Sabtu, 05 Mei 2018

Definisi Teknologi Pembelajaran



Oleh: Muliyani

Tugas kedua pada pertemuan ketiga dibahas mengenai defenisi teknologi pembelajaran yang mengalami beberapa perubahan, sejalan dengan sejarah dan perkembangan dari teknologi pembelajaran. Hal tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

1.    Definisi Association for Educational Communications Technology (AECT, 1963
Definisi tersebut menggunakan istilah komunikasi audio-visual, yaitu cabang dari teori dan praktek pendidikan dalam hal mendesain, dan menggunakan pesan untuk mengendalikan proses belajar.

2.    Definisi Commission on Instruction Technology (CIT) 1970
 Rumusan pengertian menekankan teknologi pembelajaran pada suatu usaha sistematik dalam perancangan, pelaksanaan, dan evaluasi menyeluruh serta proses belajar secara keseluruhan terkait alat dan sumber.

3.    Definisi Silber 1970
Definisi di atas menyebutkan istilah pengembangan. Pengembangan yang dimaksud adalah pengembangan potensi manusia dan pengembangan dari teknologi pembelajaran itu sendiri, yang mencakup: perancangan, produksi, penggunaan atau pemanfaatan dan penilaian teknologi untuk pembelajaran.

4.    Definisi MacKenzie dan Eraut 1971
Definisi ini lebih menekankan pada kajian sistematik bagaimana cara mencapai tujuan pendidikan.tidak menyebutkan perangkat lunak maupun perangkat keras, tetapi lebih berorientasi pada proses dalam mencapai tujuan.

5.    Definisi AECT 1972
Definisi ini didasari semangat untuk menetapkan teknologi pendidikan suatu bidang studi. Ketentuan ini mengembangkan gagasan bahwa teknologi pendidikan merupakan suatu profesi.

6.    Definisi AECT 1977
Definisi tahun 1977, AECT berusaha mengidentifikasi teknologi pendidikan sebagai suatu teori, bidang garapan dan profesi. Definisi sebelumnya, kecuali pada tahun 1963, tidak menekankan teknologi pendidikan sebagai suatu teori.

7.    Definisi AECT 1994
 Teknologi pembelajaran adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi tentang proses dan sumber untuk belajar.
Definisi ini berupaya semakin memperkokoh teknologi pembelajaran sebagai suatu bidang garapan dan profesi, yang perlu didukung oleh landasan teori dan praktek.

8.    Definisi menurut Anglin 1995.
Definisi ini memandang teknologi pendidikan sebagai salah satu cabang dari disiplin ilmu pendidikan yang berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi. Sejak dimasukkannya unsur teknologi ke dalam kajian dan praktek pendidikan, semenjak itulah lahir disiplin teknologi pendidikan.

9.    Definisi menurut Hackbarth 1996.
“ teknologi pendidikan adalah konsep multidemensional yang meliputi:
Fokus dari teknologi pembelajaran bukan pada proses psikologis bagaimana peserta didik belajar, melainkan pada proses bagaimana teknologi perangkat lunak dan keras digunakan mengkomunikasikan pengetahuan, keterampilan, atau sikap kepada peserta didik sehingga peserta didik mengalami perubahan perilaku seperti yang diharapkan .

10. Definisi menurut AECT (2004):
“Definisi terbaru teknologi pendidikan adalah studi dan etika praktek dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan atau memanfaatkan dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat.
Berdasarkan definisi-definisi diatas dapat disimpulkan bahwa:teknologi pembelajaran adalah suatu disiplin ilmu atau bidang garapan.







0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda