Sabtu, 23 September 2017

BAHAN DISKUSI KLP IV KELAS A


MATERI DAN PENYAJIAN PEMBELAJARAN : MENGGUNAKAN MEDIA UNTUK MELIBATKAN PESERTA DIDIK

            Media pembelajaran adalah suatu bagian yang integral dari proses pembelajaran dikelas untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, pembelajar harus mempunyai pengetahuan tentang pengelolaan media pembelajaran baik sebagai alat bantu maupun sebagai pendukung agar materi/isi pelajaran semakin jelas dan dengan mudah dapat dikuasai pembelajaran. Penggunaan media dalam pembelajaran dimaksudkan untuk dapat membantu mengatasi berbagai hambatan dalam proses pembelajaran termasuk hambatan psikologis, hambatan fisik, hambatan kultural, dan hambatan lingkungan
            Macam-macam media pembelajaran: Media Audio, memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Media ini mampu memberikan pengalaman belajar pada siswa secara baik dan efektif. Media Visual, adalah media yang menitik beratkan pada indra penglihatan. Didalam pembelajaran media visual mampu memperlancar pemahaman siswa yang sedang diajarkan. Media Audio Visual adalah media yang menggabungkan antara media audio dan visual. Disana ada gambar sekaligus suara pendukungnya. Media Serbaneka adalah media yang dibuat berdasarkan potensi yang terdapat disuatu daerah, bisa disekolah, diperkampungan atau suatu lokasi yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran
            Sebuah kombinasi dari material pengajaran, pusat belajar (learning center) merupakan lingkungan serba lengkap yang merancang untuk meningkatkan belajar individu atau kelompok kecil yang fokus pada topik spesifik. Materi pusat belajar meliputi apa saja seluruh dari teknologi dari media. Keuntungannya yaitu: Memiliki kecepatan belajar sendiri. Pusat belajar mendorong para siswa untuk mengembang tanggung jawab atas belajar mereka sendiri dan memungkinkan mereka untuk belajar berdasar kecepatan mereka sendiri, sehingga mengurangi kemungkinan kegagalan dan meningkatkan kemungkinan sukses. Belajar aktif, Berpartisipasi siswa dalam pengalaman belajar, bagi respons siswa dan bagi umpan balik yang cepat untuk respons siswa, peran guru, memainkan lebih banyak peran membina. Keterbatasan: Biaya, sejumlah besar waktu harus dihabiskan dalam perencanaan dan pengaturan pusat belajar dan dalam mengumpulkan dan menyusun materi pusat belajar, Pengelolaan, Para guru yang menggunakan pusat belajar harus sangat bagus dalam pengaturan dan pengelolaan ruang kelas

1. Jika anda menjadi tenaga pendidik media apa yang akan anda gunakan untuk melibatkan peserta didik ? deskripsikan

2. Apakah anda setuju jika dalam pembelajaran digunakan media audio ? deskripsikan  



23 Komentar:

Pada 24 September 2017 pukul 11.13 , Blogger Unknown mengatakan...

Kelompok 7
Maryam Bonali
Sariana
Nurjannah S

Menurut kelompok kami, Jika kami menjadi tenaga pendidik, media yang akan kami gunakan untuk melibatkan peserta didik yaitu media audio visual. Dimana Audio visual adalah media instruksional modern yang sesuai dengan perkembangan zaman, Media audio visual merupakan media perantara atau penggunaan materi dan penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran sehingga membangun kondisi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Selain itu pengajaran lebih menarik perhatian pembelajar sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar, bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya, sehingga dapat lebih di pahami pembelajar, serta memungkinkan pembelajar menguasai tujuan pengajaran dengan baik metode pembelajaran bervariasi, tidak semata-semata hanya komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata lisan pengajar, pembelajar tidak bosan, dan pengajar tidak kehabisan tenaga. pembelajar lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan penjelasan dari pengajar saja, tetapi juga aktivitas lain yang dilakukan seperti mengamati, menyimak dll.

Kami setuju jika dalam media pembelajaran digunakan media audio, karena media audio Dapat meningkatkan partisifasi aktif pendengaran mahasiswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi. Selain itu dapat memusatkan perhatian mahasiswa.

 
Pada 25 September 2017 pukul 09.19 , Blogger Unknown mengatakan...

Tambahan jawaban dari kelompok 7.
Kelebihan dari audio visual adalah Repeatable, dapat dibaca berkali-kali dengan menyimpannya atau mengelipingnya, Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan,Dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik, Media visual juga memungkinkan adanya interaksi antara peserta didik dengan lingkungan sekitarnya, Dapat menanamkan konsep yang benar, Dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, Dapat meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa

 
Pada 25 September 2017 pukul 19.58 , Blogger Unknown mengatakan...

Kelompok 3.
Khusnul hatimah
Nurilma
Nurmasita
Sari Alam
Siti Arabia Aldawiah Islamiah

Menurut kelompok kami.
Jika kami menjadi tenaga pendiduk media yang kami gunakan adalah media audio visual.
Media audio visual adalah merupakan media perantara atau penggunaan materi dan penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran sehingga membangun kondisi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Serta mahasiswa juga bsa lebih konsetrasi dengan materi yg di berikan Dan jika media visual d terapkan mahasiwa juga tidak cepat bosan atau ngantuk.

Kami kurang setuju jika dalam metode pembelajaran hanya menggunakan media audio karna mahasiswa akan sulit menangkap materi tanpa adanya visual dari materi tersebut dan media audio hanya mampu dipahami oleh mahasiswa yang dapat berfikir secara abstrak.

 
Pada 26 September 2017 pukul 11.59 , Blogger Fatmy Jamsen mengatakan...

Kelompok : 1
Dwi fatmy jamsen
Hikma handayani
Thalia yuni pratiwi
Yulia marwa


Jika nanti kami menjadi tenaga pengajar kami akan memelih pengajaran menggunakan media audio visual. Dimana Media audiovisual adalah media yang mampu merangsang indra penglihatan dan indra pendengaran secara bersama-sama, karena media ini mempunyai unsur suara dan unsur gambar Media audiovisual adalah media yang bersifat dapat didengar dan dilihat
Jadi Media Pembelajaran Audiovisual adalah satu unit media pembelajaran elektronik yang secara bersama-sama menampilkan auditif (pendengaran ) dan visual ( penglihatan ) sebagai sumber belajar dan sebagai penyalur informasi dari bahan – bahan pelajaran yang disampaikan guru kepada peserta didik dalam proses belajar mengajar.

kami setuju menggunakan media audio visual dalam proses pembelajaran karena akan lebih memberikan motivasi belajar bagi para siswa, lebih semangat mengikuti pelajaran ketika apa yang di tampilkan di slide menarik dan penyampaian pembelajaran jg menarik.

 
Pada 26 September 2017 pukul 19.45 , Blogger Hafsah Japaruddin mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

 
Pada 26 September 2017 pukul 19.49 , Blogger Hafsah Japaruddin mengatakan...

KELOMPOK 5
CANDRA DWI LESTARI
DEVIANTI
NURHAPSAH JAPARUDDIN

Menurut kelompok 5 jika kami menjadi tenaga pendidik , media yang kami gunakan adalah media audio visual. Dimana media audio visual merupakan kombinasi dari media audio dan media visual, atau biasa disebut media pandang dengar. Jenis media ini mempunyai kemampuan lebih baik, karena menggabungkan dua unsur media yaitu media auditif (mendengar) dan visual (melihat). Adanya unsur audio memungkinkan siswa untuk dapat menerima pesan pembelajaran melalui pendengaran, sedangkan unsure visual memungkinkan menciptakan pesan belajar melalui bentuk visualisasi. Dengan karakteristik yang lebih lengkap, media visual memiliki kemampuan untuk mengatasi kekurangan dari media audio taupun media visual. Fungsi dan kemampuan media visual ini akan meningkat bila di lengkapi dengan karakteristik gerak. Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran harus disesuaikan dengan materi saat pembelajaran sehingga lebih optimal, efektif visualisasi sehingga membangun kondisi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Menurut kelompok kami, kami kurang setuju dengan media audio karena memerlukan pemusatan tertentu sehingga pengertiannya harus didapat dengan cara belajar khusus, dapat membuat siswa berfikir abstrak apabila materinya berupa symbol dan bisa terjadi kesalah pahaman apabila kata yang dipakai tidak sesuai dengan analog pengalaman penerima atau siswa

 
Pada 28 September 2017 pukul 09.35 , Blogger lhyy mengatakan...

saya perwakian dari kelompok 1 ingin mengajukan pertanyaan kepada kelompok 5, bagaimana jika siswa yang anda ajari memiliki keterbatasan dalam penglihatan.. bagaimana pemecahan masalah ini ? terima kasih

 
Pada 28 September 2017 pukul 09.42 , Blogger lhyy mengatakan...

Saya Yulia Marwa Perwakilan dari kelompok 1 ingin mengajukan pertanyaan kepada kelompok 3.. Bagaimana Cara anda mengatasi siswa yang hanya berfous pada Slide, audio, dan visualnya daripada berfous pada materi yang disajikan? teria kasih

 
Pada 28 September 2017 pukul 18.24 , Blogger Dian Anggreani Kadir mengatakan...

Assalamualaikum.. saya perwakilan dari kelompok 6
-Dian anggreani Kadir
-Kartini Lintang Mawardani
-Yuliani Lumalutur

Menurut kelompok kami, Sebagai tenaga pendidik , haruslah mampu dalam memahami hal-hal yang bersifat filosofis dan koseptual. juga harus mampu dalam melaksanakan dan mengetahui hal-hal yang bersifat teknis pada saat proses pembelajaran berlangsung. Yang dimaksud hal teknis disini adalah berhubungan dengan kelas terutama dalam kegiatan belajar dan pengelolaan kelas dan berusaha menciptakan interaksi kelas dalam proses belajar mengajar. Lemahnya komunikasi dalam kelas membuat pengajar mengalami kesusahan dalam mengelola kelas. Hal-hal semacam inilah yang harus kita hindari supaya kegagalan dalam menjalan proses belajar mengajar tidak terulang kembali. Hal yang perlu kita lakukan agar meminimalisir kegagalan dalam proses belajar mengajar adalah dengan menguasai bagaimana cara berkomunikasi yang benar di dalam kelas.

Ya, kami setuju dalam menggunakan audio dalam pembelajaran karna bisa meningkatkan minat atau fokus terhadap topik yang di sajikan. Selain itu audio bisa mengkompensasi masalah membaca atau belajar yang di miliki siswa.

Thank you

 
Pada 28 September 2017 pukul 18.51 , Blogger Wa Ode Harni mengatakan...


Kelompok 2
Ika Irkandi
Hartina Haris
Wa Ode Harni Raidi
Nur Anisah
Nurkhadija Mustari

Jika kami menjadi tenaga pendidik, media yang akan kami gunakan untuk melibatkan peserta didik yaitu media audio visual dimana Media audio-visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar dan biasanya media audio visual ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi kedua jenis media auditif (mendengar) dan visual (melihat). Media Audiovisual merupakan sebuah alat bantu audiovisual yang berarti bahan atau alat yang dipergunakan dalam situasi belajar untuk membantu tulisan dan kata yang diucapkan dalam menularkan pengetahuan, sikap, dan ide. selain itu dengan menggunakan media audio visual maka dapat membuat komunikasi pembelajaran menjadi lebih efektif.

Kami kurang setuju jika dalam pembelajaran hanya menggunakan media audio karena dalam proses pembelajaran tidak semua peserta didik mampu menyerap apa yang di dengar, jadi harus ada bantuan media lainnya.

 
Pada 28 September 2017 pukul 19.27 , Blogger Buka webnya sbntar siang nah www.kuliahteknologi.blogspot.co.id mengatakan...

Saya Nur Anisah.S perwakilan kelompok 2 ingin mengajukan pertanyaan kepada kelompok 7 , Pertanyaannya : Menurut kelompok anda Bagaimana cara Penerapan pembelajaran dengan "Media Audio" disekolah luar biasa (SLB) yang pasti siswa tersebut terdapat siswa yang sangat luar biasa untuk menerima penerapan pembelajaran ini ?
Terima kasih

 
Pada 28 September 2017 pukul 20.29 , Blogger Yuliani Rumalutur mengatakan...

Saya Yuliani Rumalutur perwakian dari kelompok 6 ingin mengajukan pertanyaan kepada kelompok 2.
jika menggunakan media audia mahasiswa tdk mampu menyerap apa yg di dengar , media apa yg bisa digunakan agar mahasiwa itu mampu menyerap/memahami apa yg di dengar?

 
Pada 28 September 2017 pukul 22.19 , Blogger Unknown mengatakan...

assalamu alaikumm, terima kasih untuk pertanyaannya, saya perwakilan dari kelompok 2 akan menjawab pertanyaan anda, jika mahasiswa tidak mampu menyerap pelajaran dengan menggunakan media audio, kita bisa menggantinya dengan media video bersuara agar mahasiswa bisa melihat dan mendengar dan memahami pelajar tersebut, kita juga bisa menggunakan media yang berupa gambar seperti clipcard

 
Pada 28 September 2017 pukul 22.23 , Blogger Unknown mengatakan...

assalamu alaikum, saya perwakilan dari kelompok 2 ingin mengajukan pertanyaan, berikan contoh pemnyampaian yang menarik yang anda maksud dalam proses pembelajaran?
terima kasih

 
Pada 28 September 2017 pukul 22.28 , Blogger Unknown mengatakan...

assalamu alaikum, saya hartina haris perwakilan dari kelompok 2, saya ingin mengajukan pertanyaan, bagaimana maksud anda dengan yang "menguasai bagaimana cara berkomunikasi yang benar dalam kelas", sedangkan anda menggunakan media audio visual yang tidak membuat adan menjelaskan, kata lainnya adalah hanya audio yang anda tampilan yang tidak harus dijelaskan karena sudah dijelaskan dengan audio yang anda sajikan,bagaimana yang dimaksud?
terima kasih

 
Pada 28 September 2017 pukul 22.54 , Blogger Unknown mengatakan...

Terimakasih saudari annisa atas pertanyaannya.

Dalam penerapan model pembelajaran sudah ada aturannya, aturannya berdasarkan karakteristik masing2 siswa.

 
Pada 29 September 2017 pukul 04.41 , Blogger Hafsah Japaruddin mengatakan...

Saya perwakilan dari kelompok 5 pertanyaan sya, jika anda seorang pendidik bagaimana langkah anda dalam berkomunikasi dengan baik dan benar di kelas?

 
Pada 29 September 2017 pukul 04.54 , Blogger Hafsah Japaruddin mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

 
Pada 29 September 2017 pukul 05.02 , Blogger Hafsah Japaruddin mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

 
Pada 29 September 2017 pukul 05.02 , Blogger Hafsah Japaruddin mengatakan...

Terimah kasih atas pertanyaan saudari yulia marwah

Maaf sebelumnya keterbatasan seperti apa yang anda maksud? Jika keterbatasan seperti kebutaan memang ada kelas khusus untuk penderita tuna netra sedangkan yang mengalami gangguan penglihatan seperti minus yang seperti kita ketahui bahwa metode audio visual adalah gabungan antara gambar dan suara jdi fungsi audio di sni adalah memperjelas gambar atau memberikan penjelasan melalui suara sehingga tidak terfokus pada gambar saja dan jga meminta mahasiswa untuk duduk didepan terkhusus yg minus agar lebih bisa melihat jelas materi yang di tampilkan

 
Pada 29 September 2017 pukul 06.59 , Anonymous kartini lintang mawardani mengatakan...

baiklah saya perwakilan dari kelompok 6 akan menjawab pertanyaan saudari hapsa japaruddin :

Memberi perhatian cermat pada orang yang sedang berbicara, hal ini akan menunjukkan bahwa anda tertarik pada hal yang sedang dibicarakan, gunakan kontak mata, isyarat condong badan kepada orang yang sedang berbicara.
Melakukan parafrasa, menyatakan kembali kalimat yang baru saja dikatakan orang lain dengan menggunakan kalimat sendiri.
Mensinstesiskan tema dan pola, meringkas tema utama dan perasaan pembicara yang disampaikan dalam percakapan panjang.
Memberi umpan balik atau tanggapan dengan cara yang kompeten, dapat berupa tanggapan verbal atau nonverbal yang membuat pembicara mengerti pencapaian target sasaran pesan.

 
Pada 29 September 2017 pukul 07.08 , Anonymous kartini lintang mawardani mengatakan...

saya kartini lintang ingin mengajukan pertanyaan kepada kelompok 2 : bagaimana cara anda memfokuskan peserta didik dalamproses pembelajaran jika peserta didik kurang menarik dalam proses pembelajaran menggunakan media audio

 
Pada 29 September 2017 pukul 07.36 , Blogger Buka webnya sbntar siang nah www.kuliahteknologi.blogspot.co.id mengatakan...

Terima kasih atas jawabannya saudari maryam Tapi saya kira ini harus di perjelas lagi bahwa aturan yang seperti apa yang anda maksud ? Bukankah setiap siswa beda karakter dan beda cara penangkapannya ?

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda