Kamis, 23 Mei 2019

Pengembangan Bahan Ajar



ABSTRAK

Penelitian ini tentang pengembangan bahan ajar English for Specific Purpose (ESP) berbasis teknologi komunikasi dan informasi (TIK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis bahan ajar bahasa Inggris yang digunakan dalam pembelajaran di UIN, mengembangkan bahan ajar ESP yang mengintegrasikan TIK, dan mengkaji efektivitas pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar ESP berbasis TIK yang dikembangkan.
            Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) karena meliputi kegiatan penelitian dan pengembangan bahan ajar berbasis teknologi informasi dan informasi (TIK).  Penelitian dan pengembangan (research and development) adalah a process used to develop and validate educational products atau suatu proses untuk mengembangkan dan menvalidasi produk pendidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) observasi; (2) wawancara; (3) studi dokumen; (4) angket; dan (5) portofolio. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif  atau mixed method.  Analisis kualitatif digunakan untuk mengembangkan bahan ajar dan analisis kuantitatif  untuk melihat efektivitas.
            Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)  pelaksanaan pembelajaran English for Specific Purpose yang menggunakan kelas konvensional dengan bahan ajar visual dalam bentuk materi cetak kurang efektif, dan bahkan dapat dikatakan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kondisi ini bukan hanya membuat mahasiswa pasif karena terlalu berorientasi lecturer-center, melainkan juga tidak mendesain bahan ajar sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, (2) penggunaan bahan ajar English for Specific Purpose dengan berbasis teknologi informasi dan komunikasi dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk berpikir kritis sesuai dengan konsep low order and high order thinking karena mengakomodasi berkembangnya daya pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, evaluasi, dan daya kreativits mahasiswa, (3) penggunaan bahan ajar English for Specific Purpose dengan berbasis teknologi informasi dan komunikasi lebih efektif dibanding dengan penggunaan metode konvensional, baik dilihat dari proses maupun hasil pembelajaran. Hasil unjuk kerja melalui portofolio menunjukkan tingkat yang berbeda secara signifikan antara kelompok eksperiment dan kelompok control, (4) dalam pembelajaran yang menggunakan bahan ajar berbasis TIK  tampak lebih aktif, kreatif dan merasa senang dalam proses pembelajarannya serta dapat meningkatkan minat, gairah belajar, rasa ingin tahu, dan memungkinkan mahasiswa untuk menemukan sendiri berbagai sumber belajar secara online. Kondisi semacam ini tidak didapatkan dalam pembelajaran dengan menggunakan media dan metode konvensional. 




0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda