BAHAN DISKUSI KELAS B
DISKUSI 5
Pembelajaran Dengan Menggunakan Video
Video merupakan suatu
medium yang sangat efektif untuk membantu proses pembelajaran, baik untuk
pembelajaran massal, individual,maupun berkelompok. Suatu riset baru-baru ini menunjukkan
bahwa cara paling efektif dalam menggunakan video untuk pembelajaran adalah
sebagai peningkatan kualitas pembelajaran atau suatu unit pembelajaran. Video
sebaiknya digunakan sebagai suatu elemen pembelajaran bersama dengan sumber
atau bahan pembelajaran lainnya yang anda miliki. Dalam mengajar suatu topik,
penggunaan video di dalam kelas harus dipersiapkan dengan baik sebagaimana
media pembelajaran atau alat peraga lainnya. tujuan pembelajaran khusus harus
ditentukan, begitu juga langkah-langkah pembelajaran serta kegiatan pemantapan
harus direncanakan dengan baik. Yang tidak kalah pentingnya adalah semua video
yang akan dipergunakan dalam pembelajaran harus dikaji dulu oleh guru, agar
benar-benar sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.
cara membuat video untuk pembelajaran menurut M Fausiyah (2008)
menjelaskan cara pembuatan video untuk pembelajaran adalah sebagai berikut,
menetapkan adegan atau tema yang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, mengembangkan
tema tersebut dan berusaha untuk membagi-bagi kejadian atau moment menjadi
serangkaian bidikan atau serangkaian kejadian yang berurutan. Usahakan natural
, agar siswa dapat mengikuti atau merasakan kejadian tersebut, kita harus
membidik urutan kejadian tersebut dengan berbagai jenis atau ukuran bidikan, bila
akan mengubah atau memotong dua bidikan yang berurutan, hendaknya memberi
sisipan bidikan dengan ukuran bidikan yang berbeda mencolok juga dari dua sudut
bidik yang berbeda pula, selain itu, perlu mengantisipasi adegan yang
selanjutnya diharapkan siswa. agar alunan yang wajar dari rangkaian bidikan
kita bisa terangkai, membantu terciptanya alunan tadi. Sudut
bidik yang berlawanan arah menciptakan kesinambungan bidikan yang sangat
berharga. Demikian pula bidikan-bidikan berdasarkan arah pandangan, membidik
satu objek dengan durasi yang panjang sangat tidak disarankan. menunjukkan
hal-hal yang penting saja agar menarik. untuk menggabungkannya, manfaatkan
fasilitas fade in/out yang terdapat pada hampir semua perangkat handycam, untuk
memberikankesan yang meyakinkan bidikan-bidikan tersebut perlu dipertahankan
paling tidak selama tiga detik supaya siswa dapt menangkap atau menghayati
suatu adegan .
Manfaat
video dalam pembelajaran: tujuan para guru sebagai pendidik salah satunya tentu
saja adalah membuat murid merasa bersemangat dan terlibat dalam pengalaman
belajar praktis. Video jelas merupakan sebuah media pembelajaran yang mampu
menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kemampuan video dalam melibatkan
penglihatan dan pendengaran menjadikannya media yang sangat tepat bagi pelajar
yang berkarakteristik pembelajar visual atau auditorial. Video juga mampu
menangkap dan melibatkan emosi positif yang dapat merangsang gairah belajar
siswa, video juga merupakan sarana belajar yang efektif dan inovatif bagi para
guru dalam menjelaskan konsep-konsep tertentu dalam pembelajaran.
Adapun
kelebihan dari pembelajaran dalam ruang menggunakan video yaitu : unsur
multimedia menurut Romiszowski (1998), video/film adalah satu media pengajaran
yang cukup berkesan untuk digunakan dalam pembelajaran karena video/film
menggabungkan secara baik unsur multi media seperti audio, visual, gerak, warna
dan kesan tiga dimensi. Muhammad hasan (2000) mengakui kelebihan video/film,
dimana penggunaan unsur-unsur gerak, bunyi, warna, dan cahaya menjadi video/film
dapat secara langsung menarik minat siswa dan seterusnya mendorong pembelajaran
siswa. Unsur-unsur dramatik dan kegiatan yang terdapat dalam video/film
berupaya meningkatkan kesan pada proses pengajaran dan pembelajaran (norton dan
wiburg 2003). Manipulasi perspektif ruang, masa dan ukuran penggunaan video
dapat memanipulasi ruang. Suatu fenomena dapat ditunjukkan dengan perspektif
yang berbeda secara mikrocosmis contohnya, siswa ditunjukkan visual secara
mikrocosmis bagaimana seekor nyamuk menghisap darah manusia secara close-up.
atau secara makrocosmis seperti gerak bus yang semakin menjauh penyampaian
pesan pengajaran sebagai satu media komunikasi video/film dapat digunakan
sebagai satu cara penyampaian pelajaran. Naim (1995) berpendapat sebagai satu media
komunikasi, video/film dapat menyampaikan secara terperinci dan konkrit
pesan-pesan pendidikan seperti pembelajaran isi kandungan kurikulum serta
pembentukan sikap dan tingkah laku siswa. disamping itu, video/film dapat
digunakan untuk menonjolkan relitas kehidupan, dan membangkitkan emosi dan
perasaan. menurut Amla Et Al. (2000), video/film dilihat sebagai satu media
yang dinamis yang dapat merangsang umpan balik luar dan dalam yang
kadang-kadang memengaruhi psikologi seseorang. Selain itu video/film bisa
digunakan untuk menyampaikan pesan pendidikan berkaitan moral pemimpin dan
sikap pemimpin. memudahkan pembelajaran
dan pencapaian objektif pengajaran video/film dapat membantu guru menerangkan
tentang sesuatu konsep yang abstrak atau sukar untuk diterangkan. Video/film
dapat membawa masalah sebenarnya ke dalam tempat yang sama dengan perkara yang
telah berlalu atau yang sedang terjadi tanpa batasan waktu, jarak dan tempat. Video
dapat meningkatkan pemahaman pelajar, menghindari salah penafsiran dan memudahkan
pembelajaran. Meningkatkan berbagai kemahiran dan pengalaman belajar video film
juga dapat meningkatkan berbagai kemahiran dan pengalaman belajar. Penggunaan
video/film dapat meningkatkan kemampuan literasi visual pelajar, dimana mereka
dapat menginterpretasi simbol-simbol visual secara tepat dan pelajar
berinteraksi dan memberi respons selaras dengan pesan-pesan yang diperoleh
mereka.
Selain dari kelebihan
pembelajaran kelemahan media video antara lain, fine details artinya media tayangnya tidak dapat
menampilkan obyek sampai yang
sekecil-kecilnya dengan sempurna. Size
information artinya tidak dapat menampilkan obyek dengan ukuran yang sebenarnya. Third
dimention artinya gambar yang diproyeksikan oleh video umumnya berbentuk dua dimensi. Opposition artinya
pengambilan yang kurang
tepat dapat menyebabkan
timbulnya keraguan penonton dalam menafsirkan gambar yang dilihatnya. Setting artinya
kalau kita tampilkan adegan dua orang yang sedang bercakap-cakap diantara
kerumunan banyak orang, akan sulit bagi penonton untuk menebak dimana kejadian
tersebut berlangsung,bisa saja ditafsirkan dipasar, di stasiun, atau tempat
keramaianlain. Material pendukung video membutuhkan alat
proyeksi untuk dapat menampilkan gambar yang
ada didalamnya. budget artinya biaya untuk membuat program video
membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
1. Menurut anda apa kelemahan dari media pembelajaran dengan menggunakan
video ?
2. Bagaimana cara mengaplikasikan video dalam media pembelajaran ?

33 Komentar:
Saya SERAFIANA JUITA BADUI perwakilan kelompok 5 akan menjawab pertanyaan No.1 Kelemahan dari media pembelajaran dengan menggunakan video dari yaitu : 1. sebagaimana media audio-visual yang lain, video juga terlalu
menekankan pentingnya materi ketimbang proses
pengembangan materi tersebut;
2. pemanfaatan media ini juga terkesan memakan biaya
tidak murah
3. dan penanyangannya juga terkait peralatan lainnya seperi
videoplayer, layar bagi kelas besar beserta LCDnya,
dan lain-lain
selamat malam saya dari kelompok 1
nama saya ayu puspita sari , jawaban saya untuk no.i sebagai berikut.
kelemahan dari belajar menggunakan vidio visual, alat yang digunakan tdk murah , mengaplikasikannyapun memakan banyak alat seperti videoplayer, layar bagi kelas besar beserta LCDnya,
dan lain-lain,kemudian dalam belajar dengan vidio tdk semua orang/siswa bisa langsung menangkap atau memahami karena gambar yang di tampilakn teralu cepat pergerak dan informasi dari vidio tersebut akan sulit untuk di ikuti , bisa juga karena gambar tidak fokus.
saya ayu pispita sari
jawaban saya unutk no.2
cara mengaplikasikan vidio dalam media belajar :
Program video pembelajaran berbeda dengan program video lain dalam hal tujuan yang akan dicapai. Program video pembelajaran memiliki tujuan yang lebih spesifik jika dibandingkan dengan tujuan yang akan dicapai dalam program video hiburan (entertainment).
dengan menggunakan vidio saat belajar maka indra pendengar dan penglihatan yang bisa menerima , mengaplikasikannya bisa dengan Radio Rekaman serta vidio adalah suara-suara ataupun bunyi yang berkaitan dengan materi pembelajaran direkam dengan menggunakan alat perekam suara, kemudian hasil perekaman tersebut diperdengarkan kembali kepada peserta didik dengan menggunakan sebuah alat pemutarnya.
saya wahyu utami dari kelompok 6 ingin bertanya kepada kelompok 5 yaitu pada usia berapa sebenarnya kt bisa memperkenalkan teknik belajar menggunakan video??? terima kasih
saya WAHYU UTAMI
ingin menjawab pertanyaan no 1
menurut saya kelemahan dari media pembelajaran menggunakan video adalah setiap siswa memiliki daya tangkap yang berbeda beda,,ketika kita menyajikan materi menggunakan video bisa jadi ada siswa yang bosan di karenakan yang berbicara di hadapan mereka bukanlah guru/dosen sehingga dapat menimbulkan peluang untuk dy mengajak teman di sampingnya untuk berbicara di karenakan dy ingin mengalihkan rasa bosan nya tersebut,,lalu ketika teman di sampingnya tersebut meladeni temannya yang sedang bosan tersebut dy akan melewatkan materi yang di sajikan oleh video tersebut. seperti yang kt ketahui bahwa ketika siswa melewatkan sedikit saja apa yang di sampaikan oleh video maka apa yang telah siswa simak dari awal akan terputus,ketika materi yang sudah siswa simak terputus di tengah pelajaran maka itu akan memecah konsentrasi siswa dan akan membuat siswa tidak fokus lagi pada materi yang di sajikan
Terima Kasih pertanyaannya saya Wa ode Suhartini dari kelompok 6 akan menjawab pertanyaan anda
Pada dasar metode belajar vidio, auditori, visual ataupun kinetik bisa kt perkenalkan pada anak usia di atas 3 tahun krna pada usia tersebut anak mulai konsisten dengan cara belajarnya dan menunjukkan cara belajar yang efektif krna perhatiannya mulai baik dan kemampuan motorik dan postur tubuh sudah berkembang sehingga memudahkan mengelolah informasi
Pada usia ini anak sdah boleh di perkenalkan metode pembelajar vidio
terima kasih atas jawaban anda...saya ingin menyanggah jawaban anda,,di situ anda mengatakan bahwa pada anak usia di atas 3 tahun sudah bisa di perkenalkan metode belajar menggunakan video di karenakan pada usia tersebut mereka mulai konsisten dengan cara belajarnya,,,yang sy ingin sanggah adalah bagaimana anda bisa mengetahui bahwa anak dengan usia yang dini seperti itu bisa konsisten dengan metode belajar menggunakan video??? bukan kah anak2 dengan usia dini seperti itu masih labil?sy rasa mereka masih terlalu dini di perkenalkan metode belajar menggunakan video,,jika anak pada usia 3 tahun sudah mulai di perkenalkan metode belajar menggunakan video bukan kah itu akan membuat mereka melupakan yang nama nya buku tulis,pensil dan papan tulis ??? lalu apa hubungan nya antara postur tubuh dengan metode belajar menggunakan video?? trm kasih :)
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Saya anggota kelompok 6 akan menambahkan jawaban dari teman saya Wa Ode Suhartini sekaligus mencoba menjawab sanggahan dari saudari Wahyu Utami. Pada usia 3 tahun keatas anak dapat diperkenalkan pada teknologi untuk membantunya belajar. Konten pendidikan pada media elektronik dapat menjadi cara untuk melatih anak mengembangkan idenya dan membantu menyuguhkan gambar dan suara yang dapat menjadi media pembelajaran anak.
Penelitian oleh Haugland tahun 1992menunjukkan bahwa anak usia 3 – 4 tahun yang telah menggunakan komputer untuk mendukung kegiatan belajarnya mempunyai tingkat perkembangan yang lebih besar dibandingkan dengan anak yang tidak mempunyai pengalaman dengan computer. Tingkat perkembangannya ini menyangkut kecerdasan, keterampilan verbal dan nonverbal, ingatan jangka panjang, dan kemampuan konseptual. (dikutip dari hellosehat.com)
Manfaat yang diterima anak ini tergantung dari penggunaan media elektronik yang biasa mereka lakukan(untuk apa mereka menggunakannya) dan seberapa sering merek menggunakan media tersebut. Nahh disinilah dibutuhkan peran orang tua untuk selalu mengawasi anak ketika ia menggunakan media elektronik, seperti komputer, laptop, handphone, dan tablet.
Saya atas nama Andi tenri mulawati klp 1 akan mnjawab no.1 yaitu:kelemahan dari belajar yang menggunakan video player layar bagi kelas beserta LCDx yaitu tdk smua mahasiswa bisa menangkap atau memahami karena biasanya gambar tersebut trlalu cepat pergerak sehingga tidak fokus dgn gambarnya dan trkadang mengalihkan konsentrasinya dengan mengajak teman berbicara dengan teman sampingnya utk mnghilangkan rasa bosanya.
Saya kelompok 1 Bau susi astuti,ingin menjawab pertanyaan No.1
Kelemahan Media Video Pembelajaran
1. sebagaimana media audio-visual yang lain, video juga terlalu
menekankan pentingnya materi ketimbang proses
pengembangan materi tersebut;
2. pemanfaatan media ini juga terkesan memakan biaya
tidak murah
3. dan penanyangannya juga terkait peralatan lainnya seperi
videoplayer, layar bagi kelas besar beserta LCDnya,
dan lain-lain.
Nur Asmila
Kelompok 4
Jawaban nomor 1
Kelemahan dari Media Pembelajaran menggunakan video yaitu
Sukar untuk dapat direvisi
Relatif mahal
Memerlukan keahlian khusus
Saya hamdiah anas
Akan menjawab pertanyaan no 1
Kekurangan mengaplikasikan video dalam media pembelajaran
1 Perhatian penonton sulit dikuasai, partisipasi mereka jarang dipraktekkan.
2 Sifat komunikasinya yang bersifat satu arah haruslah diimbangi dengan pencarian bentuk umpan balik yang lain.
3 Kurang mampu menampilkan detail dari objek yang disajikan secara sempurna.
4 Memerlukan peralatan yang mahal dan kompleks.
Ass saya Nela ngestian patuna dari kelompok 4 menjawab pertanyaan no 1.
Kelemahan vidio sebagai media pembelajaran :
1. sebagaimana media audio-visual yang lain,
video juga terlalu
menekankan pentingnya materi ketimbang proses
pengembangan materi tersebut;
2. pemanfaatan media ini juga terkesan memakan biaya
tidak murah
3. dan penanyangannya juga terkait peralatan lainnya seperi
videoplayer, layar bagi kelas besar beserta LCDnya,
dan lain-lain.
Saya hamdiah anas
Akan menjawab pertanyaan No 2
cara mengaplikasikan video dalam media pembelajaran
Pengadaan Program Video Pembelajaran
cara yang dilakukan agar dapat memanfaatkan program video pembelajaran yang efektif, efisien, dan menarik dalam menayangkan ilmu pengetahuan.
Memproduksi sendiri
Program video yang akan digunakan dalam aktivitas pembelajaran dapat diproduksi sendiri dengan menggunakan aplikasi editing video.
Saya perwakilan klp 1 akan menyangga dari dari saudari Nur asmila mksudnya seperti relatif mahal apa yg memerlukan keahlian khusus? Bisakah anda memberi contohnya???
Sy Fitri Kumala Sary dari kelompok 2 akan menjawab no. 1, menurut saya kelemahan dari belajar menggunakan video player yaitu dalam penyajian video player memerlukan peralatan khusus dan alat pendukung lainnya, memerlukan listrik, dan juga dalam pembuatannya tdk bisa dikerja individu harus dalam kerja sama tim dan keterampilan khusus.
Saya perwakilan klp 1 mncoba mnjawab no.2
Cara mengaplikasikan video dlm masa pembelajaran yaitu:d mana program video pembelajaran memiliki tujuan yg lebih spesifik jika d bandingkn dgn tujuan yg akan d capai dlm program video hiburan(entertaiment).
Dan utk mendapatkan video pembelajaran dari youtobe agar lebih efektif kita harus mengunduhnya terlebih dahulu,agar video tersebut bisa d gunakan secara offline tanpa harus melihat secara online sehungga bisa d gunakan kapan saja dan dimana saja tanpa harus terkoneksi dengan internet. Sayang pada situs youtube tdk bisa mengunduh file video secara langsung jadi harus melalui situs pengunduh youtobe atau melalui situs pengunduh youtobe secara online. Utk mengunduh video dari youtube menggunakan aplikasi bisa internet download manager(IDM).sedangkan utk mengunduh utk mengunduh secara online bisa menggunakan situs http.hen savelrom.net.
Assalamualaikum.Sya Melani Kamsurya akan mnjawab pertnyaan no 1 yaitu Kelemahan Media Video Pembelajaran
1. Sebagaimana media audio-visual yang lain, video terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses pengembangan materi tersebut
2. Pemenfaatan media ini juga terkesan memakan biaya yang tidak murah
3. Penayangannya juga terkait peralatan lainnya seperti video player, layar bagi kelas besar beserta LCDnya, dan lain-lain.
Saya perwakilan klp 1 mncoba mnjawab no.2
Cara mengaplikasikan video dlm masa pembelajaran yaitu:d mana program video pembelajaran memiliki tujuan yg lebih spesifik jika d bandingkn dgn tujuan yg akan d capai dlm program video hiburan(entertaiment).
Dan utk mendapatkan video pembelajaran dari youtobe agar lebih efektif kita harus mengunduhnya terlebih dahulu,agar video tersebut bisa d gunakan secara offline tanpa harus melihat secara online sehungga bisa d gunakan kapan saja dan dimana saja tanpa harus terkoneksi dengan internet. Sayang pada situs youtube tdk bisa mengunduh file video secara langsung jadi harus melalui situs pengunduh youtobe atau melalui situs pengunduh youtobe secara online. Utk mengunduh video dari youtube menggunakan aplikasi bisa internet download manager(IDM).sedangkan utk mengunduh utk mengunduh secara online bisa menggunakan situs http.hen savelrom.net.
Nama saya JENI MARI saya akan menjawab pertanyaan no 1
Kelemahan dari media pembelajaran menggunakan video adalah
1.sebagaimana media audio-visual yang lain, video juga terlalu
menekankan pentingnya materi ketimbang proses
pengembangan materi tersebut;
2. pemanfaatan media ini juga terkesan memakan biaya
tidak murah
3. dan penanyangannya juga terkait peralatan lainnya seperi
videoplayer, layar bagi kelas besar beserta LCDnya,
dan lain-lain.
NAma : JENI MARI saya akan menjawab pertanyaan no 1, kelemahan dari media pembelajaran melalui video
1. sebagaimana media audio-visual yang lain, video juga terlalu
menekankan pentingnya materi ketimbang proses
pengembangan materi tersebut;
2. pemanfaatan media ini juga terkesan memakan biaya
tidak murah
3. dan penanyangannya juga terkait peralatan lainnya seperi
videoplayer, layar bagi kelas besar beserta LCDnya,
dan lain-lain.
Saya vetti Astuti indriani mulia ingin menyangga jawaban dari saudari serafiana yaitu video yang terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses pengembangan materi tersebut;
Aspek2 apa yang harus diperhatikan untuk menunjang keberhasilan pembelajaran yang menggunakan tekhnik video baik itu dilihat dari guru ataupun muridnya.
Saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari saudari Vetti Astuti Indriani Mulia terkait masalah aspek – aspek apa yang harus diperhatikan unutk menunjang keberhasilan pembelajaran yang menggunakan teknik video baik itu dilihat dari guru ataupun muridnya? Baiklah yang pertama dari tenaga pengajar (guru) aspek yang harus diperhatikan antara lain : gaya mengajar guru, pendekatan guru, strategi penggunaan metode selanjutnya aspek – aspek yang menunjang keberhasilan pembelajaran dilihat dari anak didik (siswa) meliputi : Psikologis anak didik, intelektual anak didik, kesenangan terhadap pelajaran dan cara belajar anak didik.
Saya Suharti Pattatanga akan mencoba menjawab sanggahan dari saudari Andi tendri Mulawati, Relatif mahal artinya pembelajaran menggunakan video memakan biaya tidak murah. Contohnya harga LCD yang mahal, selanjutnya memerlukan keahlian khusus maksudnya tidak semua guru dapat menggunakan media pembelajaran dengan video karena hanya guru yang mempunyai keahlian khusus di bidang komputer yang dapat menggunakannya. Contohnya guru bahasa Indonesia di sekolah mengajar cukup menggunakan spidol untuk menulis karena guru tersebut tidak mempunyai keahlian komputer.
kami dari kelompok 5 ingin menjawab soal no 1
Kelemahan Media Video Pembelajaran
1. sebagaimana media audio-visual yang lain, video juga terlalu
menekankan pentingnya materi ketimbang proses
pengembangan materi tersebut;
2. pemanfaatan media ini juga terkesan memakan biaya
tidak murah
3. dan penanyangannya juga terkait peralatan lainnya seperi
videoplayer, layar bagi kelas besar beserta LCDnya,
dan lain-lain.
kami dari kelompok 5 akan menjawab soal no 2
Video merupakan media yang sekarang sedang digemari oleh orang banyak pada umumnya.Dengan tayangan yang begitu jelas, seseorang bisa melihatnya atau memantaunya ber jam- jam. Acara dalam televisisi pun biasanya dikemas semenarik mungkin sehingga semua orang dari semua kalangan baik anak- anak maupun dewasa semua menggemari, media ini digunakan juga untuk menyampaikan pesan pembelajaran.
Media pembelajaran video dalam proses pembelajaran dapat digunakan untuk membantu atau mempermudah siswa pada saat penyampaian materi atau penugasan, media video ini efisien digunakan untuk sekolah- sekolah yang memang mempunyai ketersedian sarana seperti proyektor dan LCD.
saya ingin menyangga dari jawaban ayu...
bisakah anda memberikan salah satu penggunaan vidio untuk digunakan sebagai media pembelajaran??
saya ingin menyangga dari jawaban ayu,,
di atas anda menjelaskan bahwa cara mengaplikasikan vidio dalam pembelajaran bisa dengan Radio Rekaman,radio rekaman yang dimaksudkan disini yang seperti apa,karena setahu saya radio rekaman itu tidak berbentuk gamabar sedangkan vidio yang dimaksudkan adalah gabungan antara audio visual dan gambar.
makasih
saya akan menambahkan jawaban dari suharti
Pada usia 3 tahun keatas anak sudah dapat diperkenalkan teknologi untuk membantunya belajar. media elektronik dapat menjadi salah satu cara untuk melatih anak untuk melatih pola pikir,daya ingat,mengembangkan idenya dan menjadikan anak lebih tanggap dan kreatif.contoh vidio yang boleh diperlihatkan anak anak di usia 3 tahun yaitu: vidio mengenali gambar seperti hewan dan buah.mengenali warnah,dan vidio lagu anak anak.
saya sedikit menyangga jawaban dari fitri
bisakah anda memberikan contoh vidio yang seperti b agaimana yang anda maksudkan harus dengan kerja sama tim? karena menurut saya vidio pembelajaran juga sudah berfariasi jadi walaupun sendiri bisa di buat.
saya Erlis silvia rusli akan menjawab pertanyaan no 1, Menurut saya kelemahan dari media pembelajaran dengan menggunakan video yaitu :
1. Tidak dapat menampilkan obyek sampai yang sekecil - kecilnya.
2. Tidak dapat menampilkan obyek dengan ukuran yang sebenarnya.
3. Gambar yang ditampilkan dengan video umumnya berbentuk dua dimensi.
4. pengambilan yang kurang tepat dapat menyebabkan timbulnya keraguan penonton dalam menafsirkan gambar yang dilihat.
5. Material pendukung video membutuhkan alat proyeksi untuk menampilkannya.
6. Untuk membuat program video membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terimakasih
saya akan menjawab sanggahan dari saudari Reny Anggraeni Alnur , iya betul bahwa pembelajaran video sekarang sudah berfariasi, saya akan memberikan contoh video yang memerlukan kerjasama tim yaitu dalam pembuatan video dokumenter memerlukan seseorang yang merekam gambar atau kameramen, yang mengaatur pencahayaan,yang mengatur audio suara, dan yang mengedit video.
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda