PERSPEKTIF BELAJAR
Sebelum membahas beberapa perspektif belajar sebagai landasan psikologis dalam pengembangan media dan teknologi pembelajaran,
kiranya perlu memberikan definisi tentang
perspektif dan belajar secara terpisah. Secara umum, perspektif dimaknai
sebagai cara memandang sesuatu (Duffy, McDonald, dan Mizell, 2003). Orang yang
memiliki disiplin ilmu yang berbeda tentu mempunyai pandangan yang berbeda
tentang sesuatu tergantung dari sisi mana dia melihat. Belajar merupakan
kegiatan kompleks yang dapat dijelaskan secara berbeda jika dilihat dari
berbagai perspektif teori yang berbeda. Seseorang mungkin akan setuju dengan
teori belajar tertentu ketika dia berada pada sudut pandang yang sama.
Belajar dapat dijelaskan secara
umum dan khusus berdasarkan
perspektif masing-masing oleh beberapa ilmuan. Pada
bagian ini, belajar didefinisikan secara umum, kemudian dikaji melalui
perspektif yang berbeda-beda berdasarkan teori belajar. Secara umum, belajar dipahami sebagai persisting change in capability resulting
from the learner’s experience and interaction with the world (Driscoll,
2000: 11). Belajar dalam hal ini
dianggap sebagai perubahan kemampuan yang dihasilkan dari pengalaman dan interaksi
dengan dunia. Belajar juga dipandang sebagai pemerolehan
kebiasaan (malaka/habitus) yang dihasilkan dari tindakan yang berulang-ulang
hingga sampai pada bentuk akhir (Ibn Khaldun dalam Yaumi, 2014). Kebiasaan dibentuk secara bertahap dari warna jiwa.
Belajar
juga dipahami sebagai perubahan yang relatif permanen dalam pengetahuan
seseorang berdasarkan pengalaman yang diperolehnya (Mayer dan Clark, 2008). Belajar
adalah perubahan abadi dalam perilaku, atau kapasitas untuk berperilaku dalam
suatu kebiasaan yang dihasilkan dari praktik atau bentuk lain dari pengalaman (Schunk,
2008). Menurut Gagne dkk. (1985: 2) learning is
a change in human disposition or capability that persists over a period of time
and is not simply ascribable to processes of growth. Maksudnya belajar
merupakan perubahan dalam watak atau kemampuan manusia yang
bertahan selama periode waktu dan bukan dipandang sebagai perubahan
dalam proses pertumbuhan fisik.Materi Lengkap UNDUH DI SINI

0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda