BAHAN DISKUSI KLP 1 PGMI 3/4
MEDIA
DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Kata media
berasal dari bahasa Latin meduis yang berarti ‘tengah, perantara atau
pengantar’Dalam proses pembelajaran kehadiran media mempunyai arti yang cukup
penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidak jelasan bahan yang disampaikan
dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara.
Tiga
ciri media, antara lain:Ciri Fiksatif (Fixative Property), Ciri
Manipulatif (Manipulative Property), dan Ciri
Distributif (Distributive Property).
Fungsi
media pembelajaran, antar lain:Fungsi Atensi,Fungsi Afektif, Fungsi
Kognitif,Fungsi Kompensatoris. manfaat media pembelajaran, antara
lain: penyampaian pelajaran menjadi lebih baku, pembelajaran
bisa lebih menarik, pembelajaran menjadi lebih interaktif, waktu
pembelajaran dapat dipersingkat, kualitas hasil belajar dapat
ditingkatkan, pembelajaran dapat diberikan kapan dan dimana diinginkan, sikap
positif siswa dapat ditingkatkan, dan dapat
mengurangi beban guru.
Media
pembelajaran dikelompokkan ke dalam empat kelompok, yaitu: Teknologi
cetak–visual, Teknologi audio, Teknologi berbasis computer, Teknologi gabungan.
Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat
dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang
menimbulkan, menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar,
sehingga diharapkkan tujuan dapat tercapai. Motivasi sangat diperlukan di dalam
kegiatan belajar, tidak akan mungkin melakukan aktifitas belajar.
Teknologi
pembelajaran adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan,
pengelolaan, serta evaluasi tentang proses dan sumber untuk belajar dan
pemecahan masalah manusia dalam proses belajar.
Hubungan
antara media dengan teknologi pembelajaran sangat erat karenakan di dalam
menerapkan teknologi pembelajaran kita harus menggunakan media agar guru dapat
menyampaikan pesan dalam bentuk materi dengan mudah dan siswa dapat menerimanya
dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.
PERTANYAAN
- Berikan rumusan saudara mengenai teknologi pendidikan, menurut anda aspek mana yang anda utamakan,aspek Hardware atau softwarenya ?
- Jelaskan keterkaitan antara sumber belajar dengan teknologi pendidikan/ pembelajaran?

42 Komentar:
Assalamu'alaikum.
Saya perwakilan dari kelompok 3 atas nama NURANIATUN.
1.Teknologi pendidikan adalah studi dan praktek yang menfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai.
Yang lebih utama antara hardware dan software menurut kami hardware dan software itu sama-sama di utamakan karena kenapa hardware adalah perangkat keras dalam komputer yang nampak secara fisik sedangkan software adalah pogram atau aplikasi yang tidak terlihat atau tidak nampak secara fisik tetapi sama-sama memiliki fungsi dan pengoperasian dalam komputer dan saling membutuhkan.
2.Kaitan antara sumber belajar dan Teknologi pendidikan adalah kita dapat mengetahui bahwa sumber belajar yang pertama dan utama di sekolah adalah guru atau pendidik dan di bantu oleh sumber belajar lainya dalam menyajikan materi baik berupa media cetak,media video,media audio dll.oleh kerna itu media dan teknologi pendidikan/pembelajaran sangat di perlukan sebagai Alat bantu dalam proses pembelajaran.
Mana komentar yang lain. Tolong informasikan kepada seluruh mahasiswa agar segera kirim postingannya
maaf ini Pak Dr. Yaumi tetapi menggunakan ID anaknya
Terima kasih ada jawaban dari kelompok 3
Apa alasan anda mengatakan bahwa hardwere lebih utama dari pada softwere??Apa keunggulan utama hardwere dibandingkan dengan softwere??
Ia. Baik terima kasih kembali untuk klmpok 1 atas sanggahanya.
Kalau di baca lebih teliti kami (saya perwaklilan kelompok) tidak nengatakan bahwa hardware itu lebih di utamakan akan tetapi hardware dan software sama2 di utamakan karena kenapa tanpa hardware software tidak bisa di gunakan dan begitu juga sebaliknya.
Ia. Baik terima kasih kembali untuk klmpok 1 atas sanggahanya.
Kalau di baca lebih teliti kami (saya perwaklilan kelompok) tidak nengatakan bahwa hardware itu lebih di utamakan akan tetapi hardware dan software sama2 di utamakan karena kenapa tanpa hardware software tidak bisa di gunakan dan begitu juga sebaliknya.
Assalamualaykum warohmatullaahi wabarokaatuh, saya sutrisnayanti perwakilan dari kelompok 2.
1. software ataupun hardware keduanya memiliki peranan yang sama tidak terpisahkan karena keduanya memiliki keterkaitan satu sama lain sebagai penunjang. jadi tidak ada istilah mana yang lebih penting, karna menurut saya, keduanya sama-sama mempunyai peranan penting dalam penggunaannya.
2.seiring dengan perkembangannya, penggunaan teknologi semakin hari semakin baik pula, dengan penggunaan teknologi seperti media elektronik berupa LCD, Laptop dll, guru dapat dengan mudah menjelaskan bahan ajarnya dgn bantuan media tersebut.
Assalamualaykum warohmatullaahi wabarokaatuh, saya sutrisnayanti perwakilan dari kelompok 2.
1. software ataupun hardware keduanya memiliki peranan yang sama tidak terpisahkan karena keduanya memiliki keterkaitan satu sama lain sebagai penunjang. jadi tidak ada istilah mana yang lebih penting, karna menurut saya, keduanya sama-sama mempunyai peranan penting dalam penggunaannya.
2.seiring dengan perkembangannya, penggunaan teknologi semakin hari semakin baik pula, dengan penggunaan teknologi seperti media elektronik berupa LCD, Laptop dll, guru dapat dengan mudah menjelaskan bahan ajarnya dgn bantuan media tersebut.
Terima kasih atas jawaban dari saudari nuraniatun.Jadi hardwere dan softwere sama-sama diutamakan.Tapi apakah hardwere bisa digunakan tanpa softwere atau sebaliknya?
maaf sebelumnya:D
Hardware dan software memiliki keunggulan masing2 yg saling keterkaitan, hardware adalah perangkat keras yg bisa di sentuh dan dilihat secara fisik seperti printer. Sedangkan software adalah perangkat lunak berupa data-data yg bs dikatakan tdk bs di sentuh secara fisik; penggunaannya bs dibantu dgn keberadaan aplikasi seperti microsoft office. Jadi, software tidak akan berguna tanpa adanya hardware begitupun sebaliknya. Makasih
Ia. Terima kasih untuk yg kesekian kalinya.
Saya sependapat dengan saudari sustrisnayanti. Tapi kalau masalah pertanyaan balik dari saudari kurniati apakah hardware bisa digunakan tanpa software? Saya tetap pada argumen saya yg tadi bahwasanya hardware tanpa software tidak bisa di gunakan atau di operasikan secara sempurna. Karena keduanya saling keterkaitan.
Assalamualaikum wr. Wb. Saya atas nama FITRI perwakilan dari kelompok 4.
1.rumusan teknologi pendidikan, sebagaimana yang kita ketahui teknologi sudah lama menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari sehingga adanya teknologi pendidikan guru-guru dan siswa lebih mudah mengakses pelajaran dan menggunakan media elektronik seperti komputer.
2.menurut saya masing-masing kedua aspek tersebut memiliki keutamaan dan keterkaitan yang dimana kita ketahui hardware merupakan perangkat keras pada komputer seperti printer sedangkang software adalah perangkat lunak yaitu data-data yang ada pada sebuah komputer hardware tanpa ada software maka komputer adalah sebuah mesin yang tidak berguna karena software tercipta untuk mengisi fungsionalitas pada komputer tersebut.
3. Keterkaitan sumber belajar dan teknologi pendidikan. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Jika dilihat pada saat sekarang ini perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang. Namun disisi lain juga memiliki dampak negatif bagi sistem pendidikan di Indonesia.
Teknologi pendidikan adalah satu bidang/disiplin dalam memfasilitasi belajar manusia melalui identifikasi, pengembangan, pengeorgnasiasian dan pemanfaatan secara sistematis seluruh sumber belajar dan melalui pengelolaan proses kesemuanya itu.
Terima kasih atas jawaban saudari Fitri perwakilan dari kelompok 4,.Bisa kah anda sebutkan apa2 saja dampak negatif dari teknologi bagi manusia itu sendiri??
Terima kasih atas jawabannya yg telah diberikan kepada kelompok kami.Bisakah anda menyebutkan apa saja peranan hardwere dan saftwere dalam penggunaannya?
Terima kasih kembali saudari Nuraniatun ..maaf sebelumnya kenapa pertanyaan kami dilempar kembali kepada kelompok kami..
Baiklah kami akan mencoba menjawabnya menurut kami software dan hardwere akan bekerja bersama-sama dalam sistem komputer dan memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya.Jika hardware tanpa software ,maka suatu oprasi komputer tidak bisa dijalankan.Begitu juga sebaliknya. Terima kasih
Iya baik saudara kurniati menurut saya Salah satu dampak negatif dari teknologi yaitu dapat menyebabkan anak untuk berpikir pendek dan malas, karena tidak perlu lagi mempelajari hal-hal yang dirasa sulit, karena sudah menganggap apapun masalahnya tanya sama mbah google 😆
Saya ingin bertanya kepada klp 1 terkait isi materinya yaitu ada 3 ciri-ciri media dan di situ hanya di sebutkan, tolong anda jelaskan secara detail ketiga ciri-ciri media tersebut
Baru 4 klp yg posting. Mana kelompok lain? Muh. Yaumi
Ia.sama2.
Kayaknya harus di baca baik2 ya pernyataan saya di atas. Saya tidak bertanya balik ke kelompok 1 tetapi saya menjawab pertanyaan yang kelompok 1 sanggah tadi.
Kayaknya kelompok 1 gagal fokus. Hehehe
Ia.sama2.
Kayaknya harus di baca baik2 ya pernyataan saya di atas. Saya tidak bertanya balik ke kelompok 1 tetapi saya menjawab pertanyaan yang kelompok 1 sanggah tadi.
Kayaknya kelompok 1 gagal fokus. Hehehe
Maaf kalau jawaban kami kurang memuaskan atau kami kurang fokus :*)
1.Ciri Fiksafit : yaitu menggambarkan kemampuan merekam,menyimpulkan,melestarikan dan mengkontruksi suatu peristiwa atau objek.Cara ini amat penting bagi guru karena kejadian2 atau objek yang telah direkam atau disimpan dengan format media yang ada dapat digunakan setiap saat.Media yang dikembangkan seperti audio tape,film,photography,maka media ini memungkinkan suatu rekaman kejadian yang terjadi pada satu waktu tertentu ditransportasikan tanpa mengenal waktu.
2.Ciri Manipulatif :Suatu kejadian yang merekam waktu berhari-hari dapat disajikan kepada peserta didik dalam waktu 2 atau 3 menit dengan teknik pengambilan gambar .
3 Ciri Distributif :media pembelajaran memungkinkan objek objek atau kejadian ditransportasikan melalui ruang dan secara bersamaan disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian ini.Sekali informasi direkam dalam format media apa saja, ia dapat direproduksi beberapa kali pun dan siap digunakan secara bersamaan diberbagai tempat atau digunakan secara berulang-ulang disuatu tempat konsistensi informasi yang telah direkam akan terjamin sama atau hampir sama dengan aslinya.
itulah jawaban dari kelompok kami.
Baik terimakasih atas jawaban dari klp 1 saya kira itu sudah jelas 😊
Makasih saudari Fitri :*)
Assalamu alaikum.Perkenalkan nama saya Muliati perwakilan kelompok 2.
1.Teknologi penidikan itu memiliki peranan penting yaitu sebagai alat bantu untuk mempermudah kegiatan dalam proses belajar mengajar.
dan untuk aspek hardware dan software saya tidak memilih yang mana paling utama karena aspek ini saling berkaitan dan saling membutuhkan satu sama lain.hardware tanpa software komputer tidak bisa digunakan atau tidak bisa dijalakan semaksimal mungkin.
2.Kaitan antara sumber belajar dan Teknologi pendidikan adalah sebagaimana kita ketahui.Guru yang berperan dalam sumber belajar bagi peserta didik Dan di bantu dengan sumber belajar lainnya seperti buku dan media.jadi Guru harus memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk mempermudah pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peerta didik.
saya ingin bertanya kepada kelompok 1 mengenai isi materi manfaat media pembelajaran antara lain waktu pembelajaran dapat dipersingkat.pertanyaannya apakah peserta didik mampu meyerap atau memahami penjelasan yang diberikan kepada gurunya dengan waktu yang singkat?berikan pendapatnya.
Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh
Saya atas nama Usman Syukur Bainsyah perwakilan kelompok 5.
1). Tekhnologi pendidikan yaitu pengetahuan atau studi dalam pendidikan yang menekankan pada peningkatan efesiensi belajar dengan pendekatan sistem yang menggunakan metode dan tekhnik yang sesuai dengan tujuan yang ingin di capai.
Menurut kelompok kami keduanya yaitu software dan hardware sama-sama penting karena keduanya saling berkaitan.software tanpa hardware seperti angan-angan yang tak pernah terrealisasi. Sehingga untuk menentukan mana yang lebih penting maka tergantung user( pengguna) .
2). Hubungan antara sumber belajar dan tekhnologi pembeljaran yaitu kedua hal ini saling melengkapi atau saling berkolaborasi untuk menunjang keberhasilan pembeljaran karena apabila sumber belajar saja yang digunakan tanpa tekhnologi maka peserta didik maupun pendidik pasti akan menglami rasa bosan ataupun merasa kesulitan sehingga dengan adanya tekhnologi ini maka akan membantu peserta didik maupun pendidik untuk dapat melakukan pembeljaran itu secara baik, menyenangkan dan efesin.
assalamuaikum saya safira dari kelompok 4
1.yaitu teori dan praktek tentang prancangan,pengembangan,penggunaan,pengelolaan dari suatu proses dan sumber untuk belajar sedangkan mana yang lebih penting software atau hardware tergantung dari pendidik
2. sumber belajar sudah sering di perbincangkan terutama di lingkungan masyarakat kependidikan.apabila settingnya sekolah berbicara mengenai sumber belajar maka yang terlintas di dalam pemikiran dalah guru ,apabila sedikit lebih lama maka yang terlintas adalah buku baik yang menjadi pegangan guru maupun siswa sedangkan teknologi pembelajaran adalah studi dan etika praktek untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja
Assalamu'alaykum warohmatullaah.
saya ANUGRAH LESTARI perwakilan dari kelompok 6.
Jawaban:
1.
* Teknologi pendidikan merupakan kajian dan praktik untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai.
* Mengenai aspek mana yang diutamakan,aspek hardware dan softwarenya? Menurut kami, dua-duanya merupakan komponen yg panting dalam komputer, tanpa adanya hardware software tidak bisa berfungsi begitupun sebaliknya, tidak adanya software hardware tidak bisa di jalankan. Keduanya harus ada dan saling membutuhkan.
2.
* Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman sehingga dapat memecahkan suatu permasalahan, atau istilah lain belajar dapat diartikan sebagai suatu proses interaksi antara seseorang dengan sumber belajar yang menghasilkan terjadinya perubahan tingkah laku. Belajar terjadi dimana-mana tidak lagi hanya terbatas dilingkungan sekolah,maka dapat pula dikemukakan bahwa sumber belajar itu tidak lagi terbatas pada Guru tetapi jauh lebih luas dari pada Guru. Dengan kemajuan teknologi pembelajaran/teknologi pendididkan dan juga didukung untuk kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), maka proses belajar mengajar (PBM) disekolah tidak hanya bersumber pada Guru saja tetapi sudah aneka sumber.
Terima kasih atas jawaban dari saudari muliati perwakilan kelompok 2.
Waalaikum salam wr.wb terima kasih kepada saudara usman yang telah memberikan jawabannya.
baiklah saudara usman dapat anda memberikan penjelasan tentang efesiensi ??
Terima kasih atas jawaban dari saudari safira..mengapa anda mengatakan bahwa saftwere dan hardwere itu tergantung dari pendidik.?
kita kembali lagi kepada masing2 siswa ada yang cepat menangkap pelajaran dan ada yang lambat menangkap pelajarannya serta dapat di lihat juga dari cara seorang guru menyampaikan materinya apakah mudah di pahami oleh siswa tersebut..
Waalaikum salam Wr.wb
Terima kasih atas jawaban dari saudari Anugrah Lestari.
Oke terimakasih atas pertanyaannya
Peranan atau fungsi hardware salah satunya menurut saya yaitu untuk mempermudah kerja software, contohnya aplikasi microsoft office tidak akan berjalan dgn baik, tanpa dibantu dgn perangkat keras seperti keyboard, mouse. Sedangkan software yaitu program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut. Krn perangkat keras seperti komputer hanyalah mesin yang tak ada apa2 nya tanpa software, terimakasih
Maaf sebelumnya, saya ingin bertanya kepada kelompok 1, bagaimana cara anda menghadapi peserta didik yg bs memahami pelajaran dgn waktu singkat dan siswa yg mungkin lambat memahami
Saya ingin menjawab pertanyaan nomor 1 terkait dgn rumusan sy tentang teknologi pendidikan,teknologo pendidikan sudah menjadi bagian yg tak dpt diposahkan dgn kehidupan manusia, dgn teknologi, manusia dpt dgn mudah menjalankan aktifitasnya, dan sangat membantu bagi siswa dan guru dalam proses belajar dan memperoleh informasi dan pengetahuan baik melalui teknlogi sederhana atau canggih
Assalamu alaikum, terima kasih atas pertanyaan saudari kurniati. Saya wahyuni.M perwakilan kelompok 5, ingin menjawab pertanyaan anda. Dalam konteks belajar, efesiensi mempunyai arti meningkatkan kualitas belajar dan penguasaan materi belajar, meningkatkan kemampuan guru, mengurangi biaya tanpa mengurangi kualitas belajarmengajar. Bagi suatu lembaga pendidikan, pengertian efeisensi yang memberikan arti peningkatan kemampuan guru dalam proses belajar mengajar .hal ini karena dalam proses mengajar yang memetingkan hubungan peserta didik dan guru. Guru menjadi pihak yang aktif.
Kemampuan masing-masing siswa dalam belajar memang berbeda-beda.Terdapat siswa yang mudah dalam menangkap dan memahami materi
pembelajaran.
-Guru menyusun program pembelajaran dgn cara mengelompokkan siswa siswi dalam beberapa kelompok dan kemudian menetapkan siswa yang memiliki kemampuan yang lebih untuk
Cara kami menghadapinya yaitu:
1.memberikan metode pembelajaran atau pengetahuan awal siswa yang sudah dimiliki sebelumnya untuk mempelajarri materi baru yang masih berhubungan..
2.Sering memberikan umpan balik,siswa yang kesulitan belajar memiliki keterbatasan tidak sanggup mengerjakan tugas .Sehingga guru disarankan untuk memberikan tugas yang singkap dan konkret yang lngsung diberi nilai.
3.Pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif..Cara mengatasi kesulitan belajar dgn melibatkan siswa ini memerlukan kesabaran guru.
4.Dialog interaktif antara guru dan siswa yang memunculkan hubungan yang lebih dekat antara siswa dan guru.Guru memberikan bantuan dalam menyelesaikan tugas dengan cara tahapan penyelesaian tugas,namun guru mberikan kebebasan kepada siswa untuk menggunakan asumsi mereka srndiri dalam menyelesaikan tugas..sehingga siswa akan termotivasi untuk menggali kemampuan dirinya..
5
5.Guru mengajarkan siswa untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi,kemudian diaplikasikan dalam perilaku yang dimunculkan tanpa tanpa dikontrol .
6 .Siswa yang kesulitan belajar ditempatkan pada satu ruang khusus,sehingga siswa diberikan metode dan materi khusus untuk memfasilitasi siswa sepenuhnya dan mendorong keinginan siswa untuk belajar dengan serius.
Terima kasih atas partisipasi teman-teman sekalian ,jadi kesimpulannya .Teknologi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari semua aspek kehidupan manusia.Hampir dalam semua kegiatan manusia memanfaatkan teknologi baik teknologi yang sederhana maupun teknologi yang canggih.Teknologi khususnya teknologi informasi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap cara manusia dalam melakukan prses belajar ,memperoleh informasi dan pengetahuan.Teknologi informasi dapat berperan sebagai media pembelajaran yang dirancang dan dikembangkan agar dapat menyampaikan informasi dan pengetahuan yang diperlukan oleh khalayak atau audience.
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda