KONTRAK PERKULIAH D4 STIKES MEGA REZKI
KONTRAK PERKULIAHAN
A. INFORMASI UMUM
Nama Mata Kuliah : Teknologi Pembelajaran
Kode Mata Kuliah : -
Dosen Pembimbing : Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum.M.A.
Program/Semester : S1
Hari/Jam Pertemuan :
Tempat Pertemuan :
B. DESKRIPSI
MATA KULIAH
Mata Kuliah Teknologi
pembelajaran adalah teori dan praktik tentang mendesain, mengembangkan,
memanfaatkan, mengelola, dan mengevaluasi sumber-sumber teknologi yang sesuai
untuk memfasilitasi pelaksanaan belajar dan pembelajaran. Mata kuliah ini dirancang sesuai dengan kebutuhan
mahasiswa strata satu (S1) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Cakupannya diarahkan pada media dan teknologi dengan mempertimbangkan keuntungan relatif (relative
advantage), kompatibilitas, kompleksitas, triabilitas, dan observabilitas yang
memungkinkan teknologi berterima dalam pelaksanaan pembelajaran.
C. TUJUAN MATA KULIAH
Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami
gambaran umum tentang teori dan praktik
etis dalam memfasilitasi
belajar dan memperbaiki kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola
proses-proses dan sumber-sumber teknologi yang sesuai dengan pandangan hidup,
kepercayaan, dan keyakinan, serta adat dan istiadat yang berlaku. Secara khusus, mata kuliah ini bertujuan agar
mahasiswa mampu:
- Menjelaskan definisi media dan teknologi pembelajaran, sejarah perkembangan dan kecenderungan pemanfaatannya dalam pembelajaran.
- Membedakan ragam media dan teknologi pembelajaran serta kawasan dan wawasan kajian yang melingkupinya.
- Mendeskripsikan dan menguraikan teori dan kawasan disiplin teknologi pembelajaran.
- Menyeleksi jenis media dan teknologi yang sesuai baik yang diperoleh melalui online maupun yang didapat secara manual untuk diintegrasikan dalam pembelajaran.
- Mengembangkan teknologi cetak, audio, visual, video, dan teknologi interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran.
- Mengintegrasikan teknologi yang sesuai sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien.
- Mengembangkan model teknologi yang dapat menunjang proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam baik yang diarahkan pada sekolah-sekolah agama (madrasah) maupun sekolah-sekolah umum lainnya.
D. EVALUASI
1.
Partisipasi Umum/ Kehadiran 10%
2.
Kerja Kolaborasi 20%
3.
Mid-term
20%
4.
Laporan Buku 20%
5.
Projek Akhir (final Project) 30%.
DESKRIPSI AKTIVITAS PERKULIAHAN
AKTIVITAS
|
DESKRIPSI
|
SKOR
|
Kehadiran
|
Kehadiran dalam setiap kali pertemuan dan kerja
kolaborasi dapat memberi dampak pada membangun kerja sama yang baik yang
saling menguntungkan. Anda diminta untuk memberikan kontribusi konstruktif
terhadap perkem-bangan kemampuan mahasiswa yang lain khususnya pada setiap
kali pertemuan di dalam ruang kelas.
|
10
|
Kerja
Kolaborasi
|
Kerja kolaborasi dalam hal ini adalah bentuk kerjasama
yang dibangun berdasarkan gambaran tugas yang jelas, saling memberi masukan,
dan bahkan dalam bentuk mengajar teman sejawat yang bermuara pada saling
keter-gantungan positif, terdapat pembagian tugas yang masing-masing dan
secara bersama-sama diselesaikan. Misalnya, dalam membahas “Definisi teknologi pembelajaran, sejarah
perkembangan dan kecenderungan pemanfaatan dalam pembelajaran,” salah
seorang maha-siswa bertugas mengkaji dan merumus-kan definisi teknologi
pembelajaran, yang satu lagi fokus pada sejarah perkem-bangan teknologi pembelajaran,
dan yang satunya lagi mengupas
kecenderungan pemanfaatan dalam pembelajaran. Muaranya adalah terbentuk
kondisi kerja yang saling membutuhkan antara peserta dalam kelompok.
|
20
|
Mid-term
|
Ujian mid-semester diarahkan untuk mengukur kemampuan peserta didik
dengan menggunakan level pertama dan kedua dari empat tingkat evaluasi
Kirkpatrick (reaksi dan pemahaman) makasiswa tentang teori dan praktek
etis dalam menfasilitasi belajar dan memper-baiki kinerja dengan menciptakan,
menggunakan, dan mengelola proses-proses dan sumber-sumber teknologi yang
sesuai.
|
20
|
Laporan Buku
|
Buku-buku tentang media dan teknologi pembelajaran
berkembang begitu cepat, teori-teori mutakhir harus dipelajari secara
komprehensif, dan praktik-praktik terbaik serta isu-isu kritis tentang
rancangan, pengelolaan, dan memanfaatan media dan teknologi berkembang begitu
pesat. Oleh karena itu laporan buku-buku yang diperoleh secara online dan
manual harus ditelaah, dikaji, dan dipelajari lebih mendalam.
|
20
|
Projek Akhir
(Final
Project)
|
Menghasilkan produk teknologi pembe-lajaran yang dirancang sesuai karakteristik
peserta didik adalah bagian integral yang dihasilkan dalam perkuliahan ini. Untuk
menghasilkan produk yang tepat guna dan berdaya guna maka digunakan model ASSURE
yang dikembangkan oleh Smaldino dkk dengan modifikasi Benny Pribadi dengan level
tiga dan empat Kirkpatrick (prilaku dan hasil) untuk menilai
produk yang dihasilkan.
|
30
|
E. TOPIK-TOPI
- Teknologi dan Media: Memudahkan Pembelajaran.
- Strategi-Strategi Pembelajaran: Memadukan Teknologi dan media
- Model ASSURE, pengembangan media dan teknologi pembelajaran
- Materi dan Penyajian Pembelajaran: menggunakan media untuk melibatkan peserta didik
- Prinsip-prinsip visual: Merancang Materi yang efektif.
- Audio: Menyimak dan Belajar
- Video: Meningkatkan Belajar dengan Gambar Bergerak.
- Belajar dengan menggunakan software (Piranti Lunak).
- Komputer dan Multimedia: Mengakses dunia digital
- Belajar Online: Belajar melalui Jaringan Internet dan Komputer.
- Pendidikan jarak jauh: Menghubungkan peserta didik melalui ruang kelas.
- Isu-isu dan Kecenderungan dalam Teknologi Pembelajaran.
- Memproduksi Media dan teknologi Pembelajaran: Analisis Kebutuhan dan Mendesain Blueprint produk pembelajaran.
- Memproduksi Media dan teknologi Pembelajaran: Validasi dan Ujicoba.
F. DAFTAR PUSTAKA
Anglin, Gary J. Instructional
Technology: Past, Present, and Future. California: Libraries Unlimited.
2011.
Duffy, Judy L, McDonald, Jean B., and Mizell, Al.P. Teaching an Learning with Technology. San Fransisco: Pearson
Education.
Januszewski,
Alan & Molenda, Michael. Educational
Technology: A Definition with Commentary. New York:Taylor & Prancis
Group. 2008.
Kirkpatrick,
Donald L. dan Kirkpatrick, James D. Implementing the Four-Levels: A Practical Guide for Effective
Evaluation of Training Programs. San Francisco, California: Berrett-Koehler
Publishers, Inc. 2007.
Miarso,
Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi
Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2007.
Newby dkk. Instructional Technology for Teaching and Learning. New
JerseyPrentice-Hall, Inc. 2000.
Pribadi A., Benny. Media
dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat. 2017
Romano, Frank J. Print Media Distribution in A Digital Age. New York:
Printing Industry Center. 2002
Reiser, Robert A. Dan Dempsey. Trends and Issues in Instructional Design
and Technology. New York: Pearson. 2012.
Roblyer, Margaret D and Doering,
Aaron H. Integrating Educational
Technology into Teaching. Boston: Pearson. 2010.
Seels,
Barbara B. dan Richey, Rita C. Instructional Technology: The Definition and
Domains of the Field. Bloomington: Association for Educational
Communications and Technology.1996.
Smaldino, Sharon E., Lowther, Deborah L., and Russell, James D. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk
Belajar-Versi Terjemahan. Jakarta: Prenada Media Group. 2011.

0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda