BAHAN DISKUSI PGMI 3 & 4
AUDIO PEMBELAJARAN
PETUNJUK DISKUSI
- Bacalah dua tulisan di bawah ini dengan baik dan cermat. Perhatikan link dan unduh, kemudian bacalah.
- Setelah membaca, kirimlah jawaban Anda pada bagian komentar (posting utama). Kemudian, tanggapilah komentar kawan-kawan Anda sebanyak 3 orang dengan klik menu BALAS pada kolom diskusi.
KUALITAS PRODUK MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN
Salah satu media yang dikembangkan oleh mahasiswa TP adalah media audio pembelajaran. Media audio ini terdiri atas tiga unsur pokok yaitu unsur kata, musik dan efek suara. Pertama, kata adalah suara manusia yang keluar secara teratur diproduksi dengan penuh penghayatan dengan emperhatikan segi intonasi, volume dan penekanan. Ada beberapa jenis siaran kata seperti uraian, wawancara, diskusi, dialog, quiz, drama/sandiwara, dan story. Kedua, Musik merupakan perpaduan bunyi yang mempunyai arti dan memiliki nilai artistic tinggi. Dalam siaran radio/program audio musik mempunyai peranan yang cukup penting. Dengan musik siaran yang disuguhkan menjadi lebih menarik, lebih . hidup, dan lebih jelas. Oleh karena itu memilih musik bukanlah pekerjaan yang mudah, hal ini menuntut suatu kecakapan dan keterampilan khusus. Musik dalam produksi program audio memiliki kegunaan sebagai berikut:
1) Tanda pengenal suatu acara,
2) Memberi warna pada suatu acara,
3) Menciptakan suasana, seperti: sedih, gembira, romantis, dan horror,
4) Mempengaruhi secara psikologis,
5) Membentukkarakter suatu acara,
6) Membantu menciptakan flash back,
7) Memberikan penekanan pada suatu acara.
Dalam menggunakan musik pada program audio Daniel Handoyo Sunyoto (1978:31-40) menyatakan bahwa musik yang baik dalam sebuah produksi adalah yang mampu menciptakan suasana yang tepat sesuai dengan tujuan program. Selengkapnya Baca KUALITAS AUDIO PEMBELAJARAN.
PERAN MEDIA AUDIO DALAM PEMBELAJARAN
Pemanfaatan media belajar yang relevan dengan materi belajar, juga dapat memberikan pengalaman belajar yang sangat dibutuhkan siswa dalam mengonstruksi sebuah pengetahuan kebahasaan. Adapun media audio dipilih berdasarkan kenyataan di lapangan bahwa konsep belajar pada dasarnya mengonstruksi lingkungannya. Seringkali kita jumpai, bahwa kebiasaan bercerita secara lisan lebih diminati oleh masyarakat daripada secara tertulis. Pada akhirnya, pemanfaatan media audio yang berupa rekaman pembacaan cerita pendek, dapat dijadikan media dalam pembelajaran apresiasi cerita pendek. Selengkapnya dapat dibaca PERAN MEDIA
PERTANYAAN:
- Media audio ini terdiri atas tiga unsur pokok yaitu unsur kata, musik dan efek suara. Bagaimana penyatuan ketiga unsur itu ke dalam satu kesatuan audio?
- Bagaimana pemanfaatan media audio melalui cerita pendek? Apakah media audio dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran?

49 Komentar:
Kenapa belum ada satu pun yang kirim di sini
1. Kata adalah suara manusia yang keluar secara teratur diproduksi dengan penuh penghayatan dengan memperhatikan dari segi intonasi volume dan penekanan.
Musik merupakan perpaduan bunyi yang memiliki arti dan nilai artistic yang tinggi.
Efek suara merupakan suara yang ditimbulkan untuk menyertai suatu adegan.
Perpaduan ketiga unsur diatas akan menghasilkan suatu karya yang luar biasa, yang sbelumnya melalui proses rekaman dan editing yang akan menjadi audio. Ketika audio ini jadi, maka ketika diterapkan dalam pembelajaran, nantinya akan menjadi pusat perhatian bagi peserta didik Karena ada hal baru yang mereka jumpai dan otomatis fokus peserta didik akan tertuju pada satu titik. Namun, disinilah tingkat kesulitan yang akan di hadapi oleh para pendidik, karena dalam memilih musik/audio yang cocok dengan pembelajaran bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan keterampilan khusus untuk memilah yang mana sinkron terhadap pembelajaran.
2. Pemanfaatan media audio dalam cerita pendek menurut saya pribadi adalah sesuatu yang dapat menguji KIM peserta didik. KIM adalah kemampuan indera manusia dalam hal ini akan menguji pendengaran manusia atau peserta didik dalam mendengarkan cerita pendek. Media audio ini bagus diterapkan karena selain pendidik tdak capek lagi berkoar- koar menyampaikan isi cerita pendek tersebut peserta didik akan bernisiatif dan pastia akan focus mendengarkan isi audio dari ceita pendek tersebut. Media audio ini menurut hemat saya, dapat meningkatkan kuaitas proses pembelajaran namun tetap di barengi dengan adanya pemahaman pemahaman atau teori- teori yang di berikan oleh pendidik agar proses pembelajaran tidak jenuh karena tidak monoton dan tergantung dari keativitas pendidik itu sendiri.
1. Kata adalah suara manusia yang keluar secara teratur diproduksi dengan penuh penghayatan dengan memperhatikan dari segi intonasi volume dan penekanan.
Musik merupakan perpaduan bunyi yang memiliki arti dan nilai artistic yang tinggi.
Efek suara merupakan suara yang ditimbulkan untuk menyertai suatu adegan.
Perpaduan ketiga unsur diatas akan menghasilkan suatu karya yang luar biasa, yang sbelumnya melalui proses rekaman dan editing yang akan menjadi audio. Ketika audio ini jadi, maka ketika diterapkan dalam pembelajaran, nantinya akan menjadi pusat perhatian bagi peserta didik Karena ada hal baru yang mereka jumpai dan otomatis fokus peserta didik akan tertuju pada satu titik. Namun, disinilah tingkat kesulitan yang akan di hadapi oleh para pendidik, karena dalam memilih musik/audio yang cocok dengan pembelajaran bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan keterampilan khusus untuk memilah yang mana sinkron terhadap pembelajaran.
2. Pemanfaatan media audio dalam cerita pendek menurut saya pribadi adalah sesuatu yang dapat menguji KIM peserta didik. KIM adalah kemampuan indera manusia dalam hal ini akan menguji pendengaran manusia atau peserta didik dalam mendengarkan cerita pendek. Media audio ini bagus di terapkan karena selain pendidik tdak capek lagi berkoar- koar menyampaikan isi cerita pendek tersebut peserta didik akan bernisiatif dan pastia akan focus mendengarkan isi audio dari ceita pendek tersebut. Media audio ini menurut hemat saya, dapat meningkatkan kuaitas proses pembelajaran namun tetap di barengi dengan adanya pemahaman pemahaman atau teori- teori yang di berikan oleh pendidik agar proses pembelajaran tidak jenuh karena tidak monoton dan tergantung dari keativitas pendidik itu sendiri.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Media audio ini terdiri atas tiga unsur pokok yaitu unsur kata, nusik, dan suara. Pertama saya akan menjelaskan bagaimana penyatuanketiga unsur ini dalam 1 kesatuan audio dari ketiga unsur tersebut di atas.pertama, kata adalah suara manusia yang keluar secara teratur Di produksi dengan penuh penghayatan dengan memperhatikan segi intonasi, volume dan penekanan. Ada beberapa jenis uraian kata yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari seperti resume, wawancara, diskusi kelompok atau diskusi lainnya dan yang tidak asing lagi itu seperti film atau drama yang sering kita tonton itulah yang disebut dengan unsur kata. Kedua, musik merupakan suatu perpaduan bunyi yang indah dan mempunyai arti atau makna di dalamnya. Disini musik itu tidak mudah dibuat tetapi memiliki suatu keterampilan yang luar bisa menurut saya karena itu sesuatu hal yang rumit, dalam musik juga harus menarik untuk menarik perhatian pendengarnya dengan musik dapat juga menjadi penenang hati serta motivasi itu menurut pendapat saya. Musik dalam dalam produksi audio memiliki kegunaan sebagai berikut:tanda lengenal suatu acara, memberi warna suatu acara, menciptakan suasana, seperti sedih, gembira, bahagia, romantis dan horror. Membangkitkan kenangan lama, dan mempunyai pengaruh psikologis.musik dalam program audio dapat di bedakan menjadi beberapa jenis seperti musik tema atau tune, musik intro, transisi, jembatan, latar belakang, smash, dan penutup. Ketiga efek suara ini dapat diartikan sebagai bunyi selain kata atau musik dalam garis besar efek suara dalam program audio memiliki beberapa fungsi efek suara yakni: menetapkan lokasi atau setting, seperti suara hewan atau binatan seperti suara ayam, bebek sapi dan kucing. Menunjukkan sebai waktu misalnya suara ayam berkokok berarti sudah pagi. Pada ketiga unsur inisura dan musik itu penting dalam program kaset audio karena hal tersebut dapat digunakan untuk menarik perhatian peserta didik, namun harus dibatasi sampai pada hal-hal yang relevan dan memang sangat diperlukan. Misalnya suara dentingan gelas, deritan kursi sebenarnya tidak lah penting dalam suasana diskusi. Suara balon meledak perlu manakala program kaset audioyang kita buat berkenaan dengan percobaan bahwa udara yang terkena panas akan memuai sehingga dapat memecahkan balon ketiga unsur ini akan menentukan kualitas suatu produk media audio.
Andi Nurani Rustang
2. Pemanfaatan media audio melalui cerita pendek, pembelajaran apersepsi cerita pendek yang berlangsung dalam ruang kelas dengan memanfaatkan media yang sesuai, dapat memacu kreatifitas dan antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Pemanfaatan media belajar yang relevan dengan materi belajar, juga dapat memberikan pengalaman belajar yang dibutuhkan peserta didik dalam mengostruksi sebuab pengetahuan kebahasaan. Pada hasil bacaan diatas bahwa pemanfaatan media audio melalui cerita pendek ini memang baik untuk digunakan guna meningkatkan kualitas proses pembelajaran karena peserta didik dilatih untuk aktif dan pada percobaan ketiga siklos td menunjukkan bahwa adanya perubahan prilaku yang dilakukan peserta didok tersebut. Dengan adanya pemanfaatan media audio dalam cerita pendek ini juga mempermudah guru membawakan materi ajar yang akan diajarkan siswa juga lebih cepat menangkap pelajaran tersebut. Disini giru tidak hanya tinggal diam saja tapi guru mengecek satu persatu siswanya jika saja ada siswa yang kesulitan mengerjakan tugas setelah mereka mendengarkan. Dan ketika ada siswa yang berani mengemukakan pendapatnua sebaiknya guru memberikan reward agar siswa tersebut merasa bangga dan yang lain merasa termotivasi agar bisa juga mendapatkan reward. Jadi pemanfaatan media audio berupa rekaman pembacaaan cerita pendek dapat meningkatkan mutu atau kualitas proses pembelajara karena meningkatkan kaktifan siswa selama mengikuti appersepsi, meningkatnya keaktifan siswa selama proses belajar menfajar berlangsung, dan meningkatkan keberanian siswa untuk mengemukakan hasil pekerjaa dalam forum diskusi yang dibuka guru. Sekian😁
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Pada bagian no satu. Makdid dari jika audio ini jadi????
Pada bagian no satu. Mengapa peserta didik yang harus menentukan musik???
Bagian no 2. Jd klu guru tidak berkoar2 lg jd apa fungsi guru disini???
Bagian no 1. Saya ingin meminta penjelasan mksd dari pengaruh yang besar itu yang bagaimn ia???
2. Sebnrnya ini ketika pemanfaatan media audio dalam cerita pendek yang mngisi suara itu srbrnarnya siapa????
Nama: NUR OKTAFIANI 20800116047
1. Unsur media audio ada 3 yaitu kata, musik dan efek suara. Kata adalah suara manusia yang keluar denga teratur serta membutuhkan penghayatan dan intonasi yang baik atau yang sesui dengan keadaan. Musik adalah perpaduan bunyi yang memilki arti sedangkan efek suara merupakan bunyi selain dari kata dan musik. Apabilah ketiga unsur tersebut disatukan dalam suatu audio tentunya memiliki pengaruh yabg besar terutaman dalam membantu pembelajaran. Bagaimana penyatuan ketiga unsur tersebut, penyatuan ketiga unsur tersebut dilakukan dengan program audio yang berupa CD yang dapat memusatkan perhatian. Melalui benerapa tahapan Didalam CD tersebut sudah ada musik pembuka, musik latar belakang dan musik penutup. Disamping itu juga, ada pula suara narator pelaku yang bervariasi/barganti-ganti . Dalam memusatkan pehatian juga digunakan efeksuara. Sehingga ketiga unsur tersebut dapat menjadi satu kesatuan yang terbentuk menjadi audio yang sangata membantu dalam pembelajaran.
2. Bagaimana pemanfaatan audio ke dalam cerita pendek? Cerita pendek adalah cerita rekaan kerena isinya tidak menyaran kepada kebenaran sejarah. Cerita pendek juga harus didukung oleh penggunaan media dalam belahar agar pembelajaran tidak monoton, miskin kreativitas dan tidak tudak menurunkan motivasi belajar siswa. Untuk mencegah hal tersebut tentunya guru memerlukan inovasi dalam pembelajaran, sala satunya dengan memanfaatkan media audio kedalam cerita pendek. Pemanfaatan audio dalam cerita pendek yang berupa rekaman pembacaan cerita pendek yang dapat dijadikan mesia dalam pembelajaran apreaseasi cerita pendek.
Apakah media audio dapat meningkatkan kualitas proses belajar? Iya, media audio dapat meningkatkan proses pemvelajran, karena melalui media audio menjadikan siswa lebih aktif dan kreative dalam pemveljaran. Hal ini dikarenakan media audio mengamdung unsur kebaruan. Tapi, perluh diingat disini adalah dalam penerapan media audio khususnya dalam pemveljaran harhs didukung oleh lingkungan yang kondusif dan baik.
Pendidik yg menentukan audio untuk d jdikan instrumen.
Guru berkoar koar dalam artian dari A-Z dia jelasksn dengan adanya audio dia hanya menjelaskan secara singkat.
Setidaknya guru disini juga menjadi fasilitator kan ,?
Bagian no 1. Saya ingin meminta penjelasan mksd dari pengaruh yang besar itu yang bagaimn ia???
2. Sebnrnya ini ketika pemanfaatan media audio dalam cerita pendek yang mngisi suara itu srbrnarnya siapa????
1.maksud dari pengaruh yang besar disini adalah pengaruh bagi peserta didik terutama dalam hal pemahaman dari materi yang disajikan dalam pembelajaran. Dengam pemahaman peserta didik tentunya juga dapat meningkatkan kreativitas dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran.
2.dalam pemanfaatan media audio dalam cerita pendek yang mengisi suara, itu tergantung dari isi cerita pendek tersebut. Maksudnya, jika dalam cerita pendek itu mengisahkan ceruta manusia otomatis juga memerlukan suara manusia. Maka, sudah jelas pengisi suaranya adalah manusia. Tapi, jika suara yang dibutuhkan adalah suara hewan maka yang digunakan adalah suara hewan. Sungguh tidak etis jika suara yang dibutuhkan dalam cerita adalah suara percakapan manusia. Kalu kita masukkan suara hewan apakah itu masuk akal.
Apakah dalam penerapan media audio dalam pembelajaan dengan lingkungan yang tidak kondusif dapat meningkatkan kualitas preses pembelajaran?jika tidak berikan alasan dan solusinya begitu pula sebaliknya.
Menurut saya pribadi penggunaan media audio ini lebih baik digunakan dalam ruangan. Karena kalau misalnya kita menggunakannya di luar ruangan ini tdk efektif sehingga konsentrasi siswa aka pecah karena pantulan suaranya akan tdk merata kesiswa.
Sehingga menurut hemat saya lebih baik digunakan dalam ruangan.
Jadi ketika kita membuat audio cerita pendek ini pengisi suara bisa saja guru atau orang lain tp saya masih bingung maksud dari hewan yang mengisi suara itu yang bagimana maksudnya
Mungkin terlebih dahulu saya jelaskan tentang cerita pendek, nah disini cerita pendek pasti memilki alur atau jalan cerita. Dalam cerita atau akur cerita pebdek tidak nenuntut kemubgkinan hanya manusia saja pasti ada unsur lain sebagai pendukung sala satunya disini bisa saja hewa. Kita saja sebagai manusia pasti di dalam kehidupa kita ada unsur lain yang mendukung. Bayangkan saja dalam kehidupan hanya ada manusia di dalamnya betapa lengkapnya kehidupan. Allah swt. Saja menciptakan makgluk hidup ada bermacam-macam bukan hanya manusia.
Ya, jadi penggunaan media audio layaknya di lakukan di ruangan. Tapi, bagaimana jika ruangan tersebut tidak memadai seperti ruangan itu tidak kedap suara, sehingga suara-suara di luar rungan tersengar bukankah itu dapat mengganggu siawa atau menghilangkan fokus siswa.jadi, apakah masih layak penggunaan media audio dalam pembelajaran di ruangan yang seperti saya paparkan tadi?
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Jawaban No. 1
Menurut saya penyatuan ketiga unsur tersebut antara unsur kata, efek suara, dan musik menjadi satu kesatuan audio yaitu memadukan ke tiga unsur tersebut untuk mampu menciptakan suasana yang tepat sesuai denga tujuan program.
Sebelum saya menjelaskan lebih jauh saya akan menjaskan fungsi untuk penciptaan audiobterlebih dahulu.
Musik dalam produksi program audio memiliki kegunaan sebagai berikut:
1. Tanda pengenal suatu acara
2. Memberi warna pada suatu acara
3. Menciptakan suasana, seperti: sedih, gembira, romantis, dan horror.
4. Mempengaruhi secara psikologis
5. Membentuk karakter suatu acara
6. Membantu menciptakan flash back
7. Memberikan penekanan pada suatu acara.
Mengenai unsur kata, kata ini yang menjadi pelengkap dari audio karena tanpa kata dalam musik itu bagaikan suami tanpa istri dan sebaliknya. Jadi unsur kata harus dituangkan kedalam pembuatan audio. Dengan unsur kata pula audio itu akan lebih bermakna.
Selain kata dan musik, unsur program audio yang lain yaitu efek suara atau sound effect yang sering disingkat (FX). Efek suara yaitu suara-suara tiruan atau sebenarnya yang menampilkan daya imajinasi dan penafsiran pengalaman tentang situasi yang sedang ditampilkan. Ada beberapa fungsi efek suara yaitu untuk:
1. menunjukkan waktu dalam setting. Misalnya suara burung hantu, jengkerik menunjukkan waktu malam hari.
2. Memberikan tekanan pada bagian program dalam suatu adegan, seperti tegang, dan tenang,
3. Memberikan cita rasa atau kesenangan pada seseorang. Misalnya suara angin sepoi-sepoi dengan ombak di pantai akan menggambarkan dua remaja yang saling merayu karena asmara.
4. memberi arti pada pemunculan atau berakhirnya suatu adegan atau kejadian
Nah itu penjelasan dari saya mengenai ke 3 unsur dalam audio.
Untuk menyatukan 3 unsur tersebut menjadi satu kesatuan hingga menjadi suatu audio maka langkah yang kita lakukan adalah sbb:
1. Tentukan tipe lagu
Disini kita harus memilih apa tipe lagu kita apakah bersifat romantis, cinta, kebahagian, kesedihan, petualangan, kebahagiaan, cerita hidup dll
2. Tentukan Genre
Genre disini adalah aliran musik, klo misalkan genre musik kita romantis maka genrenya jg harus bernada romantis agar sampai ke pendengarnya. Ini sangat penting dlm pembuatan audio
3. Buat lirik
Lirik lagu yang beralur dan mempunyai kedalaman kata – kata yang dashyat adalah lirik lagu yang berkualitasis. Inspirasi yang telah kita miliki akan menuntun kamu untuk membuat kata – kata dalam lirik lagu yang akan kita buat.
4. Kita tentukan nada
kunci dasar dan nada dasar adalah sebagai patokan range(wilayah) nada – nada yang dapat dijangkau. Kunci dasar ditentukan dari seberapa tinggi nada vocal yang dapat dicapai oleh penyanyi yang menyanyikan lagu.
5. Buat nada lagu (Awal-Akhir)
Langkah selanjutnya yaitu kita menentukan nada atau lagu dari setiap struktur lagu yang telah kita buat dengan mengembangkan kunci dasar yang telah kita tentukan, dan buatlah nada dari bagian – bagian penting dibawah ini :
a). Buat intro
b). Buat melodi (klo perlu)
c). Kita buat nada akhir
6. Disini kita mencoba menyanyikan dari awal hingga akhir agar kombinasi dari struktur lagu.
7. Kita coba menyanyikan didepan teman2 kita dan kita meminta tmn kita memberikan koreksi terhadap lagu kita.
8. Kita beri beberapa variasi variasi agar lebih indah di dengar.
Jawaban No. 1
Menurut saya penyatuan ketiga unsur tersebut antara unsur kata, efek suara, dan musik menjadi satu kesatuan audio yaitu memadukan ke tiga unsur tersebut untuk mampu menciptakan suasana yang tepat sesuai denga tujuan program.
Sebelum saya menjelaskan lebih jauh saya akan menjaskan fungsi untuk penciptaan audiobterlebih dahulu.
Musik dalam produksi program audio memiliki kegunaan sebagai berikut:
1. Tanda pengenal suatu acara
2. Memberi warna pada suatu acara
3. Menciptakan suasana, seperti: sedih, gembira, romantis, dan horror.
4. Mempengaruhi secara psikologis
5. Membentuk karakter suatu acara
6. Membantu menciptakan flash back
7. Memberikan penekanan pada suatu acara.
Mengenai unsur kata, kata ini yang menjadi pelengkap dari audio karena tanpa kata dalam musik itu bagaikan suami tanpa istri dan sebaliknya. Jadi unsur kata harus dituangkan kedalam pembuatan audio. Dengan unsur kata pula audio itu akan lebih bermakna.
Selain kata dan musik, unsur program audio yang lain yaitu efek suara atau sound effect yang sering disingkat (FX). Efek suara yaitu suara-suara tiruan atau sebenarnya yang menampilkan daya imajinasi dan penafsiran pengalaman tentang situasi yang sedang ditampilkan. Ada beberapa fungsi efek suara yaitu untuk:
1. menunjukkan waktu dalam setting. Misalnya suara burung hantu, jengkerik menunjukkan waktu malam hari.
2. Memberikan tekanan pada bagian program dalam suatu adegan, seperti tegang, dan tenang,
3. Memberikan cita rasa atau kesenangan pada seseorang. Misalnya suara angin sepoi-sepoi dengan ombak di pantai akan menggambarkan dua remaja yang saling merayu karena asmara.
4. memberi arti pada pemunculan atau berakhirnya suatu adegan atau kejadian
Nah itu penjelasan dari saya mengenai ke 3 unsur dalam audio.
Untuk menyatukan 3 unsur tersebut menjadi satu kesatuan hingga menjadi suatu audio maka langkah yang kita lakukan adalah sbb:
1. Tentukan tipe lagu
Disini kita harus memilih apa tipe lagu kita apakah bersifat romantis, cinta, kebahagian, kesedihan, petualangan, kebahagiaan, cerita hidup dll
2. Tentukan Genre
Genre disini adalah aliran musik, klo misalkan genre musik kita romantis maka genrenya jg harus bernada romantis agar sampai ke pendengarnya. Ini sangat penting dlm pembuatan audio
3. Buat lirik
Lirik lagu yang beralur dan mempunyai kedalaman kata – kata yang dashyat adalah lirik lagu yang berkualitasis. Inspirasi yang telah kita miliki akan menuntun kamu untuk membuat kata – kata dalam lirik lagu yang akan kita buat.
4. Kita tentukan nada
kunci dasar dan nada dasar adalah sebagai patokan range(wilayah) nada – nada yang dapat dijangkau. Kunci dasar ditentukan dari seberapa tinggi nada vocal yang dapat dicapai oleh penyanyi yang menyanyikan lagu.
5. Buat nada lagu (Awal-Akhir)
Langkah selanjutnya yaitu kita menentukan nada atau lagu dari setiap struktur lagu yang telah kita buat dengan mengembangkan kunci dasar yang telah kita tentukan, dan buatlah nada dari bagian – bagian penting dibawah ini :
a). Buat intro
b). Buat melodi (klo perlu)
c). Kita buat nada akhir
6. Disini kita mencoba menyanyikan dari awal hingga akhir agar kombinasi dari struktur lagu.
7. Kita coba menyanyikan didepan teman2 kita dan kita meminta tmn kita memberikan koreksi terhadap lagu kita.
8. Kita beri beberapa variasi variasi agar lebih indah di dengar.
Jawaban No. 2
2. Kemudian berkaitan dengan mengenai Pemanfaatan media audio melalui cerita pendek ialah jika ada sesuatu yang kurang jelas kita dapat memutarnya kembali secara berulang-ulang di mana saja dan kapan saja, sampai akhirnya kita dapat memperoleh kejelasan tentang materi yang sedang dipelajari.
Media audio juga mengurangi verbalisme, menarik perhatian dan minat belajar siswa, mendorong siswa bertanya, dan materi yang di pelajari oleh siswa tidak mudah di lupakan serta siswa lebih aktif belajar.
Jadi media audio sangat membantu proses pembelajaran.
Terimakasih....
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BEtul guru sebagai fasilitator
Saya rasa diluar ruangan jg efektif misalkan pada saat pembelajaran SENAM ini kan memang seharusnya diluar.
Pemilihan Audio inilah yg akan mencapai tingkat kesulitan yg lumayan bagi pendidik karena untuk menentukan suara atau efek yg akan di gabungkan menjdi audio membutuhkan keterampilan khusus. Makanya kita khususnya di fakultas tarbiyah dan keguruan UIN alauddin makassar khususnya jurusan PGMI diajarkan seni musik. Ini menjadi modal bagi pendidik agar mampu menyiapkan amunisi sebelum terjun kelapangan.
1.Media audio ini terdiri atas tiga unsur pokok yaitu unsur kata, musik dan efek suara. Pertama, kata adalah suara manusia yang keluar secara teratur diproduksi dengan penuh penghayatan dengan memperhatikan segi intonasi dan volume.
Kedua, Musik merupakan perpaduan bunyi yang mempunyai arti dan memiliki nilai artistic tinggi.
Ketiga efek suara adalah efek yang dibuat untuk menciptakan suatu kesan dalam pertunjukan.
Cara penyatuan ketiga unsur diatas adalah hal yang pertama kita dengar saat mendengarkan audio jika bukan kata pasti musik atau bahkan efek suara, kata disini sebagai petunjuk atau penjelas apa yang sedang di ceritakan dalam audio misalnya acara wawancara, menceritakan kisah ataupun lainnya, kemudian menambahkan musik sebagai latar yang menunjang kata diatas, hal ini dilakukan untuk memberikan kesan yang lebih hidup dalam suatu audio tapi dalam pemilihan musik haruslah sesuai dengan acara yang dibawakan dan yang terakhir adalah efek suara yakni pendukung dari kedua unsur kata dan musik sehingga pada audio nanti terkesan lebih nyata dan menarik.
Untuk menjadi satu audio tentunya sulit, apalagi dengan menyatukan mana musik dan efek suara yang cocok dalam audio ini sehingga dalam pembuatannya memerlukan waktu yang agak lama. Tetapi dengan perkembangan teknologi sekarang yang sudah berkembang pesat kita bisa langsung mendowload atau mencari audio yang kita inginkan di Internet.
2. Cara pemanfaat media audio melalui cerita pendek yakni dalam suatu cerita pasti hal yang pertama adalah pembuka, misalnya "di pagi hari yang cerah" disini kita bisa menambahkan efek suara burung berkicau, ayam berkokok atau hal lainnya. Setelah cerita berlanjut akan ada beberapa adegan yang di ceritakan dalam cerpen, misalnya adegan sedih tentu pemilihan musik yang dipilih musik yang nada lambat sehingga musik selalu menyesuaikan adegan apa yang terjadi. Dari awal hingga akhir cerpen ada suara manusia yang menceritakan setiap kejadian dalam cerpen sehingga orang yang mendengarkannya dapat membayangkan ataupun menduga hal apa yang terjadi dalam cerpen tersebut.
Apakah media audio dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran...? Iya dapat, karena pembelajaran yang menggunakan audio akan membuat siswa lebih antusias, melatih siswa menyimak ataupun mendengarkan dan tentunya audio memiliki kesan tersendiri bagi siswa sehingga akan diingat walaupun tdk secara keseluruhan, apalagi di tambahkan dengan cerita yang menarik dengan efek suara dan musik.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Berarti ketika di ruangan kelas tdk kedap suaranya jadi siswa itu disuruh tenang untuk mendengarkan cerita dan upayakan memakai spiker yang suaranya itu yang besar dan bagus jgn menggunakan speaker kecil
Jawaban no. 1
Sebelum menyatukan ketiga unsur tersebut (kata, musik, dan efek suara) terlebih dahulu kita harus mengetahui arti dari ketiga unsur tersebut yaitu,
- Kata adalah suatu unit dari suatu bahasa yang mengandung arti dan terdiri dari satu atau lebih morfem. Kata adalah merupakan bahasa terkecil yang dapat berdiri sendiri. Umumnya kata terdiri dari satu akar kata tanpa atau dengan beberapa afiks. Gabungan kata-kata dapat membentuk frasa, klausa, atau kalimat.
- musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dl urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinam-bungan ".
musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama ".
- Selain kata dan musik, unsure program audio yang lain yaitu efek suara atau sound effect yang sering disingkat (FX). Efek suara yaitu suara-suara tiruan atau sebenarnya yang menampilkan daya imajinasi dan penafsiran pengalaman tentang situasi yang sedang ditampilkan.
Jadi, apabila ketiga unsur ini disatukan maka akan menghasilkan sebuah proses pembelajaran yg dapat membantu peserta didik dengan baik. Media audio ini bisa ditampilkan melalui rekaman, cd, radio dll. media audio merupakan media pembelajaran yang sifatnya searah. karena sifatnya rekaman, jika ada sesuatu yang kurang jelas peserta didik dapat memutarnya kembali secara berulang-ulang di mana saja dan kapan saja, sampai akhirnya peserta didik dapat memperoleh kejelasan tentang materi yang sedang mereka pelajari. Rekaman yang dibuat pun harus jelas intonasi dan suaranya agar peserta didik bisa lebih fokus mendengarkan.
Jawaban no 2
Cara pemanfaat media audio melalui cerita pendek yakni dengan adanya media audio ini akan memberikan nuanasa baru bagi peserta didik, mereka akan lebih fokus mendengarkan sebuah cerita jika disertai dengan musik atau efek-efek suara yang ada dalam rekaman, pembelajaran pun tidak akan monoton. Misalnya dalam sebuah cerita pendek yang betema di hutan, maka kita bisa memberikan efek bunyi suara hewan-hewan kecil yang ada dihutan juga suara burung, ayam dan lain-lain. Dari awal hingga akhir cerpen ada suara manusia yang menceritakan setiap kejadian dalam cerpen sehingga orang yang mendengarkannya dapat membayangkan ataupun menduga hal apa yang terjadi dalam cerpen tersebut.
Apakah media audio dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran? Jawabannya iya, karena pembelajaran dengan menggunakan media audio akan membuat siswa lebih fokus dan antusias belajar, dan pembelajaran akan lebih menyenangkan. melatih siswa untuk mendengarkan dan menyimak. Tentunya audio memiliki kesan yg bermakna bagi siswa sehingga akan mudah utnuk diingat walaupun tdk secara keseluruhan, apalagi di tambahkan dengan cerita yang menarik dengan efek suara dan musik.
Iyya, seperti kita ketahui betul bahwa selain mengarahkan peserta didik guru juga berperan sebagai fasilitator. Nah, fasilitator disini adalah orang yang menyediakan media atau sesuatu hal yang dapat membantu berjalannya proses pembelajaran. Dengan guru menggunakan media audio dalam pembelajaran bukan ka secara tidak langsung juga sudah menjalankan perannya sebagai fasilitator. Dengan penyediaan speeker, laptop dll. Yang mendukung berjalan lancarnya proses pembelajaran.
Nama : Marwa (20800116035)
Kelas : PGMI 3
1. Sebelum kita mengetahui penyatuan dari ketiga unsur diatas, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa yang dimaksud dari ketiga unsur tersebut. Kata adalah suatu unit dari bahasa yang mengandung arti tertentu sesuai dengan katanya. Musik adalah suatu suara yang dihasilkan dari berbagai alat-alat yang dapat menghasilkan suara yang disusun sedemikian rupa untuk menghasilkan suatu irama, lagu yang dapat diciptakan dalam bentuk seni. Sedangkan efek suara adalah suatu efek yang dibuat untuk menciptakan kesan suatu kejadian yang sesuai dengan suara yang dihasilkan sehingga efek suara tersebut dapat membawa orang yang memiliki dengarjannya merasa bahwa dirinya ada dalam kejadian dari efek suara yang dihasilkan. Apabila ketiga unsur ini yang digabungkan menjadi satu media pembelajaran, ini dapat dibuat dalam bentuk rekaman yang kemudian diperdengarkan kepada peserta didik. Rekaman disini harus jelas dengan menggunakan intonasi yang tepat agar hasil rekaman yang disampaikan tidak biasa biasa saja yang dapat mengurangi minat peserta Didik untuk fokus mendengarkan apa yang telah disampaikan.
2. bagaimana pemanfaatan media audio dalam pembelajaran ? Menurut pendapat saya Media audio dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran karena dengan melalui media audio ini guru dapat mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman peserta Didik melalui evaluasi yang diberikan setelah menerapkan media audio tersebut. Penerapan bentuk audio yang paling sering saya dapati disekolah adalah dalam pelajaran bahasa Indonesia saat guru memutarkan sebuah rekaman suara yang berhubungan dengan materi bercerita. Rekaman yang diperdengarkan harus jelas dan memiliki intonasi yang jelas serta musik musik pengiring yang dapat membantu peserta didik berada dalam dunia nyata seperti rekaman cerita pendek yang di sampaikan.
Apakah media audio dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran ? Menurut saya iya, pada mata pelajaran ini, peserta didik bisa mengasah keterampilan menyimak dan keterampilan berbicara melalui menyimak cerita yang disampaikan melalui audio tersebut yang dihubungkan dengan speaker. Nah setelah peserta didik menyimak cerita yang telah disampaikan melalui audio tersebut, kemudian guru kembali bertanya dan mengevaluasi sejauh mana pemahaman peserta didik tentang cerita pendek yang telah disampaikan. Ini juga biasa digunakan di sekolah dasar untuk mengasah kemampuan skill berbicara peserta didik melalui kegiatan menyimak pada cerita dalam pelajaran bahasa Indonesia. Penggunaan media audio dalam Cerita pendek sangat berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman peserta didik, diiringi dengan instrumen musik yang sesuai dengan kondisi cerita yang disampaikan sehingga dapat membantu peserta Didik merasa ada dalam dunia cerita tersebut yang disampaikan dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta Didik. Cerita yang yang disampaikan dari audio harus jelas agar peserta Didik mampu memahami inti dari cerita yang disampaikan.
Nama : Ranggas
Nim : 20800116067
Kelas : PGMI 4
1. Menurut pendapat saya pribadi bagaimana ketiga unsur tersebut di gabung dalam satu kesatuan audio. Kita sudah mengetahui terlebih dahulu apa itu musik, kata, dan efek suara, kalau ketiga unsur tersebut menyatu dalam satu kesatuan audio. Maka unsur tersebut akan menghasilkan suatu (bunyi) yg sangat bermakna.
2. Untuk pemanfaatan media audio melalui cerita pendek tersebut. Pemanfaatan media audio perlu memerlukan suasana yg menyenangkan untuk bagaimana cerita pendek tersebut diceritakan kepada peserta didik tersebut agar mereka tidak bosan dalam proses pembelajaran tersebut.
Kemudian berikutnya apakah media audio dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran,. Menurut pandangan saya pribadi iya.., karna media audio ini sangat bagus diajarkan pada peserta didik tersebut karna ini akan meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran siswa tersebut.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
NAMA : RENI ISNAENI KARDILLAH
NIM : 20800116057
Unsur Kata merupakan kata-kata yang diucapkan oleh pemain (artis) secara teratur dan bermakna. Beberapa hal yang dapat dieksplorasi untuk memperindah sebuah media audio, penghayatan dalam pengucapan, intonsi, artikulasi, pilihan kata (diksi), dan lain sebagainya. Unsur Musik merupakan perpaduan bunyi yang mempunyai arti dan nilai artistik yang tinggi. Musik dapat membuat sebuah media audio lebih menarik. Unsur Efek Suara merupakan suara-suara yang dapat memberikan gambaran suasana atau latar, baik waktu, tempat, maupun suatu kegiata atau peristiwa. Penyatuan ketiga unsur ke dalam satu kesatuan audio maka akan menghasilkan suatu media pembelajaran yang akan membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran di sekolah. Tetapi kita lihat lagi peranan yang sangat penting disini adalah seorang guru yang kreatif dan pintar-pintar membuat sebuah media yang berguna untuk membantu peserta didik memahami pembelajarannya di sekolah dengan baik. Apalagi jika ingin menyatukan antara unsur musik dan unsur efek suara yang sama-sama menghasilkan sebuah suara, pasti begitu sulit dan membutuhkan waktu yang begitu lama.
- Pemanfaatan media audio dapat melalui cerita pendek adalah sangat penting dalam pemahaman peserta didik pada mata pelajaran bahasa indonesia. Cerita pendek adalah sebuah bentuk prosa naratif fiktif. Peranan media audio melalui cerita pendek akan memacu kreatifitas dan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran yang ada di dalam ruangan kelas. Begitu pula dengan seorang guru akan membantu dia mempermudah membawakan sebuah materi yang di ajarkan dan juga peserta didik dapat cepat menangkap atau memahami materi pelajaran.
Media audio dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran, karena media audio sangat berperan dalam menunjang hasil belajar siswa. Dan juga berperan sangat penting pada pemahaman dan kreatifitas seorang peserta didik. Contohnya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi al-Qur’an dan al-Hadits, guru bisa menggunakan rekaman suara (audio) berbentuk murattal yang dapat digunakan sebagai media untuk memberikan contoh bacaan kepada peserta didik. Diharapkan dengan suara murattal tersebut siswa dapat menirukan atau mencontoh cara membaca dan mempraktikkan kaidah-kaidah yang ada dalam ilmu tajwid.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
1. Perpaduan ketiga unsurdari kata, efek suara dan musik diatas dalam satu kesatuan audio maka akan menghasilkan suatu media pembelajaran yang akan membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran di sekolah. Tetapi kita lihat lagi peranan yang sangat penting disini adalah seorang guru yang kreatif dan pintar-pintar membuat sebuah media yang berguna untuk membantu peserta didik memahami pembelajarannya di sekolah dengan baik. Apalagi jika ingin menyatukan antara unsur musik dan unsur efek suara yang sama-sama menghasilkan sebuah suara, pasti begitu sulit dan membutuhkan waktu yang begitu lama. menghasilkan suatu karya yang luar biasa, yang sbelumnya melalui proses rekaman dan editing yang akan menjadi audio. Ketika audio ini jadi, maka ketika diterapkan dalam pembelajaran, nantinya akan menjadi pusat perhatian bagi peserta didik Karena ada hal baru yang mereka jumpai dan otomatis fokus peserta didik akan tertuju pada satu titik. Namun, disinilah tingkat kesulitan yang akan di hadapi oleh para pendidik, karena dalam memilih musik/audio yang cocok dengan pembelajaran bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan keterampilan khusus untuk memilah yang mana sinkron terhadap pembelajaran
2. Pemanfaatan media belajar yang relevan dengan materi belajar, juga dapat memberikan pengalaman belajar yang sangat dibutuhkan siswa dalam mengonstruksi sebuah pengetahuan kebahasaan. Adapun media audio dipilih berdasarkan kenyataan di lapangan bahwa konsep belajar pada dasarnya mengonstruksi lingkungannya. Seringkali kita jumpai, bahwa kebiasaan bercerita secara lisan lebih diminati oleh masyarakat daripada secara tertulis. Pada akhirnya, pemanfaatan media audio yang berupa rekaman pembacaan cerita pendek, dapat dijadikan media dalam pembelajaran apresiasi cerita pendek.
Media audio dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran, karena media audio sangat berperan dalam menunjang hasil belajar siswa. Dan juga berperan sangat penting pada pemahaman dan kreatifitas seorang peserta didik.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
diketahui bahwa media audio pembelajaran adalah sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau rangkaian pesan materi pembelajaran melalui suara-suara atau bunyi yang direkam menggunakan alat perekam suara, kemudian diperdengarkan kembali kepada peserta didik dengan menggunakan sebuah alat pemutarnya. Dalam audio pembelajaran terdapat 3 unsur pokok yaitu, unsur kata, unsur bunyi dan unsur efek suara, lalu bagaimana menyatukan ke 3 unsur tersebut ke dalam satu kesatuan audio?
kata merupakan suara manusia yang keluar secara teratur di produksi dengan penuh penghayatan dengan memeperhatikan segi intonasi, volume, dan penekanan. musik merupakan perpaduan bunyi yang mempunyai arti dan memiliki nilai artistic tinggi. efek suara pada dasarnya dapat dibedakan menjadi efek suara langsung di stidio, maksudnya suara efek ini dibuat secara langsung pada saat rekaman berlangsung. Efek suara ini merupakan efek suara buatan , yaitu efek suara yang secara khusus dibuat di studio dalam suatu piringan hitam atau pita magnetik yang suaranya menyerupai suaara aslinya untuk keperluan tertentu,. Artinya dengan pita magnetik selain dapat menghasilkan efek suara buatan, kemungkinan besar dari pita magnetik tersebut dapat menghasilkan musik. Dengan demikian maka satu kesatuan audio dari kata, musik dan efek suara dapat disatukan dengan menggunakan pita magnetik.
2. pemanfaatan media audio melalui cerita pendek, yaitu (1) dapat meningkatkan keaktifan siswa selama mengikuti kegiatan appersepsi, (2) dapat meningkatkan keaktifan siswa selama proses KBM berlangsung. Selain hal yg telah dipaparkan, disisi lain pemanfaatan media audio melalui cerita pendek dapat memacu kreativitas dan antusias siswa dalam mengkonstuksikan seuah pengetahuan kebahasaan.
Mengenai pemanfaatan media audio dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, salah seorarang mahasiswi melakukan penelitian dan menghasilkan kesimpulan bahwa rekaman pembacaan ayat suci alquran atau moratal ( yang notabene merupakan bentuk media pembelajaran audio) pun ternyata dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melafalkan surat pendek. Dengan demikian dapat ditarik satu kesimpulan bahwa pemanfaatan media audio dapat meningkatkan kualitas pembelajaran
NAMA : NURALYA
NIM : 20800116059
Media audio pembelajaran adalah sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau rangkaian pesan materi pembelajaran melalui suara-suara atau bunyi yang direkam menggunakan alat perekam suara, kemudian diperdengarkan kembali kepada peserta didik dengan menggunakan sebuah alat pemutarnya. Dalam audio pembelajaran terdapat 3 unsur pokok yaitu, unsur kata, unsur bunyi dan unsur efek suara, lalu bagaimana menyatukan ke 3 unsur tersebut ke dalam satu kesatuan audio?
kata merupakan suara manusia yang keluar secara teratur di produksi dengan penuh penghayatan dengan memeperhatikan segi intonasi, volume, dan penekanan. musik merupakan perpaduan bunyi yang mempunyai arti dan memiliki nilai artistic tinggi. efek suara pada dasarnya dapat dibedakan menjadi efek suara langsung di studio, maksudnya suara efek ini dibuat secara langsung pada saat rekaman berlangsung. Efek suara ini merupakan efek suara buatan , yaitu efek suara yang secara khusus dibuat di studio dalam suatu piringan hitam atau pita magnetik yang suaranya menyerupai suaara aslinya untuk keperluan tertentu,. Artinya dengan pita magnetik selain dapat menghasilkan efek suara buatan, kemungkinan besar dari pita magnetik tersebut dapat menghasilkan musik. Dengan demikian maka satu kesatuan audio dari kata, musik dan efek suara dapat disatukan dengan menggunakan pita magnetik.
2. pemanfaatan media audio melalui cerita pendek, yaitu (1) dapat meningkatkan keaktifan siswa selama mengikuti kegiatan appersepsi, (2) dapat meningkatkan keaktifan siswa selama proses KBM berlangsung. Selain hal yg telah dipaparkan, disisi lain pemanfaatan media audio melalui cerita pendek dapat memacu kreativitas dan antusias siswa dalam mengkonstuksikan seuah pengetahuan kebahasaan.
Mengenai pemanfaatan media audio dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, salah seorarang mahasiswi melakukan penelitian dan menghasilkan kesimpulan bahwa rekaman pembacaan ayat suci alquran atau moratal ( yang notabene merupakan bentuk media pembelajaran audio) pun ternyata dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melafalkan surat pendek. Dengan demikian dapat ditarik satu kesimpulan bahwa pemanfaatan media audio dapat meningkatkan kualitas pembelajaran
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda