BAHAN DISKUSI KLP 5 KELAS C
AUDIO MENYIMAK DAN BELAJAR
1. Menyimpan Audio Digital
Berkas digital disimpan pada perangkat simpan digital
seperti CD, hard drive, computer, flash drive, atau perekam digital yang
dipegang. Berkas digital biasanya disimpan dalam format MP3 atau WAV.
a. Cakram Padat
Teknologi cakram padat (CD) telah menjadi format standar
dalam pendidikan. CD menyimpan musik atau suara-suara lainnya dalam bentuk
bit-bit informasi digital.
b. MP3
MP3 (MPEG Audio Layer 3) merupakan format kompresi audio
yang menjadikan berkas audio yang besar tersedia dengan mengecilkannya menjadi
berkas-berkas lebih kecil yang bisa dengan cepat dan mudah diperoleh di
internet.
c. WAV
Sebuah berkas WAV merupakan versi digital dari audio analog
yang dibuat dengan menggunakan kartu suara computer dan peranti lunak untuk
mengubah dan menyimpan berkas dalam format digital.
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENYIMAK
Hingga belakangan ini, banyak perhatian dalam pendidikan
formal dicurahkan bagi keterampilan membaca dan menulis, dan sedikit sekali
yang dicurahkan bagi keterampilan berbicara, dan jelas sedikit sekali yang
dicurahkan bagi kemampuan menyimak. Sekarang, bagaimanapun juga, para pendidik
mengakui keterampilan menyimak sebagai sebuah kemampuan yang seperti seluruh
kemampuan lainnya, bisa ditingkatkan dengan berlatih. Mendengar merupakan dasar
dari menyimak, oleh karena itu, seharusnya pertama-tama mengetahui bahwa
seluruh siswa bisa mendengar dengan normal. Selanjutnya bisa digunakan sejumlah
teknik untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa, diantaranya:
- Memandu menyimak, untuk membantu proses menyimak, berikan siswa beberapa tujuan atau pertanyaan sebelumnya.
- Memberikan arahan, berikan arahan kepada siswa secara individual atau sebuah kelompok melalui rekaman audio.
- Meminta siswa untuk menyimak gagasan utama, detail atau kesimpulan. Mintalah para siswa untuk menyimak gagasan utama dan kemudian menuliskannya.
- Gunakan konteks dalam menyimak, para siswa lebih belia bisa belajar membedakan makna dalam konteks auditori dengan menyimak kalimat yang kata-katanya hilang dan kemudian melengkapinya dengan kata-kata yang tepat.
- Menganalisis struktur sebuah presentasi, mintalah para siswa untuk menganalisis dan mengatur sebuah presentasi lisan. Itu bisa menentukan seberapa bagus mereka mampu melihat gagasan utama dan mengidentifikasi sub topik.
- Membedakan antara informasi yang relevan dengan yang tidak relevan. Setelah menyimak sebuah presentasi lisan tentang informasi, mintalah siswa untuk mengidentifikasi gagasan utama dan kemudian menilai (dari yang paling hingga yang sama sekali tidak relevan) seluruh gagasan yang disajikan.
Pertanyaan
1. Dalam pembelajaran media penyimpan audio yang tepat yang
mana menurut anda ?
2. Menurut anda bagaimana mengembangkan kemampuan menyimak
siswa ?
60 Komentar:
Kelompok 2
Pretycilia
Erliati
Nur Afiah
Mursyida
Suciarti
Irma Yanti
1. Menurut saya, media yang tepat untuk penyimpanan audio adalah hard drive dan flash drive. Alasan saya memilih hard drive karena hard drive mempunyai kecepatan read maupun write file yang lebih baik dan sangat mudah diakses oleh komputer. Selain itu juga hard drive memiliki kapasitas yang besar sehingga dapat menyimpan data audio yang lebih besar. Serta ketahanannya dalam menyimpan data secara fisik untuk jangka waktu yang cukup lama. Dan flash drive adalah media penyimpanan yang portable sehingga mudah untuk di bawa kemana-mana.
2. Menurut saya, untuk mengembangkan kemampuan menyimak siswa, dapat digunakan tahap-tahap berikut :
- Memahami terlebih dahulu keadaan di kelas
- Memahami minat gaya belajar siswa
- Mengatasi gangguan yang ada di sekitar yang dapat mempengaruhi minat siswa untuk menyimak
- Gunakan perekayasa jika diperlukan untuk menarik perhatian siswa
- Sebelum memulai pembahasan, sampaikan bahwa akan ada kuis di akhir pembahasan. Hal ini akan menstimulasi minat siswa untuk menyimak atau memahami materi yang akan disampaikan.
Saya wa andi dari kelompok 1
Ingin menanggapi jawaban dari kelompok 2 yg jawaban no 2,,bagainama anda mengatasi gangguan yg ada di sekitar yang dapat memengaruhi minat siswa untuk menyimak??? Dan gangguan seperti apa yang anda maksud???
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Terima kasih saudara wa andi. Gangguan yg saya maksud contohnya suara bising diluar kelas karena pintu atau jendela yang terbuka. Oleh karena itu, jendela/pintu harus ditutup dlu sbelum pelajaran di mulai.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Saya dewisartika dari kelompok 1
Untuk saudari prety dijawaban anda nmr 1 media penyimapanan audio yang tepat menurut anda adalah hard drive dan flash drive. Anda juga telah memaparkan kelebihan dari dua media tersebut. Pertanyaan saya tolong anda jelaskan kekurangan dari kedua media tersebut.
Terimakasih
Untuk saudara dewi sartika, kelemahan dari hard drive adalah harganya yg relativ mahal, kemudian mudah rusak jika terkena benturan fisik begitupun dengan flash drive. Sedangkan untuk flash drive sendiri mudah hilang karena ukurannya yang kcil, juga data yang tersimpan di dalamnya rawan untuk rusak
Terimakasih saudari prety atas jawabannya, jika hard drive dan flash mudah rusak lalu mengapa anda memilih media ini untuk penyimpanan audio yang tepat menurut anda. Apa alasan anda?
Terima kasih saudara dewi sartika. Setiap media penyimpanan punya kelebihan ataupun kekurangan. Rusak tidaknya media penyimpanan tersebut tergantung dari orang yang memakainya. Jika orang tersebut mampu menjaga dan menggunakannya dengan baik, saya rasa tidak akan ada masalah. Karena rusaknya pun juga karena terkena benturan fisik. Dan saya sudah menjelaskan diatas mengapa saya memilih penyimpanan media tersebut
KELOMPOK 7
- Komala Dewi
- Mery Andani
- Natasha Novianty
- Nuning Andrianti
- Ruth Rina Uken
Jawaban dari kelompok kami
1. Dari ketiga media yang ada pada materi kami memilih MP3 sebagai media penyimpanan audia yang tepat. Karena menurut kami jika menggunakan MP3 berkas dan file yang berukuran besar bisa diperkecil disamping itu file jadi lebih mudah untuk diperoleh dari internet. Dan media ini juga sangat bagus untuk bertukar informasi melalui internet.
2. Mengembangkan kemampuan menyimak siswa. Dari keenam cara yang ada dalam materi. Kami memilih untuk Meminta Siswa Menyimak Gagasan Utama, Detail atau Kesimpulan. Karena menurut kami ketika seorang siswa tahu gagasan utama dan kesimpulan mereka akan dengan mudah untuk memahami suatu materi. Ketika mereka paham dengan suatu materi ini akan jauh lebih mudah untuk mereka mengingat.
Sekian jawaban dari kelompok kami.
Saya pretycilia dari kelompok 2. Saya tidak mengerti dengan maksud anda memilih mp3 sebagai media penyimpanan. Sedangkan mp3 itu salah satu formatnya. Tolong jelaskan.
Saya erliati dari kelompok 2
Ingin menanggapi jawaban kelompok 7 yg no.2
Apakah menurut klompok anda hanya dgn menyimak dapat mengembangkan kemampuan menyimak seorang siswa,sementara kemampuan menyimak manusia sangat terbatas sekalipun manusia sdh terlatih baik dan sering melaksanakan tugas menyimak,hanya dapat menangkap isi simakan minimal 50%.
Apakah tdk ad cara lain untuk meningkatkan kemampuan tersebut.
Trimakasih
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
NUR AFIAH KELOMPOK 2
Sy ingin bertanya pada kelompok 7
Apa kelebihan dan kekurangan dr MP3
Terimakasih saudai prety atas jawabannya. Saya akan bertanya lagi soal jawaban anda nmr dua di kemampuan menyimak anda mengatakan untuk gunakan perekayasa untuk menarik minat siswa. Mengapa anda memasukan poin ini sedangkan arti dari menyimak adalah mendengarkan bukan melihat? Tolong dijelaskan
Saya dewi sartika dari kelompok 1 akan mencoba menjawan pertanyaan dari erliati. Pertanyan anda apakah hanya dengan menyimak akan meningkatkan kemampuan menyimak. Menurut saya iya. Qt tau dulu apa arti dari menyimak yaitu suatu proses mendengarkan, jadi disini harus seorang guru atau dosen yang terampil untuk mengembangkan keterampilan menyimak siswa. Misalkan memberi instruksi pada siswa seperti selsai menyimak setiap siswa harus memberikan kesimpulan dan akan ada kuis setelah menyimak.
Terimakasih😊
Kelompok 6
Niluh sasmita
Asharia
Lita herawati
Haryati
Nurfaizah
Tisya nur fausiah
1. Menurut kelompok kami. Penyimpanan yang paling tepat untuk audio adalah hard drive dan flash drive karena kedua perangkat ini memiliki penyimpanan dengan kapasitas atau kecepatan tinggi dan termasuk penyimpanan data permanen. Hard drive selalu tersambung kekomputer dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama sedangkan flash drive penggunaannya lebih flaksibel namun ketahanan data pada flash drive sangat singkat.
2. Menurut kelompok kami menikatkan kemampuan menyimak dengan cara :
- mengetahui gaya belajar siswa
- memperbaiki sikap karena pada proses
menyimak memerlukan konsentrasi
- memungkinkan tempat menyimak dalam
keadaan tenang
- sebaiknya apa yg disimak harus
dicatat inti- intinya
- menetapkan tujuan khusus dalam
menyimak
- memaksimalkan waktu yang semaksimal
mungkin dalam menyimak
Saya dewi sartika dari kelompok 1 ingin bertanya dijawaban anda nomor 1, menurut anda hard drive dan flash drive ini memiliki penyimpanan dengan kecepatan tinggi. Saya kurang mengerti dengan penyimpanan dengan kecepatan tinggi, tolong dijelaskan maksd dari pernyataan anda tersebut.
Terimakasih
Terima kasih sadara dewi sartika.
Menurut Drs. Hanapi Natasasmita
Menyimak adalah mendengarkan secara khusus dan terpusat pada objek yang disimak. Jadi maksud saya dsini adalah bagaimana upaya seorang pengajar untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam menyimak di dalam kelas. Agar siswa mampu menyimak dengan baik, seorang pengajar harus mampu menyampaikan materi ajarnya semenarik mungkin agar perhatian siswa tertuju pada objek yang diajarkan. Jadi, Kita bisa menggunakan perekayasa(jika diperlukan) untuk menarik perhatian siswa.
Sya tisya dri kel.6
Sya ingin brtanya kpda pretycilia
Mengapa anda katakan mengembangkan kemampuan menyimak siswa yaitu salah satunya menggunakan perekayasa. Bukankah anda mengatakan menyimak adlh mendengarkan secara khusus dan berpusat pda objek yg disimak sedangkn pengertian dri Perekayasa (manipulative) adalah benda-benda yang bisa dilihat.
Terima kasih Sya tisya akan menjawab prtanyaan dri dewi sartika
Flash drive/flash disk mengapa dia memiliki penyimpanan dengan kecepatan tinggi karena ukurannya yg kecil alat in tdk hanya dpt menyimpan data tetapi sebagai alat untuk mempermudah penginstalan software aplikasi ke dalam komputer dan bahkan alat ini juga bisa digunakan untuk menginstal system operasi komputer secara mudah tanpa harus menggunakan DVD lagi.
Sedangkan hard drive/hardisk dia memiliki penyimpanan dengan kecepatan tinggi karena hard drive menggunakan piringan magnetik untuk menyimpan data yang akan berputar dengan cepat hingga ribuan RPM agar bisa membaca dan menulis data.
saudara tisya, sesungguhnya jawaban dari pertanyaan anda sudah saya jawab dan jelaskan diatas. Seorang siswa mampu/mau menyimak dengan baik ketika objek/materi ajar yang di bawakan seorang pengajar menarik perhatian siswa tersebut. Dan saya sudah mengatakan kalau penggunaan perekayasa itu BISA digunakan JIKA DIPERLUKAN, karena perekayasa (manipulative) itu bisa menarik perhatian/ minat belajar siswa untuk menyimak. Saya ingin bertanya kepada anda. Saat anda mengikuti perkuliahan, apakah anda hanya mendengar penjelasan tanpa melihat dosen yang ada di depan anda? Karena saat inu kita membahas tentang menyimak dalam proses pembelajaran.
Terima kasih Sya tisya akan menjawab prtanyaan dri dewi sartika
Flash drive/flash disk mengapa dia memiliki penyimpanan dengan kecepatan tinggi karena ukurannya yg kecil alat in tdk hanya dpt menyimpan data tetapi sebagai alat untuk mempermudah penginstalan software aplikasi ke dalam komputer dan bahkan alat ini juga bisa digunakan untuk menginstal system operasi komputer secara mudah tanpa harus menggunakan DVD lagi.
Sedangkan hard drive/hardisk dia memiliki penyimpanan dengan kecepatan tinggi karena hard drive menggunakan piringan magnetik untuk menyimpan data yang akan berputar dengan cepat hingga ribuan RPM agar bisa membaca dan menulis data.
Sya tisya dri kel.6
Sya ingin brtanya kpda pretycilia
Mengapa anda katakan mengembangkan kemampuan menyimak siswa yaitu salah satunya menggunakan perekayasa. Bukankah anda mengatakan menyimak adlh mendengarkan secara khusus dan berpusat pda objek yg disimak sedangkn pengertian dri Perekayasa (manipulative) adalah benda-benda yang bisa dilihat.
Mksi jwaban dri pretycilia
Jdi yg anda maksud perekayasa disini adlah dosen?
Saya satrina rendo dari kelompok 5 akan menambahkan jawaban dari dari pertanyaan erliati :
Cara lain untuk meningkatkan kualitas menyimak siswa adalah dengan cara memindahkan siswa yang konsentrasi menyimaknya menurun ke dalam barisan depan dan strategi lainya adalah menggunakan sistem penguatan medan suara atau istilah lain mikrofon nirkabel dan menempatkan spiker kecil di sepanjang ruang kelas, sistem seperti ini telah terbukti membantu siswa yang konsentrasi menyimaknya menurun
Nurfadillah
Kelompok 1
saya akan menjawab pertaxaan no 2
Menurut saya cara mengembangkan kemampuan menyimak siswa yaitu dengan cara mereview kembali materi yang minggu lalu sebelum melanjutkan materi berikutnya..terimah kasih
Terimakasih saudari prety atas jawabannya, seperti yang anda paparkan menurut Drs. Hanapi Natasasmita menyimak adalah mendengarkan secara khusus dan terpusat pada objek yang disimak. Kalau menurut saya objek yang disimak ini maksudnya yang menyampaikan pelajaran atau dari narasumbernya. Misalkan radio atau dosen itu sendiri. Bukan berarti benda2 perekayasa yang seperti anda maksud. Jadi bagaimana pendapat anda?
Saya satrina rendo dari kelompok5 akan menjawab pertanyaan dari nur afiah dengan pertanyaan kelebihan dan kekurangan mp3:
Kelebihannya:
1.teknologi komperesi mp3 mengurangi waktu unggah dan unduh dan jumlah tempat penyimpanan
2.mp3 merupakan standar "terbuka" yang artinya tersedia bagi siapa saja yang mengakses internet
3. Mp3 merupakan format audio yang sering digunakan sebagai output file audio
4. Praktis
5. Hemat energi
Kekurangan:
1. Kapasitas penyimpangan nya kecil
2. Rendah untuk sinyal sinyal suara yang sangat transiet ( sementara)sehingga dapat menyebabkan noise (kebisingan)
3. Resolusi frekuensi terbatas oleh ukuran windows yang panjang kecil
Saudara tisya, menyimak bukan berarti tentang apa yang bisa kita dengar saja tapi kita juga bisa melihatnya. Dan penjelasan saya diatas tidak ada yang mengatakan bahwa dosen adalah perekayasa. Karena ketika dosen menggunakan perekayasa, otomatis mahasiswa akan melihat benda tersebut sambil mendengarkan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh dosen tersebut.
Iya betul saudara dewi sartika, saya kan cuma bilang menggunakan perekayasa jika perlu.
Terimakasih jawabannya saudari prety, anda mengatakan menggunakan perekayasa jika perlu. Berarti dalam kegiatan menyimak menurut anda bisa digunakan perekayasa. Menurut saya Kalau menggunakan perekayasa itu berarti bukanlah kegiatan menyimak. Karena arti dari menyimak ini adalah mendengarkan materi yang disampaikan dari objek yang menyampaikan tanpa menggunakan contoh2 objek lainnya seperti perekayasa atau benda2 lainnya.
Saudara Dewi sartika coba anda nalar dan cermati kalimat saya ini " gunakan perekayasa jika diperlukan untuk menarik perhatian siswa". Kelompok saya punya cara sendiri untuk menarik perhatian siswa agar mampu menyimak dengain baik. Ini kan juga cuma cara/strateginya. Lalu, apa ada teori yang mendukung kalau strategi/cara untuk mengembangkan kemampuan menyimak itu tidak perlu pake perekayasa atau objek lainnya? Silahkan anda tunjukan ke saya.
Disini saya memahami dari arti menyimak ini dimana menurut H. G Tarigan mengatakan bahwa menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang2 lisan dgn pnuh prhatian, pemahaman, menangkap isi atau pesan serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan oleh pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan. Dari semua penjelasan para ahli yang saya baca tidak ada yang mengatakan dalam kegiatan menyimak menggunakan objek perekayasa. Untuk lebih jelasnya nanti dosen sendiri yang jelaskan 😉
Terima kasih saudara pretycilia
Memang anda tdk mengatakan secara langsung tp yg sya tanggap dri prtanyaan anda yaitu "apakah anda hanya mendengar penjelasan tanpa melihat dosen yang ada di depan anda?" Jdi sya pikir mksud anda perekayasa itu adlh dosen.
Yg anda maksud perekayasa dalam menyimak in sprti ap? Bisa anda berikan contoh biar sya lebih paham
Terima kasih saudara pretycilia
Memang anda tdk mengatakan secara langsung tp yg sya tanggap dri prtanyaan anda yaitu "apakah anda hanya mendengar penjelasan tanpa melihat dosen yang ada di depan anda?" Jdi sya pikir mksud anda perekayasa itu adlh dosen.
Yg anda maksud perekayasa dalam menyimak in sprti ap? Bisa anda berikan contoh biar sya lebih paham
Kami minta maaf untuk saudari pretycilia dari kelompok 2. kami salah paham dengan maksud soal. Disini kami akan mencoba menjawab ulang dari soal. Kami memilih flash drive atau yang biasa lebih dikenal dengan flashdisk untuk media pengimpanannya. Alasan kami adalah karena flash drive lebih mudah dibawa kemana" bahkan bisa di kalungkan dileher karena bentuknya yang kecil. Terima kasih sudah mengoreksi jawaban kami dan kami mohon maaf sebelumnya
Untuk saudari erliati dari kelompok 2.
Justru karena kemampuan seseorang rata" cuma bisa menyimak 50% dari materi maka kami menyimpulkan agar pelajar cukup tahu gagasan utama dari materi agar mereka bisa dengan mudah memahami suatu materi, karena jika ingin menghafal semua materi dan bukan pokok utama atau gagasan utama, tentu akan sulit bagi siswa. Terima kasih
Untuk saudari Nurafiah dari kelompok 2.
Kelebihan dari mp3 yaitu mendekati kualitas CD streo.
Untuk kekurangannya bit ratenya terbatas dan karena file sudah terkompresi kualitas file jadi berkurang. Terima kasih.
Saya Hariyati kel.6 setuju dengan jawaban dari tisya dan ingin menambahkan jawaban, pertanyaan dari dewi sartika kel.1 untuk kel.6 jelaskan maksud dari penyimpanan dengan kecepatan tinggi.
hard drive dan flash drive merupakan perangkat penyimpanan dengan kecepatan tinggi artinya Hardisk atau Hard Drive merupakan perangkat keras(Hardware) komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana sebagai media penyimpanan data yang mudah dan cepat serta kapasitas daya tampung Hardisk atau Hard Drive juga terbilang cukup besar. Sedangkan flash disk adalah media penyimpanan yang mudah dan cepat untuk menyimpan data dan memindahkan data dari satu komputer/laptop ke komputer/laptop lainnya, data apa pun itu seperti,foto, audio, video, master aplikasi, dan file-file lainnya asalkan ukurannya tidak melebihi kapasitas penyimpanan flash disk tersebut.
Terimakasih
Saya Hariyati kel.6 setuju dengan jawaban dari tisya dan ingin menambahkan jawaban, pertanyaan dari dewi sartika kel.1 untuk kel.6 jelaskan maksud dari penyimpanan dengan kecepatan tinggi.
hard drive dan flash drive merupakan perangkat penyimpanan dengan kecepatan tinggi artinya Hardisk atau Hard Drive merupakan perangkat keras(Hardware) komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana sebagai media penyimpanan data yang mudah dan cepat serta kapasitas daya tampung Hardisk atau Hard Drive juga terbilang cukup besar. Sedangkan flash disk adalah media penyimpanan yang mudah dan cepat untuk menyimpan data dan memindahkan data dari satu komputer/laptop ke komputer/laptop lainnya, data apa pun itu seperti,foto, audio, video, master aplikasi, dan file-file lainnya asalkan ukurannya tidak melebihi kapasitas penyimpanan flash disk tersebut.
Terimakasih
Kelompok 3
ANDI NURHAZIMA WM
IRMAYANTI
TAMALASARI
NURLINDA
HESTI VIVI
Kami akan mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh kelompok 5..
1. Menurut kelompok kami. Penyimpanan yang paling tepat untuk audio adalah hard drive dan flash drive karena kedua perangkat ini memiliki penyimpanan dengan kapasitas atau kecepatan tinggi dan termasuk penyimpanan data permanen. Hard drive selalu tersambung kekomputer dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama sedangkan flash drive penggunaannya lebih flaksibel namun ketahanan data pada flash drive sangat singkat.
2. Menurut kelompok kami, cara meningkatkan kemampuan menyimak peserta didik dengan cara :
- seorang pengajar harus mengetahui gaya belajar peserta didik yang diajar
- memberikan peserta didik suasana yang tenang karena peserta didik memerlukan tingkat konsentrasi yang tinggi dalam menyimak materi yang dibawakan oleh pengajar
- memberikan variasi - variasi dalam setiap pemberian materi agar peserta didik tidak merasa bosan dikelas
- sebaiknya apa yg disimak harus
dicatat inti- intinya
- memaksimalkan setiap waktu yang
Dapat diberikan dalam menyimak materi.
- Meningkatkan kreatifitas dalam pengelolaan kelas agar peserta didik dapat fokus dengan materi yang akan disampekan
Andi nurhazima wm dari kelompok 3
Dijawaban anda no.2 ada beberapa piin - poin,, diantaranya ada poin "menetapkan tujuan khusus dalam menyimak"..
Dapatkah anda jelaskan apa maksud dari poin tersebut..
Terima kasih
Saya wa andi dari kelompok 1 ingin bertanya kepada kelompok 6 bagaimana cara anda meningkatkan kemampuan menyimak dengan memperbaiki sikap itu??
Sikap seperti apa yg anda maksud??
Saya wa andi dari kelompok 1 ingin bertanya pada kelompok 3
Bagaimana anda sebagai pengajar mengetahui gaya belajar peserta didik???
saya nikyta ulfana sari dari kelompok 1
saya sangat setuju dengan jawaban saudari prety dimana flash drive menjadi salah satu penyimpanan audio terbaik, karna flash drive selain dari segi harganya yang cukup terjangkau, flash drive juga memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda sehingga memudahkan para pengguna untuk memilih flash drive sesuai dengan kebutuhan mereka, untuk masalah menyimpan data tidak diragukan lagi, flash drive adalah media penyimpanan yang berjenis “non-volatile” yang berarti tidak memerlukan power untuk menjaga keberadaan data, mempunyai kemampuan transfer data untuk penulisan mencapai 88 Mbps sedangkan untuk pembacaan mencapai 5 Mbps, kapasitas memorinya dari 128 MB s/d 64 GB, sangat praktis dan ringan dengan ukuran berkisar 96 x 32 mm dan pada bagian belakang bentuknya agak menjurus keluar, digunakan untuk tempat penyimpanan baterai jenis AAA dan LCD (Untuk Fitur MP3, Voice Recording dan FM Tuner) dan terdapat port USB yang disediakan penutupnya yang berbentuk sama dengan body utamanya
nikyta ulfana sari fachry dari kelompok 1
saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari saudari nurhazima (kelompok 3), "menetapkan tujuan khusus dalam menyimak" yang dikatakan kelompok 6 mungkin kemampuan pelajar dalam mengungkapkan topik dari materi yang dibawakan oleh guru / dosennnya, kita sebagai pengajar memang harus menetapkan tujuan khusus kepada para pelajar dalam menyimak wacana atau materi apa yang dosen bawakan, sehingga terjadi feedback dari pelajar yang menandakan bahwa pelajar tersebut benar-benar menyimak apa yang diwakan oleh si pengajar
Nama saya hesty agustina dari kelompok 4,
Saya ingin mencoba menjawab pertanyaan dari saudari wa andi dimana bunyi pertanyaannya adalah bagaimana cara seorang pengajar mengetahui gaya belajar peserta didiknya,
Jadi sebagai seorang pengajar kita dapat menerapkan tehnik dan strategi yang tepat baik dalam peroses pembelajaran maupun pengembangan diri. Disinilah kita bisa melihat, mengamati, memandang dan sejenisnya gaya belajar apa yang mahasiswa kita gunakan apakah dia visual, auditori, maupun kinestetik.. Terimakasih..
Nama saya NASTA dari kelompok 4
Sy ingin bertanya kepada saudari nurhazima, yaitu bagaimana cara atau kiat2 anda dlm memberikan variasi - variasi dalam setiap pemberian materi agar peserta didik tidak merasa bosan dikelas. Sepeerti yang anda paparkan diatas
Saya Hariyati kel.6 ingin bertanya kepada kel.7 tentang jawaban no.2, cara mengembang kemampuan menyimak siswa yaitu meminta siswa menyimak gagasan utama, detail atau kesimpulan. Adapun yang ingin saya tanyakan apa yang harus dilakukan sebagai pengajar jika setelah pembelajaran ternyata terdapat beberapa mahasiswa yang tidak dapat memahami yang diberikan.
Kelompok 4
1. HESTY AGUSTINA
2. NIRMALASARI
3. NASTA
4. ADRAWATI
5. EVA ANITA LESTARI
6. NURAIN
1. Menurut kelompok kami Penyimpanan audio yang paling tepat adalah dengan menggunakan hard drive/perangkat keras, hard drive ini sangat diperlukan oleh komputer mengapa demikian, karena ia bekerja secara sistematis dimana perangkat ini memiliki peran sebagai alat media penyimpanan data yang bersifat permanen dan file yang disimpan tidak akan hilang, selain itu juga kapasitas dari daya tampung hard disk atau hard drive sendiri juga terbilang cukup besar. Dan kita bisa menyimpan audio dengan menggunakan flash drive dimana dapat dengan mudah untuk menyimpan data karna memiliki ukuran yang kecil dan mudah untuk dibawa-bawa..
2. Cara untuk mengembangkan kemampuan menyimak siswa adalah dengan beberapa cara:
a. Menciptakan suasana kelas yang nyaman
b. Membuat mahasiswa fokus pada materi yang dibawakan oleh dosen
c. Dosen mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia maya mahasiswa
d. Membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya pada kehidupan mereka.. Terimakasih..
Saya Hariyati kel.6 ingin menjawab pertanyaan dari Wa Andi kel.1, bagaimana cara anda meningkatkan kemampuan menyimak dengan memperbaiki sikap dan sikap seperti apa yang anda maksud ? Cara meningkatkan kemampuan menyimak dengan memperbaiki sikap yaitu sebagai pengajar sebelum proses menyimak berlangsung harus memberikan arahan kepada siswa agar duduk dengan tenang dan tidak diperbolehkan berbicara saat proses menyimak berlangsung agar tidak ada gangguan, karena menyimak berkaitan dengan mendengar sehingga butuh konsentrasi. Adapun sikap yang kami maksud yaitu siswa harus duduk dengan tenang dan tidak berbicara saat proses menyimak berlangsung.
Saya Hariyati kel.6 ingin bertanya kepada kel.4 tentang jawaban no.2 ada beberapa cara mengembangkan kemampuan menyimak siswa salah satunya yaitu dosen mengaitkan antara materi yang di ajarkan dengan situasi dunia maya mahasiswa. Yang saya ingin tanyakan coba anda jelaskan maksud dari pernyataan tersebut dan berikan contohnya.
Terimakasih
Terimakasih atas pertanyaan anda saudari hariyati, saya hesty agustina
akan coba menjawab namun sebelumnya mohon maaf jawaban kami diatas ada sedikit kesalahan dalam pengetikan yang seharusnya adalah pada poin ke 3 dosen mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata mahasiswa..
Misalnya ketika dosen menjelaskan tentang peran visual dalam instruksi, yang dalam visual ini bisa memainkan banyak peran dalam proses belajar yang salah satunya adalah mengarahkan perhatian,nah kaitannya dengan dunia nyata mahasiswa itu sendiri adalah dosen menggunakan penunjuk visual untuk menarik perhatian dan pemikiran terhadap bagian-bagian relevan dari sebuah visual, dosen bisa memberikan petunjuk berupa warna, kata, anak panah, ikon dan animasi dalam ruangan belajar..
Nama tamalasari
Klp 3
Saya akan menjawab pertanyaan dari saudari Nasta.
Sebelumnya z jelaskan pengertian variasi dulu yaitu keanekaan yg membuat sesuatu keadaan tidak monoton.
Disini dalam keterampilan mengadakan variasi dalam proses belajar mengajar ada tiga aspek:
1. Variasi dalam gaya mengajar contohnya, suara dan perpindahan posisi dosen dalam kelas.
2. Variasi dalam menggunakan media dan bahan pengajaran. Contohnya buku dan vidio.
3. Variasi dalam interaksi antara dosen dengan masisiwa, contohnya peserta didik belajar secara bebas (diskusi).
Terima kasih.
Terimakasih atas pertanyaan anda saudari hariyati, saya hesty agustina
akan coba menjawab namun sebelumnya mohon maaf jawaban kami diatas ada sedikit kesalahan dalam pengetikan yang seharusnya adalah pada poin ke 3 dosen mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata mahasiswa..
Misalnya ketika dosen menjelaskan tentang peran visual dalam instruksi, yang dalam visual ini bisa memainkan banyak peran dalam proses belajar yang salah satunya adalah mengarahkan perhatian,nah kaitannya dengan dunia nyata mahasiswa itu sendiri adalah dosen menggunakan penunjuk visual untuk menarik perhatian dan pemikiran terhadap bagian-bagian relevan dari sebuah visual, dosen bisa memberikan petunjuk berupa warna, kata, anak panah, ikon dan animasi dalam ruangan belajar..
Saya Hariyati kel.6 ingin menjawab pertanyaan Andi Nurhazima WM kel.3, jelaskan maksud dari menetapkan tujuan khusus dalam menyimak.
Salah satu cara meningkatkan kemampuan menyimak yaitu menetapkan tujuan khusus dalam menyimak artinya sebelum kegiatan menyimak berlangsung, sebagai pengajar harus menyampaikan tujuan khusus menyimak dari materi yang akan dibawakan agar siswa bisa mendapat gambaran tentang materi yang akan disampaikan misalnya materi tentang anemia maka tujuan khusus setelah kegiatan menyimak yang harus dipahami yaitu mahasiswa diharapkan mampu memahami pengertian anemia, tingkatan anemia,klasifikasi anemia, penyebab anemia, tanda dan gejala anemia, serta penatalaksanaan anemia.
Sy lita herawati dari klmpk 6 akan menjawab pertanyaan dari wa Andi dari klmpk 1, tentang sikap apa yg di maksud dalam menyimak?
Seperti halnya kita dalam belajar, kita menunjukkan sikap perhatian kita untuk fokus terhadap suara atau pola pembicaraan yg dilanjutkan dengan identifikasi sinyal auditori spesifik (memaknai pembicaraan yg kita terima/yg didengar) dan nanti berakhir dengan pemahaman (mengerti)
Nama : Irmayanti
Nim : 173145301058
kelompok : 3
saya akan mencoba menjawab pertanyaan wa andi untuk mengetehui gaya belajar peserta didik hal itu terletak pada cara atau metode instruktur/ guru menyajikan informasi dan jenis gaya belajar yang melekat pada diri pembelajar. Setiap orang memiliki keunikan gaya belajar atau modalitas belajar tertentu dan memiliki potensi belajar dengan lebih baik melalui cara-cara tertentu yang berbeda-beda pula. Memahami gaya belajar siswa merupakan cara dan teknik terbaik untuk memaksimalkan potensi diri peserta didik dalam proses pembelajaran. Setelah menemukan gaya belajar siswa, maka kita dapat mengetahui dan menentukan metode terbaik untuk membelajarkan peserta didik tersebut.
Saya akan mencoba menjawab untuk saudari Hariati. Jika masih ada siswa yang belum dapat memahami, yang pertama yang harus kita lalukan adalah mencari tipe belajar siswa seperti apa dia, kalau dia visual mungkin kita bisa menjelaskan kembali ditambah dengan gambar agar ia lebih paham, begitu pula dengan tipe pelajar yang kinestetik. Sekian jawaban dari saya.
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda