KONTRAK PERKULIAHAN TP S3
KONTRAK PERKULIAHAN
A. INFORMASI UMUM
Nama Mata Kuliah : Teknologi Pembelajaran
Kode Mata Kuliah : -
Dosen Pembimbing : Prof. Dr. H.
Azhar Arsyad, M.A.
Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum.M.A.
Program/Semester : S3/
I
Hari/Jam Pertemuan :
Tempat Pertemuan :
B. DESKRIPSI
MATA KULIAH
Mata kuliah Teknologi
pembelajaran adalah suatu mata kuliah pada program Doktoral (S3) Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Pendidikan Bahasa Arab, dan Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Alauddin Makassar. Mata Kuliah ini dirancang
untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dalam mengembangkan teknologi dan media pembelajaran dengan
memerhatikan keuntungan relatif (relative advantage), kompatibilitas,
kompleksitas, triabilitas, dan observabilitas yang memungkinkan teknologi berterima
dalam pelaksanaan pembelajaran.
C. TUJUAN MATA KULIAH
Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami
gambaran umum tentang teori dan praktek etis dalam menfasilitasi belajar dan
memperbaiki kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola
proses-proses dan sumber-sumber teknologi yang sesuai dengan pandangan hidup,
kepercayaan, dan keyakinan, serta adat dan istiadat yang berlaku. Secara khusus, mata kuliah ini bertujuan agar
mahasiswa mampu:
- Menjelaskan definisi teknologi pembelajaran, sejarah perkembangan dan kecenderungan pemanfaatan dalam pembelajaran.
- Mendeskripsikan dan menguraikan teori dan kawasan disiplin teknologi pembelajaran.
- Menyeleksi jenis teknologi yang sesuai baik yang diperoleh melalui online maupun yang didapat secara manual untuk diintegrasikan dalam pembelajaran.
- Mengembangkan teknologi cetak, audio, visual, video, dan teknologi interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran.
- Mengintegrasikan teknologi yang sesuai sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien.
- Mengembangkan model teknologi yang dapat menunjang proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam baik yang diarahkan pada sekolah-sekolah agama (madrasah) maupun sekolah-sekolah umum lainnya.
D. EVALUASI
1.
Partisipasi Umum/ Kehadiran 10%
2.
Makalah 30%
3.
Mid-term
30%
4.
Projek Akhir (final Project) 30%.
DESKRIPSI AKTIVITAS PERKULIAHAN
AKTIVITAS
|
DESKRIPSI
|
SKOR
|
Kehadiran
|
Kehadiran dalam setiap kali pertemuan dan kerja
kolaborasi dapat memberi dampak pada membangun kerja sama yang baik yang
saling menguntungkan. Anda diminta untuk memberikan kontribusi konstruktif
terhadap perkem-bangan kemampuan mahasiswa yang lain khususnya pada setiap
kali pertemuan di dalam ruang kelas.
|
10
|
Makalah
|
Makalah
merupakan bentuk rekonstruksi
pengetahuan dengan memadukan fakta, konsep, dan norma yang disusun
berdasarkan teknik dan prinsip-prinsip karya tulis ilmiah. Bahannya diperoleh 40% dari jurnal nasional
dan internasional, 25% dari buku, proceeding, makalah, tesis dan disertasi
atau bahan lain dari Internet, dan 35% mengandung analisis mendalam hasil
pemikiran penulis.
|
30
|
Mid-term
|
Ujian mid-semester diarahkan untuk mengukur kemampuan peserta didik
dengan menggunakan level pertama dan kedua dari empat tingkat evaluasi
Kirkpatrick (reaksi dan pemahaman) makasiswa tentang teori dan praktek
etis dalam menfasilitasi belajar dan memper-baiki kinerja dengan menciptakan,
menggunakan, dan mengelola proses-proses dan sumber-sumber teknologi yang
sesuai.
|
30
|
Projek Akhir
(Final
Project)
|
Menghasilkan produk teknologi pembe-lajaran yang dirancang sesuai karakteristik
peserta didik adalah bagian integral yang dihasilkan dalam perkuliahan ini. Untuk
menghasilkan produk yang tepat guna dan berdaya guna maka digunakan model ASSURE
yang dikembangkan oleh Smaldino dkk dengan modifikasi Benny Pribadi dengan level
tiga dan empat Kirkpatrick (prilaku dan hasil) untuk menilai
produk yang dihasilkan.
|
30
|
E. TOPIK-TOPIK INTI
- Teknologi Pembelajaran: Definisi, sejarah perkembangan dan kawasan teknologi pembelajaran.
- Strategi-strategi Pembelajaran: Memadukan Teknologi dan Media.
- Model-Model Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran untuk menciptakaan pengalaman belajar.
- Pengembangan teknologi cetak
- Pengembangan teknologi visual
- Pengembangan teknologi Audio
- Pengembangan teknologi Video
- Pengembangan teknologi multimedia
- Piranti-piranti lunak untuk mendukung pembelajaran aktif.
- Belajar, Mengajar, dan Jaringan (Web).
- Pengembangan dan Pemanfaatan Sumber Belajar.
- Mengintegrasikan Jaringan Internet dan Pendidikan Jarak Jauh.
- Perspektif Teknologi Pendidikan untuk Pengembangan Pendidikan.
- Isu-isu dan Kecenderungan dalam Teknologi Pembelajaran.
F. DAFTAR PUSTAKA
Anglin, Gary J. Instructional
Technology: Past, Present, and Future. California: Libraries Unlimited.
2011.
Duffy, Judy L, McDonald, Jean B., and Mizell, Al.P. Teaching an Learning with Technology. San Fransisco: Pearson
Education.
Januszewski,
Alan & Molenda, Michael. Educational
Technology: A Definition with Commentary. New York:Taylor & Prancis
Group. 2008.
Kirkpatrick,
Donald L. dan Kirkpatrick, James D. Implementing the Four-Levels: A Practical Guide for Effective
Evaluation of Training Programs. San Francisco, California: Berrett-Koehler
Publishers, Inc. 2007.
Miarso,
Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi
Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2013.
Newby dkk. Instructional Technology for Teaching and Learning. New
JerseyPrentice-Hall, Inc. 2000.
Prawiradilaga, Dewi Salma. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta:
Kencana Prenada media Group. 2012.
Pribadi A., Benny. Model ASSURE. Jakarta: Dian Rakyat. 2012
Romano, Frank J. Print Media Distribution in A Digital Age. New York:
Printing Industry Center. 2002
Reiser, Robert A. Dan Dempsey. Trends and Issues in Instructional Design
and Technology. New York: Pearson. 2012.
Roblyer, Margaret D and Doering,
Aaron H. Integrating Educational
Technology into Teaching. Boston: Pearson. 2010.
Buku-Buku
Buku-Buku








1 Komentar:
Kalau bisa, saya membahas topik yang kedua, "Strategi-strategi Pembelajaran: Memadukan Teknologi dan Media". Terima kasih
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda