. Pada saat itu yang bertindak sebagai
pemakalah Rahmiati dengan dosen pemandu Dr. Muhammad Yaumi MA.,M.Hum. yang
membahas materi perkuliahan tentang pengertian, sejarah dan istilah teknologi
pembelajaran. Pemakalah menguraikan materi tersebut secara lugas dan
terstruktur sehingga mudah dipahami, walaupun dalam term-term tertentu membutuhkan
penjelasan kembali. Sesi dialog saya diberi kesempatan untuk mengajukan
pertanyaan, pertanyaan sangat sederhana dan mendasar. Pertanyaannya pertama
tentang perbedaan teknologi pembelajaran dan media pembelajaran. Kedua apakah
mutlak bahwa setiap ilmu pengetahuan memerlukan teknologi pembelajaran dan
teknologi pendidikan.
Pemakalah
menguraikan sesuai dengan yang saya tanyakan pertama diulas kembali teknologi
pembelajaran bahwa secara etimologi, kata teknologi berasal dari bahasa Yunani techne
yang berarti seni, kerajinan dan keterampilan dan logia berarti kata,
studi, atau tumbuh ilmu pengetahuan. Secara terminologis berarti pengetahuan tentang sesuatu. Sedangkan kata
pembelajaran seperti yang dikemukakan oleh Reigeluth,(2009: 6) bahwa
pembelajaran adalah sesuatu yang dilakukan dengan sengaja. Sehingga yang
dimaksud teknologi pembelajaran adalah sebagai suatu kawasan ilmu dan sebagai
studi dan praktik etis. Memang terjadi pandangan di kalangan guru dan termasuk
dosen bahwa teknologi pembelajaran adalah media, berupa gambar, grafik, LCD,
serta beberapa alat peraga lainnya.
Selanjutnya
Media Pembelajaran berasal dari kata medius yang berarti “tengah, perantara,
pengantar” sehingga bisa berarti media adalah pengantar pesan dari pengirim ke
penerima pesan. Secara garis besar media adalah manusia, materi, atau kejadian
yang membangun agar siswa mampu memperoleh ilmu pengetahuan keterampilan dan
sikap. Dalam AECT (Association of Education and Communication Technology)
memberikan batasan tentang media sebagai segala bentuk dan saluran yang
digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Oleh karena itu, pemakalah
selanjutnya menyimpulkan bahwa antara Teknologi pembelajaran dan media
pembelajaran adalah berbeda berdasarkan pengertian tersebut di atas.
Pertanyaan
kedua apakah semua ilmu pengetahuan diperlukan teknologi, dengan tegas dikatakan
bahwa setiap ilmu pengetahuan memerlukan teknologi pembelajaran karena dalam
teknologi pembelajaran merupakan sebuah konsep.

0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda