STRATEGI PEMBELAJARAN
Secara umum, strategi dipahami sebagai cara melakukan
sesuatu. Strategi pembelajaran merupakan cara melibatkan peserta didik dalam
kegiatan pembelajaran. Dengan kata lain, strategi pembelajaran adalah prosedur
yang dipilih untuk membantu peserta didik mencapai tujuan atau
menginternalisasi konten (Smaldino, Lowther, dan Russell, 2014: 23). Strategi
pembelajaran berkaitan dengan media dan teknologi bahkan dipandang menjadi
bagian yang integral dalam penerapan strategi pembelajaran.
Dick, Carey, dan Carey (2009:165—166) membedakan antara
strategi pembelajaran mikro dan makro. Strategi pembelajaran mikro adalah
berbagai aktivitas belajar dan mengajar seperti diskusi kelompok, membaca
mandiri, studi kasus, ceramah, simulasi komputer, worksheet, projek kelompok kooperatif, dan sebagainya. Sebaliknya, strategi
pembelajaran makro mencakup kegiatan belajar dan mengajar mulai dari
tahap awal memberi motivasi kepada peserta didik sampai pada penguasaan
topik-topik yang mengantarkan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.
Strategi pembelajaran mikro itulah yang oleh (AT & T dalam Suparman, 2012)
menyebutnya sebagai metode pembelajaran. Sedangkan strategi pembelajaran makro segala
sesuatu untuk menciptakan belajar yang mencakup mendefinisikan tujuan, menulis
rencana pelajaran dan tes, memotivasi belajar, menyampaikan konten, melibatkan
peserta didik sebagai partisipan aktif dalam proses pembelajaran, mengelola,
dan memberi skor untuk mengukur pencapaian hasil belajar (Dick, Carey, dan
Carey, 2009:165).
Pada bagian ini, strategi pembelajaran yang menjadi fokus
pembahasan adalah strategi mikro yang biasa disebut sebagai metode
pembelajaran. Suparman (2012: 252) memandang bahwa metode instruksional adalah cara dalam menyajikan (menguraikan, memberi
contoh, dan memberi latihan) isi atau materi instruksional kepada peserta didik
untuk mencapai tujuan tertentu. Metode pembelajaran adalah prosedur dan
tindakan yang digunakan untuk membantu peserta didik mencapai tujuan
pembelajaran (Newby dkk., 2011: 102). Penulis menggunakan istilah strategi
pembelajaran dengan maksud untuk memberi penekanan pada prosedur-prosedur yang
dapat dilakukan untuk memadukan dengan penggunaan media dan teknologi
pembelajaran. Dengan kata lain, bagaimana strategi-strategi yang yang diuraikan
di sini dapat didukung oleh media dan teknologi yang dikembangkan dalam buku
ini.
Materi Lengkap DIUNDUH DI SINI

0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda