BAHAN DISKUSI KELAS A
PRINSIP – PRINSIP VISUAL : MERANCANG
MATERI YANG EFEKTIF
Media
pembelajaran merupakan saluran atau jembatan dari pesan- pesan pembelajaran
yang disampaikan oleh sumber pesan kepada penerima pesan. Kemudian media dapat
di bagi dalam berbagai macam, salah satunya adalah media visual. Dipilihnya
media visual karena kita harus ingat bahwa peserta didik khususya anak-anak
terutama siswa sekolah dasar karena mereka masih berfikir konkrit, kemudian
media visual merupakan sumber belajar yang berisikan pesan atau materi
pelajaran yang di buat secara menarik dalam bentuk kombinasi gambar,teks,gerak
dan animasi yang di sesuaikan dengan usia peserta didik. Peran visual diantaranya menyediakan acuan konkret bagi
gagasan sehingga pembelajaran akan menyenangkan dan tidak menjenuhkan, memotivasi
para peserta didik, mengarahkan perhatian mengulangi informasi dalam
format-format yang berbeda, mengingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya,
dan mengurangi usaha belajar
Oleh
karena itu, perancangan dan penggunaan visual dalam pembelajaran merupakan
pertimbangan penting karena kegiatan belajar melibatkan banyak pencitraan
visual. Meskipun pendidikan modern telah jenuh oleh gambar, gambar-gambar
tersebut masih kurang digunakan dalam kegiatan utama pengajaran dan lebih
sering ditujukan untuk aspek motivasi atau hiasan belajar belaka. Jenis-jenis visual
ada dua yaitu media yang tidak dipoyeksikan
dan media yang dipoyeksikan. 1) Media yang tidak diproyeksikan misalnya visual realistic
berupa foto, visual organisasional berupa (diagram klasifikasi, time lines, diagram
alur, peta), visual relasioanal berupa (grafik garis, diagram batang, grafik
bergambar, diagram kue), dan visual transformasional berupa diagram yang
beranimasi sedangkan 2) media yang diproyeksikan misalnya membuat Transparan
Overhead projector (OHP), membuat materi dalam bentuk Power Point.
Media
visual sangat banyak manfaat serta fungsi apalagi media berbasis visual. Kita
harus ingat bahwa manusia,khususnya siswa dapat menyerap suatu materi apabila
materi yang diberikan dikemas dalam bentuk yang menarik dan mengesankanSecara
garis besar prinsip pemilihan media visual di
kategorikan sebagai berikut : 1) Ketepatan dalam pemilihan media
visual,dimana menyebabkan proses pembelajaran menjadi lancer dan materi yang
disamapaikan dapat dipahami oleh peserta didik 2). Buatlah
media visual agar efektif yaitu bentuk media visual dibuat sesederhan mungkin
agar mudah di pahami. 3) Media visual yang dipilih harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. 4)
Medi visual harus bersifat fleksibel, sehingga tidak menyulitkan peserta didik
dalam memahami materi 5) Gunakan gambar untuk membedakan dua konsep yang
berbeda 6) Keterangan gambar harus dicantumkan secara garis besar dan
penggunaan warna harus realistic.
Pertanyaan
:
1. Menurut
anda jika dalam sebuah pembelajaran tidak dikaitkan dengan media visual, apakah
pembelajaran bias lebih efektif dan efisien?
2. Jika
anda sebagai seorang pendidik seperti
apa anda dalam merancang metode pembelajaran agar lebih efektif dan efisien?

18 Komentar:
Perwakilan Kelompok 7
Sariana
Maryam bonali
Nurjannah syarifuddin
Menurut kelompok kami pembelajaran tidak akan efektif dan efisian tanpa mengaitkan visual karena dengan visual bisa menemukan cara-cara membantu siswa memahami gagasan yang rumit dan bisa melibatkan para pembelajar dalam mencari pengetahuan
Kami akan merancang metode pembelajaran dengan melibatkan audio dan visual agar pembelajaran lebih efektif dan efisien
Kelompok 2
Hartina haris
Ika irkandi
Nur anisah
Wa ode harni
Jawaban kami:
Menurut kami media audio visual hanyalah penambah kemudahan seorang dosen dalam proses mengajar, pembelajaran yang efektif dan efesien sebenarnya tergantung dosen yang mengajar, kemampuan dosen yang mampu membuat pembelajaran di kelas menjadi lebih efektif dan efisien.
Membuat pembelajaran yang efektif dan efisien kami akan menggunakan metode bebas sesuai dengan yang dapat membuat semua mahasiswa aktif dan kreatif, seperti memberikan mahasiswa tugas untuk membuat surat yang kreatif untuk para ahli teknologi pendidikan.
Kelompok 7
Maryam bonali
Sariana
Nurjannah S
Menurut kelompok kami suatu pembelajaran tidak efektif dan efisien apabila sebuah pembelajaran tidak dikaitan dengan media visual. Karena Media visual berfungsi sbg penyimpangan pesan atau informasi secara teknik dan kreatif dimana menampilkan gambar, grafis serta tata dan letaknya jelas, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima sasaran. Sehingga pembelajaran itu dapat menarik, efektif dan efisien. Namun dalam media visual harus disesuaikan dengan usia peserta didik yang dpat menari minat peserta didik dalam belajar, sehingnga pembelajaran akan menyenangkan dan tidak terkesan membosankan.
Menurut kelompok kami, jika kami sebagai tenaga pendidik, kami akan merancang metode pembelajaran yg bervariasi, baik menggunakan media audio, visual, maupun gabungan audio visual. Sehingga dalam suatu proses pembelajaran tidak terkesan membosankan.
Kelompok 1
Dwi Fatmi
Hkmah Handayani
Thalia Yuni Pratiwi
Yulia Marwa
menuruut kelompok kami, Pemebelajaran tidak akan efektif dan efisien jika tidak diimbangi/dikaitkan dengan media visual... karena dengan menyediakan pembelajaran melalui media visual, mahasiswa/siswa akan lebih mengerti dengan apa yang disediakan.
Ketika kami menjadi seorang dosen, kami akan menyediakan media pembelajaran secara audio dan visual sehingga mahasiswa tidak merasa bosan dengan embelajaran yang kita berikan.
kelompok 4
riswanti
miranda ramli
st munawara
nurul afika
yusmita
menerut kelompok kami proses efektif dan efesienya proses pembelajaran tidak harus dengan media visual,karna media disini hanya sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar dan tidak semua anggapan yang menyatakan bahwa semakin canggih media yang digunakan akan semakin tinggi hasil belajar yang di dapatkan efektif atau efesien karna daya penyerapan masing-masing mahasiswa berbeda-beda ,tergantung pengajar atau dosen bagaimana bahan ajaranya di kemas dengan tepat serta di sajikan.
jika kami sebagai seorang dosen atau pendidik semua media pembelajaran bisa digunakan karena semua media ada manfaatnya tetapi jika kami menjdi seorang pendidik kami akan menggnakan media audio visual agar mahasiswa dapat melihat dan mendengar materi apa yang dibawakan
Saya perwakilan dari kelompok 4, saya ingin mengajukan pertanyaan pada klp 7
Kan menurut Anda jika Anda menjadi seorang pendidik maka akan merancang metode pembelajaran dengan melibatkan audio dan visual agar pembelajaran lebih efektif dan efisien, apakah dengan cara tersebut tidak akan membuat mahasiswa Anda bosan ? Berikan alasnnya
Terimakasih
Saya perwakilan dari kelompok 4, saya ingin mengajukan pertanyaan pada klp 2
Menurut klp Anda, Anda akan menggunakan metode yang bebas, misalnya membuat surat. bukankah surat itu bagian dari tugas jadi metode Anda dalam pengajaran seperti apa ? Terimakasih
kelompok 6
Kartini lintang mawardani
yuliani R
dian anggreanii k
menurut kelomppok kami jika ingin proses pembelajaran itu efektif dan efisien maka di butuhkan media visul agar dapat memotivasi siswa dalam proses pembelajaran dimana walaupun media visul hanya sebagai alat bantu dalam proses belajar mengjar.
jika kami sebagai tenaga pendidik media pembelajaran yang bisa di gunakan adalah semua media yang dapat menarik minat peserta didik dalam menghadapi proses pembelajaran baik itu melalui media audio maupun media visual
saya perwakilan kelompok 6 ingin mengajukan pertanyaan : selain metode pembelajaran audio dan visual yang akan anda gunakan , metode apa lagi yang bisa anda terapkan pada peserta didik anda agar dapat menarik perhatian peserta didik . jelaskan !
Saya perwakilan kelompok 7 menjawab pertanyaan dari saudari miranda mahasiswa tidak akan bosan dengan metode audio visual jika penyampaian materi yang di berikan dirancang lebih menarik lagi contoh menyampaikan materi menggunakan slide ppt yang lebih menarik agar mahasiswa lebih vokus pada slide dan materi yg di berikan dan saat menjelaskan menggunakan intonasi sesuai dengan penekanan kata atau kalimat yang di sampaikan
Untuk saudari kartini lintang
Banyak metode yang bisa di gunakan dalam proses belajar antara lain metode diskusi dan metode stimulasi dimana metode ini mampu membuat mahasiswa berfikir kritis dan mampu mengembangkan pengetahuan mahasiswa
Saya Nur anisah .s perwakilan dari kelompok 2 saya ingin mengajukan pertanyaan pada kelompok 6
Mengapa media visul mempertinggi motivasi ?
Terimakasih
kepda saudari nur Annisa tolong di perjelAs pertAnyaannya
Maaf kepada saudari riswanti apakah dalam mengajar tujuan kita pada mahasiswa hanya agar mahasiswa mampu mendengar dan melihat materi saja? Apakah ini dikatakan efektif?
Saya Yulani Rumalutur perwakilan kelompok 6 menjawab pertanyaan dari saudari Nur anisah.
Media visual mempertnggi motivasi karena motivasi belajar adalah penggerak tingka laku kearah suatu tujuan dengan didasari adanya suatu kebutuhan.
Kelompok 3
Nurilma
Siti arabia
Nurmasita
Sari alam
Husnul Khatimah
Pembelajaran tidak bisa efektif dan efisien jika tidak dikaitkan dengan media visual, karena mahasiswa dengan tipe visual learner akan sulit memahami mata kuliah yg diberikan.
Agar proses belajar lebih efektif dan efisien kami akan merancang metode pelajaran yang melibatkan media audio dan visual.
Saya Nur ilma dari kelompok 3.
Bagaimanakah bahan ajar yang dikemas dengan tepat?
Assalamualaikum.
Saya Nurilma dari kelompok 3.
Menurut anda media audio visual hanyalah penambah kemudahan seorang dosen dalam proses mengajar, berarti ada tidaknya media audio visual tidak mempengaruhi efektif dan efisien nya suatu pembelajaran? Jelaskan!
Terima kasih.
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda