Jumat, 22 September 2017

KONTRAK PERKULIAHAN TP S3

KONTRAK PERKULIAHAN

A.   INFORMASI UMUM

Nama Mata Kuliah                       : Teknologi Pembelajaran
Kode Mata Kuliah                        :  -
Dosen Pembimbing                     :  Prof. Dr. H. Azhar Arsyad, M.A.
                                                        Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum.M.A.                                     
Program/Semester                      : S3/ I
Hari/Jam Pertemuan                   :
Tempat Pertemuan                      :

B.   DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah Teknologi pembelajaran adalah suatu mata kuliah pada program Doktoral (S3) Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, dan Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Alauddin Makassar. Mata Kuliah ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dalam mengembangkan teknologi dan media pembelajaran dengan memerhatikan keuntungan relatif (relative advantage), kompatibilitas, kompleksitas, triabilitas, dan observabilitas yang memungkinkan teknologi berterima dalam pelaksanaan pembelajaran.    

C.   TUJUAN MATA KULIAH

Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami gambaran umum tentang teori dan praktek etis dalam menfasilitasi belajar dan memperbaiki kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses-proses dan sumber-sumber teknologi yang sesuai dengan pandangan hidup, kepercayaan, dan keyakinan, serta adat dan istiadat yang berlaku.  Secara khusus, mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu:   

  1. Menjelaskan definisi teknologi pembelajaran, sejarah perkembangan dan kecenderungan pemanfaatan dalam pembelajaran.
  2. Mendeskripsikan dan menguraikan teori dan kawasan disiplin teknologi pembelajaran.  
  3. Menyeleksi jenis teknologi yang sesuai baik yang diperoleh melalui online maupun yang didapat secara manual untuk diintegrasikan dalam pembelajaran. 
  4. Mengembangkan teknologi cetak, audio, visual, video, dan teknologi interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran.
  5. Mengintegrasikan teknologi yang sesuai sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien.
  6. Mengembangkan model teknologi yang dapat menunjang proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam baik yang diarahkan pada sekolah-sekolah agama (madrasah) maupun sekolah-sekolah umum lainnya.

D.   EVALUASI

1.    Partisipasi Umum/ Kehadiran             10%   
2.    Makalah                                             30%
3.    Mid-term                                            30%
4.    Projek Akhir (final Project)                 30%.


DESKRIPSI AKTIVITAS PERKULIAHAN

AKTIVITAS

DESKRIPSI
SKOR



Kehadiran
Kehadiran dalam setiap kali pertemuan dan kerja kolaborasi dapat memberi dampak pada membangun kerja sama yang baik yang saling menguntungkan. Anda diminta untuk memberikan kontribusi konstruktif terhadap perkem-bangan kemampuan mahasiswa yang lain khususnya pada setiap kali pertemuan di dalam ruang kelas.




10




Makalah
Makalah merupakan bentuk rekonstruksi pengetahuan dengan memadukan fakta, konsep, dan norma yang disusun berdasarkan teknik dan prinsip-prinsip karya tulis ilmiah.  Bahannya diperoleh 40% dari jurnal nasional dan internasional, 25% dari buku, proceeding, makalah, tesis dan disertasi atau bahan lain dari Internet, dan 35% mengandung analisis mendalam hasil pemikiran penulis. 




30





Mid-term
Ujian mid-semester diarahkan  untuk mengukur kemampuan peserta didik dengan menggunakan level pertama dan kedua dari empat tingkat evaluasi Kirkpatrick (reaksi dan pemahaman) makasiswa tentang teori dan praktek etis dalam menfasilitasi belajar dan memper-baiki kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses-proses dan sumber-sumber teknologi yang sesuai.  





30



Projek Akhir
(Final Project)
Menghasilkan produk teknologi  pembe-lajaran yang dirancang sesuai karakteristik peserta didik adalah bagian integral yang dihasilkan dalam perkuliahan ini. Untuk menghasilkan produk yang tepat guna dan berdaya guna maka digunakan model ASSURE yang dikembangkan oleh Smaldino dkk dengan modifikasi Benny Pribadi dengan level tiga dan empat Kirkpatrick (prilaku dan hasil) untuk menilai produk yang dihasilkan.





30


 
  
E.  TOPIK-TOPIK INTI


  1. Teknologi Pembelajaran: Definisi, sejarah perkembangan dan kawasan teknologi pembelajaran
  2. Strategi-strategi Pembelajaran: Memadukan Teknologi dan Media.   
  3. Model-Model Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran untuk menciptakaan pengalaman belajar. 
  4. Pengembangan teknologi cetak
  5. Pengembangan teknologi visual  
  6. Pengembangan teknologi Audio 
  7. Pengembangan teknologi Video  
  8. Pengembangan teknologi multimedia   
  9. Piranti-piranti lunak untuk mendukung pembelajaran aktif.
  10.  Belajar, Mengajar, dan Jaringan (Web).
  11. Pengembangan dan Pemanfaatan Sumber Belajar.  
  12. Mengintegrasikan Jaringan Internet dan Pendidikan Jarak Jauh. 
  13. Perspektif Teknologi Pendidikan untuk Pengembangan Pendidikan.   
  14. Isu-isu dan Kecenderungan dalam Teknologi Pembelajaran.  

F. DAFTAR PUSTAKA

Anglin, Gary J. Instructional Technology: Past, Present, and Future. California: Libraries Unlimited. 2011.

Duffy, Judy L, McDonald, Jean B., and Mizell, Al.P. Teaching an Learning with Technology. San Fransisco: Pearson Education.

Januszewski, Alan & Molenda, Michael. Educational Technology: A Definition with Commentary. New York:Taylor & Prancis Group. 2008.

Kirkpatrick, Donald L. dan Kirkpatrick, James D. Implementing the Four-Levels: A Practical Guide for Effective Evaluation of Training Programs. San Francisco, California: Berrett-Koehler Publishers, Inc. 2007.

Miarso, Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2013.

Newby dkk. Instructional Technology for Teaching and Learning. New JerseyPrentice-Hall, Inc. 2000.

Prawiradilaga, Dewi Salma. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada media Group. 2012.

Pribadi A., Benny. Model ASSURE. Jakarta: Dian Rakyat. 2012

Romano, Frank J. Print Media Distribution in A Digital Age.  New York:  Printing Industry Center. 2002

Reiser, Robert A. Dan Dempsey. Trends and Issues in Instructional Design and Technology. New York: Pearson. 2012.


Roblyer, Margaret D and Doering, Aaron H. Integrating Educational Technology into Teaching. Boston: Pearson. 2010.




Buku-Buku




















































1 Komentar:

Pada 17 Oktober 2017 pukul 19.53 , Blogger Qadri Burga mengatakan...

Kalau bisa, saya membahas topik yang kedua, "Strategi-strategi Pembelajaran: Memadukan Teknologi dan Media". Terima kasih

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda