Sabtu, 05 Mei 2018

PERSPEKTIF BELAJAR DAN STRATEGI PEMBELAJARAN



Oleh: Wahidah Abdullah

            Pembahasan mengenai perspektif  belajar dan strategi pembelajaran pada diskusi kelas kali ini sangatlah menarik. Hal tersebut dibahas secara detail  oleh teman-teman sekelas. Pembahasan ini diawali dari pertanyaan dari saudara Firman yang menanyakan pola perspektif belajar Konstruktivisme yang cenderung mengatakan bahwa belajar adalah proses pengalaman yang terjadi secara terus menerus. Hal ini didasari bahwa pengalaman itu hanya dapat diperoleh pada lingkungan non formal, sehingga muncul pertanyaan akan wilayah belajar pada perspektif ini, apakah bisa juga dilakukan di wilayah formal?.
            Sebagai presenter pada pembahasan kali ini, saya mencoba memberikan argumentasi seputar tentang hal tersebut. Saya mengatakan bahwa dari hasil bacaan tentang perspektif belajar konstruktivisme benar pandangannya sangat memprioritaskan pada pengalaman yang dialamai oleh pserta didik. Namun, pengalaman itu tidak hanya diperoleh dari lingkungan non formil atau dari lingkungan sekitar, akan tetapi dari proses pembelajaran  terdapat banyak pengalaman yang didapatkan oleh peserta didik. Pengalaman tersebut tentu sangat ditentukan oleh pengetahuan awal yang peserta didik telah miliki.
            Selanjutnya pertanyaan dari saudari Muliani tentang perbedaaan strategi dan metode pembelajaran serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penentuan strategi pembelajaran. Menurut saya sesuai pada hasil bacaan dari buku DR. Yaumi bahwa Metode merupakan bagian dari strategi, karena strategi itu sendiri dibagi atas dua yaitu strategi makro dan strategi mikro, dan metode masuk dalam ketegori strategi mikro. Dosen pemamdu dalam hal ini DR. Yaumi memperkuat hal tersebut dengan memperlihatkan sumber yang dijadikan kutipan atas pendapat tersebut. Sedangkan hal yang perlu diperhatikan dalam penentuan strategi pembelajaran tentu harus melihat semua komponen dalam proses pembelajaran.





0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda