Jumat, 22 September 2017

KONTRAK PERKULIAH D4 STIKES MEGA REZKI

KONTRAK PERKULIAHAN

A.   INFORMASI UMUM

Nama Mata Kuliah                       : Teknologi Pembelajaran
Kode Mata Kuliah                        :  -
Dosen Pembimbing                     : Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum.M.A.
Program/Semester                      : S1
Hari/Jam Pertemuan                   :
Tempat Pertemuan                      :

B.   DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata Kuliah Teknologi pembelajaran adalah teori dan praktik tentang mendesain, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola, dan mengevaluasi sumber-sumber teknologi yang sesuai untuk memfasilitasi pelaksanaan belajar dan pembelajaran.  Mata kuliah ini dirancang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa strata satu (S1)  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Cakupannya diarahkan pada media dan teknologi dengan mempertimbangkan keuntungan relatif (relative advantage), kompatibilitas, kompleksitas, triabilitas, dan observabilitas yang memungkinkan teknologi berterima dalam pelaksanaan pembelajaran.    

C.   TUJUAN MATA KULIAH

Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami gambaran umum tentang teori dan praktik etis dalam memfasilitasi belajar dan memperbaiki kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses-proses dan sumber-sumber teknologi yang sesuai dengan pandangan hidup, kepercayaan, dan keyakinan, serta adat dan istiadat yang berlaku.  Secara khusus, mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu:   

  1. Menjelaskan definisi media dan teknologi pembelajaran, sejarah perkembangan dan kecenderungan pemanfaatannya dalam pembelajaran.
  2. Membedakan ragam media dan teknologi pembelajaran serta kawasan dan wawasan kajian yang melingkupinya.
  3. Mendeskripsikan dan menguraikan teori dan kawasan disiplin teknologi pembelajaran.   
  4. Menyeleksi jenis media dan teknologi yang sesuai baik yang diperoleh melalui online maupun yang didapat secara manual untuk diintegrasikan dalam pembelajaran  
  5. Mengembangkan teknologi cetak, audio, visual, video, dan teknologi interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran.   
  6. Mengintegrasikan teknologi yang sesuai sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. 
  7. Mengembangkan model teknologi yang dapat menunjang proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam baik yang diarahkan pada sekolah-sekolah agama (madrasah) maupun sekolah-sekolah umum lainnya.


D.   EVALUASI

1.    Partisipasi Umum/ Kehadiran             10%   
2.    Kerja Kolaborasi                                 20%
3.    Mid-term                                            20%
4.    Laporan Buku                                    20%
5.    Projek Akhir (final Project)                 30%.

  
DESKRIPSI AKTIVITAS PERKULIAHAN

AKTIVITAS

DESKRIPSI
SKOR



Kehadiran
Kehadiran dalam setiap kali pertemuan dan kerja kolaborasi dapat memberi dampak pada membangun kerja sama yang baik yang saling menguntungkan. Anda diminta untuk memberikan kontribusi konstruktif terhadap perkem-bangan kemampuan mahasiswa yang lain khususnya pada setiap kali pertemuan di dalam ruang kelas.




10









Kerja Kolaborasi
Kerja kolaborasi dalam hal ini adalah bentuk kerjasama yang dibangun berdasarkan gambaran tugas yang jelas, saling memberi masukan, dan bahkan dalam bentuk mengajar teman sejawat yang bermuara pada saling keter-gantungan positif, terdapat pembagian tugas yang masing-masing dan secara bersama-sama diselesaikan. Misalnya, dalam membahas “Definisi teknologi pembelajaran, sejarah perkembangan dan kecenderungan pemanfaatan dalam pembelajaran,” salah seorang maha-siswa bertugas mengkaji dan merumus-kan definisi teknologi pembelajaran, yang satu lagi fokus pada sejarah perkem-bangan teknologi pembelajaran, dan yang satunya lagi  mengupas kecenderungan pemanfaatan dalam pembelajaran. Muaranya adalah terbentuk kondisi kerja yang saling membutuhkan antara peserta dalam kelompok.









20





Mid-term
Ujian mid-semester diarahkan  untuk mengukur kemampuan peserta didik dengan menggunakan level pertama dan kedua dari empat tingkat evaluasi Kirkpatrick (reaksi dan pemahaman) makasiswa tentang teori dan praktek etis dalam menfasilitasi belajar dan memper-baiki kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses-proses dan sumber-sumber teknologi yang sesuai.  





20
Laporan Buku
Buku-buku tentang media dan teknologi pembelajaran berkembang begitu cepat, teori-teori mutakhir harus dipelajari secara komprehensif, dan praktik-praktik terbaik serta isu-isu kritis tentang rancangan, pengelolaan, dan memanfaatan media dan teknologi berkembang begitu pesat. Oleh karena itu laporan buku-buku yang diperoleh secara online dan manual harus ditelaah, dikaji, dan dipelajari lebih mendalam. 



20



Projek Akhir
(Final Project)
Menghasilkan produk teknologi  pembe-lajaran yang dirancang sesuai karakteristik peserta didik adalah bagian integral yang dihasilkan dalam perkuliahan ini. Untuk menghasilkan produk yang tepat guna dan berdaya guna maka digunakan model ASSURE yang dikembangkan oleh Smaldino dkk dengan modifikasi Benny Pribadi dengan level tiga dan empat Kirkpatrick (prilaku dan hasil) untuk menilai produk yang dihasilkan.



30


 

E.  TOPIK-TOPI  

  1. Teknologi dan Media: Memudahkan Pembelajaran.
  2. Strategi-Strategi Pembelajaran: Memadukan Teknologi dan media  
  3. Model ASSURE, pengembangan media dan teknologi pembelajaran  
  4. Materi dan Penyajian Pembelajaran: menggunakan media untuk melibatkan peserta didik  
  5. Prinsip-prinsip visual: Merancang Materi yang efektif. 
  6.  Audio: Menyimak dan Belajar 
  7. Video: Meningkatkan Belajar dengan Gambar Bergerak. 
  8. Belajar dengan menggunakan software (Piranti Lunak).   
  9. Komputer dan Multimedia: Mengakses dunia digital 
  10. Belajar Online: Belajar melalui Jaringan Internet dan Komputer. 
  11. Pendidikan jarak jauh: Menghubungkan peserta didik melalui ruang kelas. 
  12. Isu-isu dan Kecenderungan dalam Teknologi Pembelajaran
  13. Memproduksi Media dan teknologi Pembelajaran: Analisis Kebutuhan dan Mendesain Blueprint produk pembelajaran.   
  14. Memproduksi Media dan teknologi Pembelajaran: Validasi dan Ujicoba.   




F. DAFTAR PUSTAKA


Anglin, Gary J. Instructional Technology: Past, Present, and Future. California: Libraries Unlimited. 2011.

Duffy, Judy L, McDonald, Jean B., and Mizell, Al.P. Teaching an Learning with Technology. San Fransisco: Pearson Education.

Januszewski, Alan & Molenda, Michael. Educational Technology: A Definition with Commentary. New York:Taylor & Prancis Group. 2008.

Kirkpatrick, Donald L. dan Kirkpatrick, James D. Implementing the Four-Levels: A Practical Guide for Effective Evaluation of Training Programs. San Francisco, California: Berrett-Koehler Publishers, Inc. 2007.

Miarso, Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2007.

Newby dkk. Instructional Technology for Teaching and Learning. New JerseyPrentice-Hall, Inc. 2000.

Pribadi A., Benny. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat. 2017

Romano, Frank J. Print Media Distribution in A Digital Age.  New York:  Printing Industry Center. 2002

Reiser, Robert A. Dan Dempsey. Trends and Issues in Instructional Design and Technology. New York: Pearson. 2012.

Roblyer, Margaret D and Doering, Aaron H. Integrating Educational Technology into Teaching. Boston: Pearson. 2010.

Seels, Barbara B.  dan Richey, Rita C. Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Bloomington: Association for Educational Communications and Technology.1996. 

Smaldino, Sharon E., Lowther, Deborah L., and Russell, James D. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar-Versi Terjemahan. Jakarta: Prenada Media Group. 2011.








0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda