Definisi Teknologi Pembelajaran
Oleh: Muliyani
Tugas kedua
pada pertemuan ketiga dibahas mengenai defenisi teknologi pembelajaran yang mengalami
beberapa perubahan, sejalan dengan sejarah dan perkembangan dari teknologi
pembelajaran. Hal tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:
1.
Definisi Association
for Educational Communications Technology (AECT, 1963
Definisi tersebut menggunakan istilah komunikasi audio-visual, yaitu cabang
dari teori dan praktek pendidikan dalam hal mendesain, dan menggunakan pesan untuk
mengendalikan proses belajar.
2.
Definisi Commission
on Instruction Technology (CIT) 1970
Rumusan pengertian
menekankan teknologi pembelajaran pada suatu usaha sistematik dalam
perancangan, pelaksanaan, dan evaluasi menyeluruh serta proses belajar secara
keseluruhan terkait alat dan sumber.
3.
Definisi Silber 1970
Definisi di atas menyebutkan istilah pengembangan. Pengembangan yang
dimaksud adalah pengembangan potensi manusia dan pengembangan dari teknologi
pembelajaran itu sendiri, yang mencakup: perancangan, produksi, penggunaan atau
pemanfaatan dan penilaian teknologi untuk pembelajaran.
4.
Definisi MacKenzie
dan Eraut 1971
Definisi ini lebih menekankan pada kajian sistematik bagaimana cara
mencapai tujuan pendidikan.tidak menyebutkan perangkat lunak maupun perangkat
keras, tetapi lebih berorientasi pada proses dalam mencapai tujuan.
5.
Definisi AECT 1972
Definisi ini didasari semangat untuk menetapkan teknologi pendidikan
suatu bidang studi. Ketentuan ini mengembangkan gagasan bahwa teknologi
pendidikan merupakan suatu profesi.
6.
Definisi AECT 1977
Definisi tahun 1977, AECT berusaha mengidentifikasi teknologi pendidikan
sebagai suatu teori, bidang garapan dan profesi. Definisi sebelumnya, kecuali
pada tahun 1963, tidak menekankan teknologi pendidikan sebagai suatu teori.
7.
Definisi AECT 1994
” Teknologi pembelajaran adalah teori dan praktek dalam desain,
pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi tentang proses dan
sumber untuk belajar.
Definisi ini berupaya semakin memperkokoh teknologi pembelajaran sebagai
suatu bidang garapan dan profesi, yang perlu didukung oleh landasan teori dan
praktek.
8.
Definisi menurut
Anglin 1995.
Definisi ini memandang teknologi pendidikan sebagai salah satu cabang
dari disiplin ilmu pendidikan yang berkembang sejalan dengan perkembangan
teknologi. Sejak dimasukkannya unsur teknologi ke dalam kajian dan praktek
pendidikan, semenjak itulah lahir disiplin teknologi pendidikan.
9.
Definisi menurut
Hackbarth 1996.
“ teknologi pendidikan adalah konsep multidemensional yang meliputi:
Fokus dari teknologi pembelajaran bukan pada proses psikologis bagaimana
peserta didik belajar, melainkan pada proses bagaimana teknologi perangkat
lunak dan keras digunakan mengkomunikasikan pengetahuan, keterampilan, atau
sikap kepada peserta didik sehingga peserta didik mengalami perubahan perilaku
seperti yang diharapkan .
10. Definisi menurut AECT (2004):
“Definisi terbaru teknologi pendidikan adalah studi dan etika praktek
dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara
menciptakan, menggunakan atau memanfaatkan dan mengelola proses dan
sumber-sumber teknologi yang tepat.
Berdasarkan definisi-definisi diatas dapat disimpulkan bahwa:teknologi
pembelajaran adalah suatu disiplin ilmu atau bidang garapan.

0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda