Pengembangan Bahan Ajar
ABSTRAK
Penelitian ini tentang
pengembangan bahan ajar English for Specific Purpose (ESP) berbasis teknologi
komunikasi dan informasi (TIK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
jenis bahan ajar bahasa Inggris yang digunakan dalam pembelajaran di UIN,
mengembangkan bahan ajar ESP yang mengintegrasikan TIK, dan mengkaji
efektivitas pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar ESP berbasis
TIK yang dikembangkan.
Jenis
penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) karena
meliputi kegiatan penelitian dan pengembangan bahan ajar berbasis teknologi
informasi dan informasi (TIK). Penelitian dan
pengembangan (research and development) adalah a process used to develop and validate educational products atau suatu proses untuk mengembangkan dan menvalidasi produk pendidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) observasi; (2) wawancara; (3) studi dokumen; (4) angket; dan
(5) portofolio.
Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan dua
pendekatan, yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif atau mixed method. Analisis kualitatif digunakan untuk
mengembangkan bahan ajar dan analisis kuantitatif untuk melihat efektivitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran English for Specific
Purpose yang menggunakan kelas konvensional dengan bahan ajar visual dalam
bentuk materi cetak kurang efektif, dan bahkan dapat dikatakan tidak berfungsi
sebagaimana mestinya. Kondisi ini bukan hanya membuat mahasiswa pasif karena
terlalu berorientasi lecturer-center,
melainkan juga tidak mendesain bahan ajar sesuai dengan kebutuhan mahasiswa,
(2) penggunaan bahan ajar English for Specific Purpose dengan berbasis
teknologi informasi dan komunikasi dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa
untuk berpikir kritis sesuai dengan konsep low order and high order thinking
karena mengakomodasi berkembangnya daya pengetahuan, pemahaman, penerapan,
analisis, sintesis, evaluasi, dan daya kreativits mahasiswa, (3) penggunaan
bahan ajar English for Specific Purpose dengan berbasis teknologi informasi dan
komunikasi lebih efektif dibanding dengan penggunaan metode konvensional, baik
dilihat dari proses maupun hasil pembelajaran. Hasil unjuk kerja melalui
portofolio menunjukkan tingkat yang berbeda secara signifikan antara kelompok
eksperiment dan kelompok control, (4) dalam pembelajaran yang menggunakan bahan
ajar berbasis TIK tampak lebih aktif,
kreatif dan merasa senang dalam proses pembelajarannya serta dapat meningkatkan
minat, gairah belajar, rasa ingin tahu, dan memungkinkan mahasiswa untuk
menemukan sendiri berbagai sumber belajar secara online. Kondisi semacam ini
tidak didapatkan dalam pembelajaran dengan menggunakan media dan metode
konvensional.

0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda